hiderblog

hiderblog

Alpukat Red Vietnam Dan Cara Merawatnya Agar Cepat Berbuah

 Salam satu hobi dan satu usaha berkebun alpukat !

  Salah satu tanaman buah yang saat ini sangat viral dan paling banyak dicari karena beberapa kelebihan potensi buahnya, tentu saja selain keunikan buahnya. Bahkan sampai ada survey yang menyatakan potensi bisnis buah alpukat ini di masa mendatang akan sangat menjanjikan sehingga kemungkinan besar mampu menggeser potensi buah alpukat lokal seperti alpukat miki, alpukat aligator dan alpukat pluwang. Ya, buah alpukat yang dimaksudkan adalah alpukat Red Vietnam. 

Alpukat Red Vietnam adalah jenis tanaman alpukat unggulan yang berasal dari Vietnam. Secara fisik, tanaman alpukat red vietnam ini mempunyai tampilan yang hampir sama dengan jenis alpukat unggulan lainnya dari vietnam yang sangat booming di Indonesia, misalnya alpukat Cuba dan alpukat Thanh Bich. Jika di bandingkan dengan alpukat lokal yang lebih dulu viral, mungkin pembandingnya hanya ada 2 jenis saja, yakni alpukat aligator dan alpukat pluwang.

Ciri yang paling mudah di kenali dari tanaman alpukat red vietnam ini memiliki ciri khas yang sangat mudah dikenali. Inilah beberapa faktor yang membuat tanaman alpukat red vietnam ini memiliki banyak kelebihan dari jenis tanaman alpukat yang lain, yakni :

  1. Daun muda tanaman alpukat red vietnam ini berwarna merah cerah saat terkena sinar matahari. Dan akan daun menjadi berwarna merah agak tua jika matahari sudah mulai tenggelam atau intensitas matahari berkurang. Namun akan berubah menjadi warna hijau tua cerah saat daun sudah tua. 
  2. Yang paling unik adalah warna kulit buah alpukat red vietnam ini juga mempunyai warna merah solid saat sudah matang. Dan jika sudah sangat matang, akan berwarna hijau tua yang sangat cerah dan berkilap.
  3. Untuk daging buahnya sendiri, buah alpukat red vietnam ini memiliki tekstur yang lembut dengan sedikit serat dan biji kecil. Warna daging buah yang kuning kehijauan cerah dan sedikit kadar air.
  4. Kondisi tanaman yang genjah dan cepat berbuah. Perawatannya terbilang mudah. Apalagi jika di rawat lebih intensif, maka pertumbuhan dan produktivitas berbuahnya sangat terjaga.
  5. Nilai jual yang tinggi. Selain buahnya yang terkenal nikmat dan mahal, bibitnya juga terbilang mahal. 
  6. Cocok untuk tabulampot. Jadi untuk para sahabat pecinta tanaman alpukat, tanaman alpukat red vietnam ini selain bisa dibudidayakan di lahan perkebunan / pekarangan, juga sangat cocok untuk tabulampot di depan rumah.
  7. Potensi bisnis buahnya ini adalah melalui segmen masyarakat menengah dan menengah ke atas, mengingat penjualan buah tanaman alpukat red vietnam ini berada di supermartket dan minimarket yang ada di kota Anda.
Sungguh sangat menguntungkan bukan?!

Itulah sedikit dari beberapa kelebihan tanaman alpukat red vietnam yang mungkin bisa jadi rekomendasi bagi Anda untuk memilikinya. Sebab dilahan perkebunan dan pembibitan Kami (Griya Bibit Unggul Nusantara) sudah membibitkan bibit tanaman alpukat red vietnam ini langsung dari indukannya yang sudah pernah berbuah dan pernah panen. Sehingga kualitas keaslian dan produktivitas berbuah bibit alpukat red vietnam milik Kami benar-benar Terjamin.


Syarat Tumbuh Alpukat Red Vietnam Dan Perawatannya

  Agar tanaman alpukat red vietnam tumbuh subur dan cepat berbuah, selain faktor perawatan / pemupukan yang baik, hal lain yang tak kalah penting adalah syarat tumbuh tanaman alpukat red vietnam yang ideal. Berikut syarat tumbuh alpukat red vietnam yang baik :

  1. Bibit tanaman alpukat red vietnam (merah) dapat tumbuh dengan optimal pada dataran rendah hingga ketinggian 300 - 1500 mdpl.
  2. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhan alpukat jenis ini adalah jenis tanah lempung berpasir (sandy loam), lempung liat (clay loam), dan lempung endapan (alluvial loam) dan tanah gembur hasil pemupukan. Atau campuran beberapa media tanam yang baik untuk tabulampot.
  3. Keasaman (pH) tanah yang baik berkisar 5,6 - 6,4. Bila pH di bawah 5,5 maka tanaman akan menderita keracunan karena unsur Al, Mg, dan Fe larut dalam jumlah cukup banyak.
  4. Suhu optimal untuk pertumbuhan alpukat berkisar antara 12,8°C - 28°C. Mengingat tanaman alpukat dapat tumbuh di dataran rendah sampai tinggi, tanaman alpukat dapat mentolerir suhu udara antara 15°C - 30°C
  5. Pada lahan yang telah disiapkan, dibuat lubang tanam dengan mulai ukuran 75x75x75 cm tergantung dari tujuan penanaman, kondisi tanah, dan varietas yang akan ditanam. Untuk tanah yang keras dan kurang subur, ukuran lubang tanam dapat diperbesar lagi. 
  6. Jarak tanam alpukat yang baik adalah 8 x 12 m. Lubang tanam untuk alpukat sebaiknya dipersiapkan 1 - 2 bulan sebelum tanam. Atau paling minimal adalah 5 hari sebelum penanaman bibit alpukat red vietnam, dengan catatan tanah media tanam tersebut sudah bercampur dengan pupuk NPK + UREA + KCL (pupuk kimia) dan juga sudah di tambahkan pupuk GRANULE Modern + PWR BUAH (pupuk organik terbaik). Kemudian ada tambahan Dolomit dalam tanahnya yang untuk menutup lubang tanam penanaman bibit alpukat red vietnam.

video lengkap kelebihan alpukat red vietnam & cara perawatannya

  Cara menanam alpukat red vietnam ini tergolong mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja juga dimana saja. Lakukan penyiraman setiap dua kali sehari. Lakukan juga pembersihan gulma secara berkala agar pertumbuhan tanaman alpukat tidak terganggu. Lakukan juga pemupukan setiap sebulan sekali menggunakan pupuk NPK daun dan menggunakan pupuk buah organik terbaik yaitu PWR BUAH + HORMON BUAH setiap 3 atau 6 bulan sekali untuk membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman alpukat red vietnam ini. 

Untuk cara lengkap dan mudahnya seperti yang Kami lakukan sendiri pada setiap indukan alpukat red vietnam di lahan Kami dan juga sudah di aplikasikan oleh para konsumen pecinta tanaman buah alpukat adalah :

Tanaman alpukat red vietnam atau tanaman alpukat jenis apapun membutuhkan lahan tanah yang gembur dan penuh nutrisi.

Agar tanah gembur, maka lakukanlah proses pengolahan lahan dengan cangkul atau alat kebun yang Anda miliki. Selanjutnya yaitu dengan membuat lubang tanam berukuran 75x75x75 atau menyesuaikan besarnya bibit alpukat red vietnam yang akan ditanam. Kemudian taburkan pupuk GRANULE Modern + NPK 15-16-20 + UREA + Dolomit sebanyak 10 - 20 ton per ha. Atau cukup 400 gr pupuk GRANULE Modern + 5 sdm NPK + 5 sdm UREA + 30 sdm Dolomit per lubang tanam. Agar tanah lubang tanam / media tanam dalam pot bebas jamur penyakit ataupun bakteri, sejak awal penanaman bisa di campurkan serbuk GLIO pada tanah adonan media tanam tersebut. 

Pupuk Organik GRANULE Modern atau SPRK ini sangat berguna untuk meningkatkan kesuburan tanah pada lahan yang akan ditanami alpukat. Apabila pH tanah rendah/asam, maka taburkan dolomite/kapur pertanian untuk meningkatkan pH tanah hingga menjadi pH 5 - 7.

Keluarkan bibit alpukat red vietnam dari polybag dengan cara dirobek dengan pisau. Pekerjaan ini harus dilakukan dengan hati-hati agar akar dan tanah asli bawaan bibit alpukat tidak rusak. (INGAT : Setiap pembibit yang baik dan mengutamakan kepuasan konsumen, setiap pengiriman bibit alpukat pesanan konsumen SELALU DIKIRIMKAN bersama dengan tanah dan polybag yang utuh TANPA ADA pengurangan tanah atau bahkan penghilangan tanah dan hanya tinggal akar terbungkus cocobit saja)

Bibit alpukat red vietnam ditanam sebatas pangkal batang/leher batang. Usahakan perakaran bibit tidak menggerombol pada satu sisi, diatur agar akar dapat menyebar ke semua arah. Posisi bibit diarahkan tegak lurus agar tanaman dapat tumbuh dengan baik

Tanah sisa galian yang sudah tercampur pupuk GRANULE + NPK + UREA + Dolomit + KCL tadi dimasukkan ke dalam lubang tanam dan tanah disekitarnya dipadatkan sehingga bibit berdiri kokoh. Selanjutnya bibit disiram agar bibit alpukat red vietnam segera tumbuh. 
Untuk proses penanaman awal di lahan terbuka, sebaiknya setiap bibit yang sudah ditanam sebaiknya diberi ajir dan naungan untuk menghindari sinar matahari secara langsung, terpaan angin, maupun siraman hujan. Dan setelah minimal 30 - 40 hari sejak penanaman, ajir bisa di cabut atau di hilangkan sehingga tanaman alpukat dapat tumbuh sempurna.

Untuk menjaga bibit alpukat yang baru di tanam tadi dari resiko penyakit, hama, jamur dan virus buah, sebaiknya setelah 20 hari sejak penanaman, setiap tanah batang tanaman alpukat entah di lahan atau di dalam tabulapot disemprot dengan menggunakan BVR Organik (Beauveria).

Pemeliharaan Yang Baik Bagi Alpukat Red Vietnam  
Berikut adalah cara pemeliharaan dalam budidaya alpukat :

Penyulaman
Bibit yang baru ditanam atau yang telah berumur beberapa minggu kemudian mati atau pertumbuhannya kurang baik, sebaiknya segera diganti (disulam) dengan bibit yang baru yang lebih baik agar dapat segera tumbuh dan dapat menyamai pertumbuhan dengan bibit yang telah ditanam sebelumnya.

Pemberantasan Gulma Penggangu
Penyiangan gulma harus dilakukan secara hati-hati agar tidak sampai merusak perakaran tanaman alpukat, karena perakaran alpukat cukup peka terhadap gangguan mekanis. Frekuensi penyiangan tergantung pada banyaknya gulma yang tumbuh di sekeliling tanaman. Pengendalian gulma juga bisa dilakukan menggunakan herbisida selektif.

Penyiraman Alpukat Red Vietnam
Penyiraman terutama dilakukan pada tanaman muda, karena sistem perakarannya belum cukup mampu menyerap air yang lebih dalam. Penyiraman perlu dilakukan dalam jumlah cukup dan teratur tetapi tidak berlebihan, karena dapat mengakibatkan kematian tanaman.

Pemangkasan Alpukat Red Vietnam
Pemangkasan hanya dilakukan pada cabang-cabang yang tumbuh terlalu rapat atau ranting-ranting yang mati atau cabang lain yang tidak dikehendaki. Pemangkasan dilakukan secara hati-hati agar luka bekas pemangkasan terhindar dari infeksi penyakit. Pertahankan tinggi tanaman alpukat 4 - 5 meter dari permukaan tanah dan letak cabang terendah dengan jarak 1 - 1,5 m dari permukaan tanah.


Pemupukan Susulan Alpukat Red Vietnam
  Untuk pemupukan susulan alpukat red vietnm bisa dilakukan sejak umur 25 hari penanaman bibit alpukat, entah itu penanaman di lahan perkebunan atau di tabulampot.
Pemupukan pertama adalah pupuk kocor (siram) di dalam tabulampot ataupun mengelilingi tanah yang dimulai dari titik batang tanaman alpukat red vietnam tumbuh sampai dengan daun terluar tanaman alpukat red vietnam. Usahakan penyiraman (pengocoran) pupuk dengan cara melingkar dan bagusnya dilakukan saat pagi hari. 
Pemupukan kocor dengan menggunakan bahan :
  1. GRANULE Modern atau SPRK sebanyak 15 sdm
  2. NPK 15-16-20 sebanyak 5 sdm
  3. PWR BUAH sebanyak 5 sdm
  4. KCL sebanyak 5 sdm
  5. SP36 sebanyak 2 sdm
  6. Air bersih sebanyak 15 liter
Campurkan semua bahan pupuk tadi dengan air bersih, lalu siramkan merata ke tanah tempat pohon alpukat red vietnam tumbuh. Jangan terlalu menggenang, secukupnya saja. Lakukan terus ke semua pohon alpukat yang ada sampai semua larutan pupuk dalam ember tadi habis.
Pemupukan dilakukan setiap 40 hari sekali.

Setelah tanaman alpukat menginjak umur 30 hari sejak penanamannya, lakukan pemupukan susulan dengan pemupukan semprot agar pertumbuhan daun, batang dan pembungaan berjalan subur. 
Pemupukan semprot yang disarankan adalah menggunakan produk pupuk organik yaitu :
  1. POCN sebanyak 5 - 6 tutup botol
  2. HORMON BUAH sebanyak 4 tutup botol
  3. Air bersih dalam tangki semprot 16 - 17 liter
Campurkan semua pupuk itu dalam air dan kemudian masukkan dalam tangki semprot, kemudian semprotkan secara merata mulai dari batang terbawah tanaman alpukat red vietnam sampai daun teratas.
Kegiatan pemupukan semprot ini sebaiknya dilakukan setiap 30 hari sekali.

Sensasi alpukat super vietnam yang trending

Pengendalian Hama Dan Penyakit Pada Alpukat
  Selalu lakukan proses pengamatan pada tanaman alpukat untuk mengetahui serangan hama dan penyakit dari awal. Jika serangan hama berada diatas ambang batas ekonomi kendalikan dengan insektisida dan jika ada serangan penyakit kendalikan dengan fungisida ataupun bakterisida yaitu BVR Organik (Beauveria).

Dengan perawatan yang baik, bibit alpukat red vietnam akan mulai memproduksi buah saat sudah berumur 2 - 3,5 tahun sejak penanaman dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau sambung pucuk Kami.

Selamat Mencoba dan Semoga Sukses Selalu !
===============================================================
PEMESANAN Bibit Alpukat Red Vietnam Asli Berkualitas & PEMESANAN Pupuk Organik Khusus Tanaman Buah Alpukat yang sudah banyak teruji / terbukti, silahkan langsung hubungi Kami :
  • NAMA   : Agus Setiawan (Owner Griya Bibit Unggul Nusantara & Agus SetiawanTV) 
  • HP/WA  : 0822 2151 6031 

(+) BONUS
-  Kami selalu memberikan Bonus bibit tanaman buah setiap pembelian minimal 10 bibit tanaman buah
-  Kami selalu memberikan pendampingan proses penanaman dan perawatan lengkap
- Kami selalu memberikan Garansi pada setiap konsumen bibit tanaman buah kami selama 2 bulan lamanya yang terhitung 2 hari sejak bibit tanaman buah pesanan di terima oleh pemesan di alamat pemesan
- Kami memberikan Jaminan dan Garansi bahwa bibit tanaman buah Kami adalah bibit asli, unggulan, berkualitas dan bersertifikat.
===============================================================
#griyabibitunggulnusantara #agussetiawantv #bibitalpukatredvietnam #bibitalpukatmerah #hargabibitalpukatredvietnam #caraperawatanalpukatredvietnam #pohonalpukatredvietnam #petanialpukat #pupukalpukatredvietnam #carapemupukanalpukatcepatberbuah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alpukat Red Vietnam Dan Cara Merawatnya Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar