hiderblog

hiderblog

Cara Mudah Merawat Aglaonema Agar Tumbuh Subur Dan Indah

 "Bukan Sekedar Disiram Saja Tiap Hari, Tapi Ada Beberapa Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Agar Tanaman Aglaonema Koleksimu Bisa Indah dan Subur !"

Oleh : Agus Setiawan 

 Aglaonema memang sedang trend dan banyak yang mencari. Keindahan yang terpancar dari parasnya juga keunikan daunnya yang bermotif batik yang rupawan membuat tanaman ini banyak dicari untuk dipelihara. Plus harganya yang juga selalu terjaga, bahkan saat ini semakin melambung tinggi. 

Lantas bagaimanakah pemeliharaan aglaonema yang benar agar tumbuh subur dan selalu indah?

Memperhatikan seorang Ibu, tetangga rumah Saya, tampak rajin sekali menyirami tanaman aglaonema barunya setiap sore hari. 

Sayangnya yang terjadi dari hari ke hari, justru tanaman kesayangannya itu bukannya tumbuh subur, tetapi malah daunnya terlihat semakin menguning dan lama-kelamaan mati. 

Apa penyebabnya? 


Nah, untuk itulah mari Kita memperhatikan beberapa langkah menanam aglaonema yang tepat agar tumbuh subur. Yuk simak yaa!!

1. Berikan Perlindungan Dari Sinar Matahari

Ketika Kamu memiliki tanaman aglaonema sebagai koleksi di kebunmu, maka Kamu harus menempatkannya pada lokasi yang tidak terkena matahari langsung agar bisa tumbuh subur, indah, dan juga keindahan daunnya tetap terjaga. 

Kenapa harus demikian, karena habitat asli aglaonema yang berada di gunung, tumbuhan ini tumbuh subur di bawah rindang pohon yang besar yang teduh dengan udara sejuk dengan kata lain ada pohon penutup.. 

Jadi sejak aglaonema "anakan" tanaman ini harus dijauhkan dari terkena sinar matahari secara langsung. 

Selain itu, agar tidak terkena air hujan saat deras, aglaonema bisa diberikan paranet atau semacam alat pelindung agar tidak langsung terguyur air saat hujan lebat begitu pula tersengat matahari pukul 12 siang secara langsung. 

Apabila aglaonema koleksi Kamu di taruh di teras rumah, usahakan tetap tidak terkena sinar matahari siang secara langsung.


2. Lakukan Penyiraman Dengan Intensitas Yang Cukup

Seperti yang Kita ketahui kalau aglaonema memang tanaman yang senang dengan kesejukan dan kelembaban. Tapi, bukan berarti dengan menyiramnya setiap hari akan membuatnya tumbuh subur. 

Bila tumbuhan bercorak batik ini berlebih air akan membuat akar dan batangnya busuk, akhirnya daun yang menjadi senjata keindahannya pun menguning dan layu. 

Begitu juga sebaliknya, bila aglaonema dibiarkan kering sekali maka tanaman ini akan mati. Bila media tanamnya kering maka suplai air dan nutrisinya terhenti ke jaringan, akibatnya layu lalu mati. 

Oleh karena itu baiknya siramhlah dalam jangka waktu 2-3 hari sekali untuk menjaga agar media tanam tetap basah agar suplai air dan nutrisi sang ratu daun tetap terjaga


3. Membersihkan Gulma dan Pengganggu Dari Pot Aglaonema

Lakukan perawatan dan pengamatan tiap hari, apakah tumbuh tanaman lain yang merugikan atau gulma pada media tanam yang sama dengan aglaonema kesayanganmu. 

Jika Kamu menemukan adanya gulma / tanaman pengganggu di dalam pot, sebaiknya segera Cabut tanaman yang tumbuh tersebut agar suplai air dan nutrisi dari pemupukan organik khusus tanaman hias yang Kamu lakukan pada aglaonema-mu tidak berkurang dan tanamanmu tetap sehat. 

Ingat ya, Kamu harus mencabut gulma penggangu itu sampai ke akar akarnya agar tak tumbuh kembali. 


4. Memangkas Daun / Batang Yang Sudah Layu

Sungguh sangat mengganggu pandangan bila tanaman aglaonema koleksimu ada dedaunan yang layu dan menguning pada bagian batangnya. 

Pangkaslah dengan pisau yang tajam atau gunting khusus tanaman agar kembali terpancar keindahannya. Lalu lakukan pengecekan menyeluruh apakah ada serangan hama atau penyakit pada daun dan batang tanaman aglaonema-mu.

Apabila Kamu menemukan bintik putih atau ulat pada tanaman aglaonema-mu, setelah Kamu gunting atau pangkas, sebaiknya segera Kamu lakukan penyemprotan menggunakan insektisida atau anti jamur organik, agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu lagi oleh serangan hama dan penyakit tanaman aglaonema itu.


5. Rutin Mengelap Daun Aglaonema Agar Selalu Tampil Indah

Kegiatan lanjutan yang sebaiknya rutin tiap 3 hari sekali Kamu lakukan adalah mengelap daun aglaonema dengan spons halus agar warna dan coraknya tetap mengkilap dan sedap dipandang mata. Banyak yang menggunakan air bercampur susu untuk mengelap daun aglaonema ini agar semakin indah dan segar selalu.

Daun agalonema yang dibiarkan berdebu dan kurang terawat juga dapat mengundang penyakit ! Dan Kamu pasti nggak mau tanaman eksotismu ini mati kan!

Untuk kegitan mengelap dan sekaligus menyuburkan daun maupun mengeluarkan warna alami daun yang mencolok, sebaiknya Kamu lakukan pengelapan setelah penyemprotan pupuk tanaman hias yaitu GREENSTAR.  Tujuannya adalah selain memberi nutrisi pada daun, sekaligus memberikan kesegaran pada tanaman aglaonema untuk memaksimalkan warna alaminya.


6. Menggemburkan Tanah Media Tanam Agar Tumbuh Anakan Baru

Proses yang paling ditunggu dari segala jenis makhluk hidup adalah kehamilan, begitupula bila kita bicara aglaonema. Melihat tumbuhnya anakan baru dari aglaonema yang tumbuh kecil disebelah induknya akan sangat membahagiakan. 

Karena itu, ketika Kamu akan melihatnya makin rimbun dalam pot, Kamu bisa memindahkannya bila sudah cukup jumlah akar si anak ke pot lainnya, atau juga bisa membaginya pada tetangga dan mungkin Kamu ada ide untuk menjualnya. 


Bila Kamu menghendaki itu terjadi, maka gemburkanlah media tanammu. Jangan biarkan tanah media tanam aglaonema koleksimu itu keras dan jenuh. Karena mustahil akan beranak bila tanah media tanam dalam pot aglaonema mengalami pengerasan dan kurang subur. 

Untuk itu, sebaiknya lakukan penggemburan tanah media tanam sebanyak minimal satu bulan sekali. Untuk mendapatkan tanah media tanam yang benar-benar subur dan bagus, Kamu bisa melakukan 2 hal berikut ini, yaitu 

  1. Pemupukan tanah media tanam dengan menggunakan pupuk organik khusus tanah yang memiliki kandungan lengkap dan unsur hara lengkap sesuai yang di butuhkan oleh tanah dan akar tanaman. Sehingga tanah media tanam aglaonema Kamu selalu subur, sehat dan tampak indah. Untuk pemupukan tanah media tanam yang bagus, sangat disarankan menggunakan Pupuk SUPERNASA Organik.
  2. Atau Kamu bisa menggantinya dengan media tanam yang baru bila memang tanah sudah mulai mengeras. Proses penggantian media tanam ini tentu saja dengan menggunakan tanah media tanam yan baru dan akan lebih irit waktu jika tanah media tanam yang baru ini sudah tercampur pupuk organik seperti pupuk SUPERNASA Organik. 

Proses penggemburan yang kamu lakukan secara manual akan membuat proses penggantian media tanah menjadi lebih lama, bisa berjarak 1-2 tahun sekali. Sungguh sangat hemat waktu dan tenaga bukan ?!

Nah, itulah cara ampuh merawat aglaonema kesangan Kamu  di rumah! Kamu bisa mulai melakukan strategi perawatan yang baik dan benar mulai sekarang. 


Selamat Berkebun !



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Merawat Aglaonema Agar Tumbuh Subur Dan Indah"

Posting Komentar