hiderblog

hiderblog

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bebek Lumpuh Paling Ampuh

  Salam Sukses Satu Hobi Beternak Bebek !

  Oleh : Agus Setiawan

 

 Beternak bebek merupakan salah satu usaha ternak yang menguntungkan bagi para peternak / pengusaha ternak bebek, entah itu bebek pedaging atau bebek petelur. Harus di akui bahwa bebek petelur yang produktif mampu bertelur tiap hari dan di panen setiap hari oleh para peternak. Akan tetapi, dengan potensi bisnis yang sangat bagus dan menggiurkan ini, bukan berarti usaha beternak bebek ini akan mudah di lakukan, sebab banyak resiko penyakit dan juga resiko virus yang menjadi kendala utama dalam usaha beternak bebek ini.

  Bebek adalah salah satu jenis unggas yang sebenarnya sangat jarang terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya yang baik dan sangat mudah diternakkan, entah itu bebek pedaging atau bebek petelur. Tetapi, biasanya satu penyakit yang paling sering menyerang ternak bebek dan sering mengganggu para sahabat peternak bebek ini adalah Penyakit Lumpuh.


  Lalu apa penyebabnya dan apa obat penyakit bebek lumpuh yang paling efektif untuk mengobati sekaligus mencegah penyakit ternak bebek lumpuh itu ??!


  Penyakit lumpuh pada ternak bebek ini sebenarnya gejalanya hampir sama dengan kejadian yang di alami oleh ternak ayam, meski hanya sedikit berbeda cara penanganan juga cara antisiapasinya. Beberapa penyebab penyakit lumpuh pada bebek adalah sebagai berikut :

  •  Keracunan Pakan / Air Minum
  •  Tertindih Temannya
  •  Terkilir atau Terbentur Sesuatu
  •  Kekurangan Vitamin Mineral Khusus Bebek
  •  Pilek / Snot
  •  Berak Hijau
  •  Tetelo


Ayo Kita buka dan lihat beberapa faktor penyebab penyakit bebek lumpuh diatas  sekaligus cara pengobatannya :

Tertindih dan Terkilir

  Karena terlalu padat populasi bebek dalam 1 kandang tak jarang ada bebek saling bertubrukan dan tertindih kawanan yang lain. Biasanya gejala kelumpuhan ini di sertai adanya memar di bagian tubuh atau kaki. Bahkan tak jarang sering di jumapai bengkak pada bagian kaki.


CARA MENGATASI / MENGOBATINYA :

  Ambil minyak kayu putih atau minyak tawon dan oleskan pada kaki bebek yang memar / lumpuh tadi. Usahakan di pijat halus dari bawah ke atas.  Apabila ada luka pada kaki bebek, sangat Kami sarankan agar lebih baik menunggu luka itu kering dulu baru bisa di oleskan minyak kayu putih / minyak tawon.  Proses pengeringan luka tersebut bisa diberikan Bethadyn atau diberi obat merah atau alkohol.

  Setelah luka memar di beri minyak tawon atau minyak kelapa, sebaiknya ternak bebek yang terkilir / terluka tadi dipisahkan dulu dari kawanan lain. Kemudian beri minuman Probiotik dan Susu Anlene pada minumannya, untuk mempercepat proses penyembuhan memar terkilir tadi. Bisa juga di berikan Viterna untuk bebek pada campuran pakan dan air minumnya.

#SARAN KAMI : Kurangi kepadatan ternak bebek dalam satu kandang. Pisahkan bebek yang lebih besar badannya dan lebih tua umurnya dari yang lebih kecil / lebih lemah.


Kekurangan Vitamin & Mineral Kebutuhan Bebek

  Meskipun Kita memberikan pakan yang terbaik (pakan pabrik) dan minuman terbaik pada ternak bebek kita, tak jarang banyak kasus bebek lumpuh secara tiba² karena kekurangan asupan gizi dan mineral dalam tubuhnya.  INGAT, pakan pabrikan belum tentu 100% bagus dan mampu mencukupi kebutuhan gizi bebek per ekor per hari. Perlu adanya pakan tambahan dan minuman bernutrisi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bebek.


CARA MENGOBATINYA

Ambil Bawang putih, air daun sirih / daun kelor, Viterna dan susu pada minumannya.

Di ternak bebek kami, kami biasa pakai susu dancow 1 sachet per 10 - 12 liter air

Berikan pada ternak bebek yang lumpuh tadi selama 4 hari berturut turut.


Untuk pakannya, sangat kami sarankan untuk mencampur dengan tepung ikan, ajinomoto / garam, air sirih, Viterna dan telur ayam kampung pada pakannya.


Keracunan Pakan

  Ternak bebek dapat mengalami keracunan pakan apabila Kita kurang memperhatikan kebersihan dan kesehatan pakan yang kita berikan pada ternak bebek. Gejala keracunan pakan ini dilihat dari pupil mata bebek yang membesar dan biasanya leher bebek lemas seperti tidak ada tulang, bulu yang mudah rontok. Bakteri yang sudah menyerang tubuh bebek bisa menyebabkan kelumpuhan ternak bebek. Ketika kelumpuhan sudah menjalar, maka bebek pasti tidak mau memakan pakan yang diberikan, sehiongga jika tidak cepat di tangani, bebek akan mati. 


CARA MENGOBATINYA

  Pemberian air kelapa hijau yang masih muda dan minyak goreng terbukti efektif dalam mengobati dan mencegah keracunan. Pemberian air garam juga sangat bagus untuk menekan bakteri dalam tubuh bebek.

Atau memberikan 1 sdm minyak kelapa ke 1 liter air + Viterna. Minyak kelapa akan membuat bebek selalu haus akan akan minum sebanyak-banyaknya. Banyaknya air akan membuat racun dalam tubuh bebek menjadi encer dan akan keluar bersama kotoran.

Pemberian air kelapa muda pada bebek yanag terlihat mengalami gejala keracunan makanan dengan cara meminumkannya langsung ke mulut bebek juga angar bagus untuk proses penyembuhan keracunan pakan ini.


Berak Darah

  Ini penyakit yang agak mengerikan, Saat Kita menemukan ternak bebek Kita dalam kondisi lumpuh atau susah berdiri, bulu bulu tubuhnya kering dan berdiri, terlihat kusam atau kotor dan kotorannya berwarna merah darah / ada bercak darah, penurunan nafsu makan dan minum yang sangat pesat dan bobot tubuh yang turun secara drastis, maka kemungkinan besar ternak bebek tersebut sudah terkena panyakit kokdiosis / bercak darah.

Apabila tidak cepat di tangani dengan baik, dipastikan bebek akan mati dalam hitungan hari saja.


CARA MENGATASI / MENGOBATINYA :

  Sebaiknya bebek segera di berikan obat anti oksidan dari toko obat / apotik. Kemudian berikan minuman yang mengandung daun jambu muda, lempuyang wangi, lengkuas, kunyit dan brotowali ke air minum bebek maupun pada menu pakan bebek.

Berikan resep tadi selama 3 - 4 hari berturut turut.

#SARAN KAMI : Jaga kebersihan dan kesehatan kandang bebek dengan melakukan penyemprotan desinfektan dan berbahan insektisida organik untuk mencegah penyebaran virus ini dengan interval 6 - 10 hari sekali.

Beri campuran Viterna + Hormon + Antibiotik pada bebek setiap 5 hari sekali untuk pencegahan. Pemberian larutan ini bisa diberikan pada campuran pakan atau air minum bebek dan pemberiannya bisa bersama jamu herbal tradisional tadi.


Cara / Menu obat ini juga bisa untuk mengobati penyakit berak hijau dan berak kapur yang kadang menyerang ternak bebek.


Pilek / Snot

  Ternyata, bukan hanya manusia saja yang bisa pilek, ternak bebek juga bisa terkena pilek / snot. Penyakit ini menular dan jika ada bebek yang sudah memiliki gejala penyakit ini, sebaiknya segera di pisahkan dari kawanan bebek yang lain. Gejalanya bebek akan selalu keluar kotoran encer seperti air mata dari mata dan bebek lemas. Bahkan kadang tidak jarang di temui beberapa kejadian bahwa hidung bebek kelihatan basah seperti berlendir dan bebek sangat kehilangan nafsu makan.

                                                            Video Ternak Bebek Sukses

CARA MENGATASINYA

  Suntik bebek yang sakit itu dengan Streptomicin Sulphat dengan dosis 0,3 gram s/d 0,4 gram per bobot bebek. Penyuntikan dilakukan secara individu pada bebek yang sakit saja. 

Selain cara penyuntikan tadi, ada beberapa cara lain mungkin bisa Anda gunakan, yaitu :

Ambil bebek yang sakit, berikan minuman air jeruk nipis, kemudian di gantung terbalik dengan posisi kepala di bawah selama 5 menit. Kemudian bebek di kembalikan ke posisi semula dan lepaskan di kandang isolasi.

Untuk pencegahan dan pengobatan ternak bebek lain yang masih sehat agar tidak tertular, berikan campuran Viterna + Probiotik + kunyit + jahe + cabe puyang pada air minum bebek.

#SARAN KAMI : Jaga kebersihan dan kesehatan kandang bebek dengan melakukan penyemprotan desinfektan juga insektisida organik untuk mencegah penyebaran virus ini interval 10 - 15 hari sekali. Berikan pemanas kandang / lakukan pembakaran di sekitar kandang terutama di saat cuaca dingin agar kondisi kandang bebek tetap hangat.


Berak Hijau

  Salah satu penyakit bebek yang bisa di katakan berbahaya dan mampu menyebabkan kematian massal dalam suatu kandang bebek. Gejala berak hijau pada ternak bebek ini adalah beraknya berwarna hijau, bisa hijau muda atau hijau tua, hidung meler seperti cairan lendir, lalu tak jarang di temui ada memar di sekitar lutut kakinya.


CARA MENGOBATINYA :

Beri minum obat Koledrin atau Neo Meditril. Dan beri minum air Jahe, Air sirsak, bawang putih dan kunyit pada air minum juga pakannya. Beri Viterna pada pakan juga air minumnya.

#SARAN KAMI : Jaga kebersihan dan kesehatan kandang bebek dengan melakukan penyemprotan desinfektan juga insektisida organik untuk mencegah penyebaran virus ini dengan interval 6 - 10 hari sekali.


Tetelo / ND

  Ternyata ternak bebek juga bisa terkena penyakit tetelo ini yang dicirikan dengan leher terpelintir dan berak berwarna hijau keputihan dan encer.


CARA MENGATASI DAN MENGOBATINYA

Memberikan kunyit dan bawang putih pada air minum atau pakannya selain memberikan Probiotik dan Viterna.

#SARAN KAMI : Berikan imunisasi atau vaksinasi ND pada DOD sedini mungkin. Sejak DOD, sebaiknya ada pencampuran Viterna + Hormon Pemacu pada campuran pakan / air minumnya yang manfaatnya adalah untuk mencukupi segala kebutuhan gizi / protein / karbohidrat yang di butuhkan per ekor bebek per hari. Sekaligus memberikan rangsangan tubuh dan pencernaan bebek agar lebih cepat tumbuh besar dan produktif.


  Semua itu adalah beberapa penyakit yang menyebabkan ternak bebek lumpuh. Pengobatannya bisa di lakukan secara tradisional ataupun organik modern tergantung kondisi ternak bebek Anda.


Pendapat Saya :

 Sebaiknya Kita memberikan vaksin ND1 dan ND2 sejak dini atau saat bebek masih kecil (DOD). Selalu membersihkan kandang dan jaga kesehatan kandang dengan melakukan penyemprotan kandang budidaya ternak bebek. Rutin memperhatikan suhu kandang dan juga suhu bebek. Memberikan makanan yang bergizi dan juga mencukupi kebutuhan nutrisi vitamin yang di butuhkan oleh tiap ekor bebek per hari. 

Memberikan perhatian dan jaga kondisi bebek terutama kondisi kandang peternakan agar bebek tidak stres. Salah satu saran kami adalah usahakan memberikan asupan Viterna dan Hormon Pemacu pada pakan atau pada air minum ternak bebek sejak dini agar tingkat produktivitas bertelur dapat selalu terjaga, bahkan dapat membuat masa produktif bebek bertelur semakin lama dan juga memacu pertumbuhan badannya juga bagus.


Semoga Bisa Bermanfaat bagi setiap sahabat peternak bebek dan Salam sukses Budidaya Ternak Bebek Petelur maupun Bebek Pedaging.

============================================================

Informasi / Diskusi / Pemesanan Viterna + Hormon Pemacu / Buku Ternak Bebek Lengkap, silahkan segera hubungi :

Nama   :  Agus Setiawan

WA/HP  : 0822 2151 6031

============================================================

#agussetiawantv #ternakbebek #ternakbebekpetelur #ternakbebekpedaging #ternakbebekhibrida #ternakbebekpeking #ternakbebekalanasa #ternakbebekagartidakbau #ternakbebekayah #ternakbebekciamis #ternakbebekcepatbertelur #ternakbebekcikarang #ternakbebekdaging #ternakbebekdisawah #ternakbebekdilahankering #ternakbebekfermentasi #ternakbebekhematpakan #ternakbebekintensif #ternakbebekkampung #ternakbebeknasa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengatasi Bebek Lumpuh Paling Ampuh"

Posting Komentar