hiderblog

hiderblog

Cara Memelihara Babi Bunting Dan Perawatan Anak Babi (Ilmu Ternak Babi)

Cara Pemeliharaan Babi Hamil Yang Baik Dan Perawatan Anak Babi Hingga Mampu Menguntungkan Para Peternak Babi

Oleh : Agus Setiawan

 

 Secara finansial serta kecepatan waktu panen, sebenarnya usaha beternak babi cukup menguntungkan. Oleh karena itulah banyak orang mulai melirik usaha beternak babi. Keuntungan beternak babi lainnya selain menjual babi gemuk brebobot, adalah usaha pembibitan babi. Sebab seekor babi betina yang baik mampu melahirkan dua kali dalam setahun, dan menghasilkan 4 hingga maksimal 14 ekor anak babi. Pada saat yang sama, pemeliharaannya tidak memerlukan investasi keuangan yang terlalu besar. Itulah beberapa alasan yang membedakan peternakan babi dari industri peternakan lainnya.


  Dan berikut ini adalah tahapan beternak babi yang baik, dimulai ketika seekor babi betina hamil kemudian tata cara perawatan anakan babi sejak lahir sesuai dengan pengalaman kami dalam beternak babi di lokasi peternakan babi kami (Agus Setiawan Pig Farm).


Metode Ampuh Untuk Menentukan Kehamilan Babi Betina

  Sebaiknya setiap peternak babi harus mengetahui dengan pasti berapa lama babi betina akan bunting dan kapan harus menunggu hingga babi betina tersebut melahirkan untuk memulai usaha beternak babi yang sukses. 

Untuk melakukan hal tersebut, hendaknya seorang peternak babi perlu belajar menentukan kehadiran kehamilan berdasarkan sejumlah gejala langsung dan tidak langsung. Karena berdasarkan hal tersebut, Kita bisa memulai membuat perhitungan dan merencanakan kegiatan selanjutnya. Namun, pertama-tama, disarankan untuk membiasakan diri Anda dengan tanda-tanda kesiapan babi untuk kawin dan melahirkan. Misalnya, gejala birahi babi betina pertama dimulai pada babi betina berumur sekitar 5 - 6 bulan sejak lahir. Namun di usia babi betina masih di kisaran 5 - 6 bulan tersebut, mereka belum siap untuk melahirkan anak babi, dan tidak disarankan untuk mengawinkannya terlebih dulu selama periode ini.


  Periode perkawinanbabi betina dengan usia matang yang siap melahirkan anak babi adalah periode umur 8 - 10 bulan. Hitungan umur dan sifat ideal seekor babi betina siap melahirkan anak babi. Dan proses perkawinan sebaiknya dilakukan di hari ke 2 - 4 setelah birahi pertama.

Setelah perkawinan, setiap peternak sebaiknya harus rajin memantau perubahan perilaku dan fisiologis yang akan segera terjadi pada babi betina dan juga di lingkungan kandangnya.

  Jadi, jika perkawinan berhasil dan pembuahan terjadi, maka 5 - 7 hari setelah kawin dari vagina babi menunjukkan terbentuknya janin.

Setelah minggu pertama sejak perkawinan, jika babi betina tersebut hamil, maka secara kasat mata akan timbul perubahan perilaku dari kebiasan babi betina tersebut, perubahan perilaku seperti :

  • Babi yang hamil menjadi sangat malas dan apatis
  • Sering berbaring tak bergerak sepanjang hari. Hanya termenung di pojokan kandang.
  • Kurangnya nafsu makan dan makan dalam jumlah yang sangat sedikit.
  • Tampak kemerahan pada alat kelamin dan puting susu
  • Kolostrum muncul dari puting.
  • Babi berhenti estrus
  • Selain itu, selama periode birahi, babi betina yang hami, babi betina cenderung diam dan tidak terlalu agresif jika di dekatkan dengan babi pejantan, karena dia sudah mengandung anak babi.
  • Pertambahan berat badan yang dipercepat dalam waktu singkat.


  Pada paruh kedua masa kehamilan, perilaku babi betina berubah secara lebih nyata, misalnya dia tidak lagi berbaring berjam-jam dalam posisi tidak bergerak, tetapi sebaliknya, mulai khawatir, terus-menerus mendengus, dia sering berbaring di genangan air yang seharusnya jadi tempat minumnya.

Menjelang masa melahirkan, biasanya babi hamil mulai melengkapi tempat untuk dirinya sendiri. Dia menarik banyak jerami dan menginjak-injaknya dengan baik. Yang akan di buat menjadi alas melahirkannya nanti. Untuk fase ini, sebaiknya para peternak harus semakin rajin mengamati dan juga memberikan lebih banyak alas kandang, misalnya berupa jerami padi, dedaunan, karpet, dll.

"HATI-HATI DENGAN KEHAMILAN PALSU YANG GEJALANYA HAMPIR SAMA DENGAN KEHAMILAN ASLI"

  Namun, meskipun perubahan perilaku seekor babi betina yang secara kasat mata tampak seperti babi sudah hamil, tetapi banyak kasus babi sering kali mengalami kehamilan palsu, dan banyak tanda eksternal yang dijelaskan di atas dapat diamati dengan tepat di dalamnya. 

  Biasanya peternak yang belum berpengalaman, gejala kehamilan seperti di atas sering kali menyesatkan dan membuat mereka berpikir bahwa babi betina sudah benar-benar hamil. Namun, gejala kehamilan cepat berakhir, dan beberapa minggu setelah permulaan kehamilan palsu tadi. Setelah proses kehamilan palsu tersebut, babi betina membutuhkan babi pejantan lagi untuk proses kawin lagi. Gejala ini biasanya di tandai dengan babi betina sangat birahi ketika masa birahi.

  Untuk mencegah hal itu terjadi, biasanya di peternakan babi yang sudah modern atau para sahabat peternak babi yang sudah berpengalaman, menentukan proses kehamilan seekor babi betina bukan hanya sekedar melihat tanda-tanda awal kehamilan yang bisa di lihat secara kasat mata, namun sudah menggunakan uji laboratorium, tes kehamilan, tes USG ataupun tindakan lain yang kadang melibatkan dokter hewan kenalan para sahabat peternak babi tersebut.


Tata Cara Cek Ricek Kehamilan Babi Betina Yang Baik

  Tetapi, menguji kehamilan seekor babi ini dianggap oleh banyak sahabat peternak babi masih dianggap sebagai cara yang mahal dan membutuhkan banyak waktu. Sebab, pengujian kehamilan dilakukan pada hari ke- 21 setelah proses perkawinan. Cara pengujian ini biasanya dilakukan dengan membuat sayatan kecil di telinga babi betina dan mengambil beberapa tetes darah. Selanjutnya, sampel darah tadi dikirim ke laboratorium, kemudian melalui tes kimiawi ditentukan apakah babi betina tersebut hamil atau tidak. Sehingga para sahabat peternak babi mendapatkan hasil tes yang benar-benar akurat sehingga tidak tertipu dengan adanya kehamilan palsu.

Namun, cara lain yang lebih cepat dan lebih murah adalah menentukan kehamilan dengan cek urin babi betina. Akurasi hasil pengecekan ini adalah 98%. Pengecekan bisa dimulai dari hari ke-21 setelah perkawinan. Alat cek kehamilan melalui urin babi betina ini bisa Anda lakukan menggunakan tespack kehamilan seperti yang digunakan pengecekan wanita hamil.

  Cara lain yang bisa dilakukan adalah cek USG. USG ini dianggap sebagai cara paling efektif dan akurat untuk mendeteksi kehamilan, dan memungkinkan Anda tidak hanya untuk melihat calon anak babi, tetapi juga untuk mendengar detak jantung mereka. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pemindai ultrasound seluler, yang secara teknis dan eksternal menyerupai mesin ultrasound yang digunakan untuk manusia.

Di beberapa peternakan babi profesional, 21 hari setelah perkawinan, babi betina diperiksa oleh dokter hewan. Pemeriksaan dilakukan secara rektal, dan didasarkan pada kondisi arteri uterina dan urogenital.


Durasi Waktu Kehamilan Dan Kelahiran 

  Setelah hasil kehamilan seekor babi betina dikonfirmasi, pertanyaan yang kemudian muncul adalah tentang berapa lama kehamilan akan bertahan dan kapan waktunya babi betina tersebut akan melahirkan ? 

Jika perhitungan dimulai dari perkawinan hingga proses kelahiran, waktu yang biasanya terjadi adalah sekitar 110 hingga 120 hari. Namun, dalam beberapa kasus, waktu kehamilan seekor babi betina bisa berlangsung sekitar 100, atau bahkan 126 hari. Namun demikian, pada kebanyakan babi betina, masa kehamilan rata-rata adalah 4 bulan, dan untuk lebih akuratnya adalah sekitar 3 bulan, 3 minggu dan 3 hari. 

  Setiap ekor babi betina mampu melahirkan 12 atau bahkan 15 anak babi untuk lima kali perkawinan pertama, tapi biasanya setelah kehamilan keenam, produktivitas beranak berkurang secara nyata. Perlu juga dicatat bahwa semakin muda babi, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk mengandung anak.


Lamanya Waktu Bunting Tergantung Pada Apa ? 

  Lamanya kehamilan seekor babi betina ditentukan oleh berbagai faktor, misalnya 

  • Ras / Jenis Babi 
  • Jumlah puting susu dan umur hewan
  • Kondisi iklim dan lingkungan
  • Pemisahan babi betina dari kelompok ternak lain atau dari pejantan
  • Status kesehatan babi betina
  • Kondisi kandang dan kesehatan kandang


 Jadi, pada babi betina yang mengandung sekitar 12 - 15 anak babi, masa kehamilan berlangsung sedikit lebih singkat waktunya dari babi dengan 6 - 8 anak babi, dan masa kehamilan berkisar antara 100 - 110 hari.

Suhu lingkungan kandang dan daerah juga mempengaruhi lamanya kehamilan, misalnya, betina berjalan sedikit lebih sedikit di musim dingin daripada di musim panas.

Adapun lamanya waktu kehamilan pada jenis / ras babi, misalnya, perut buncit kandungan dari beberapa jenis babi, misalnya : 

  • Jenis babi Landrace berkisar dari 102 - 110 hari 
  • Jenis babi Toraja biasanya berkisar 118 - 128 hari
  • Jenis babi Duroc berkisar 110 - 122 hari
  • Jenis babi hitam Lampung berkisar dari 108 - 129 hari
  • Jenis jenis babi lain berkisar 100 - 140 hari


Tata Aturan Perawatan Induk Babi Betina Dan Anak Babi

  Kondisi tabur berdampak besar pada kapan anak babi dilahirkan dan apakah induknya memiliki cukup susu untuk memberi makan mereka. Di peternakan babi yang sudah modern, disarankan agar semua babi yang bunting dengan usia kehamilan yang hampir sama dikelompokkan dan diberikan perawatan yang tepat. Sedangkan untuk babi indukan dengan masa kehamilan singkat dan tidak lebih dari 2 bulan, sebaiknya dikelompokkan menjadi 4 ekor, dan di kandangkan masing-masing seluas 3 m2. Jika di dalam peternakan ada kandang kosong, sebaiknya di pisahkan per ekor babi betina bunting di dalam luas kandang 3 - 4 m2.


Mulai kehamilan bulan ketiga, babi betina bunting dibagi menjadi dua, sekaligus menambah ruang kandang menjadi 6 m2 untuk tiap ekor. Seminggu sebelum proses persalinan, sebaiknya tempatkan babi betina tersebut di kandang terpisah yang sudah siap dengan alas kandang berupa pasir / jerami padi / karpet. Itulah kandang tempat mereka tinggal menunggu kelahiran. Akan lebih baik, jika 2 hari sebelum proses melahirkan, tubuh babi betina dan seluruh kandang di semprot dengan desinfektan agar benar-benar steril, selain itu juga bisa dimandikan dengan air hangat, hal ini dilakukan dengan tujuan agar babi betina tidak menularkan beberapa virus / bakteri pada anakan babi yang dilahirkannya. Juga untuk menjaga kemungkinan anakan dimakan oleh induknya.

Sebaiknya 2 hari sebelum proses melahirkan, babi betina sudah di persiapkan pakan bergizi dan air minum yang berlebih untuk menjaga segala kemungkinan yang mungkin terjadi selama proses melahirkan.

  Kenyamanan suhu dan kondisi kandang merupakan persyaratan penting untuk ruangan tempat babi bunting. Pada beberapa peternakan babi, sudah ada yang mulai menggunakan pemanas mandiri yang ditempatkan di dalam kandang khusus melahirkan / khusus indukan dan anakan yang baru lahir. Namun bagi beberapa peternakan babi yang masih tradisional, yang belum memiliki sistem pemanas kandang mandiri ini, mungkin langkah paling mudah dan paling murah adalah dengan memberikan lampu dengan voltase yang lebih besar dari biasanya atau dengan menambah jumlah lampu yang terpasang di dalam kandang, misalnya lampu infra merah / lampu tembak (sorot), dll

Selain menggunakan lampu tersebut, cara lain untuk menjaga suhu kehangatan kandang indukan bisa dilakukan dengan cara membakar kayu di 3 titik sekitar kandang yang dilakukan tiap malam hari. Jika suhu / cuaca dingin, maka proses pembakaran kayu tadi bisa lebih sering dilakukan.

Selain faktor kandang di atas, perlengkapan kandang untuk betina hamil harus ditempatkan di bagian belakang kandang babi, kering dan terlindung dengan baik dari angin, dan segala alat kandang harus selalu bersih dan kering.


"LEBIH BAIK JIKA ORANG YANG SAMA SAAT MERAWAT INDUK BABI YANG HAMIL. HAL INI DISEBABKAN OLEH FAKTA BAHWA PERILAKU BABI BETINA BUNTING SEBELUM MELAHIRKAN ITU MUDAH SEKALI STRESSANGAT CEPAT BERUBAH DAN MUDAH KESAL DENGAN KEHADIRAN ORANG ASING YANG BELUM DI KENALNYA."


  Salah satu kondisi penting dalam pemeliharaan babi bunting yang benar adalah pemberian makannya. Oleh karena itu, jika Anda sudah mendapati bahwa babi betina sudah bunting, sebaiknya segera dipindahkan ke perlakuan khusus yaitu pemberian vitamin nutrisi untuk babi, hormon pemacu untuk babi dan juga pakan yang bergizi untuk babi. Untuk babi betina yang masih muda yang baru pertama kali hamil, diperlukan unsur lengkap mikro dan makro, yang diperlukan baik untuk perkembangan janin maupun untuk babi betina yang hamil itu tadi. Khusus pemenuhan unsur nutrisi mikro dan makro yang lengkap, pemenuhan kebutuhan gizi dan protein serta lemak yang bagus, bisa di dapatkan dengan pemberian vitamin babi yang bernama "VITERNA". Kemudidan untuk pemenuhan kebutuhan hormon, bisa di berikan produk hormon bernama "HORMONIK". Kedua jenis produk itu selalu saya pakai terus dalam peternakan babi saya, entah untuk indukan bunting, anakan baru lahir agar cepat besar dan pada proses penggemukan babi untuk di panen di umur 5 bulan dengan bobot yang sangat maksimal !!! 

  Untuk babi dewasa yang sudah beberapa kali kehamilan atau melahirkan, sebnarnya sudah cukup dengan mempertahankan berat badan yang sudah ada. babi betina seperti itu tidak terlalu membutuhkan asupan gizi, lemak dan protein tinggi. Maka, untuk seluruh periode kehamilan, babi betina dewasa tersebut jangan diberikan porsi vitamin, gizi protein dan lemak yang lebih dari jumlah ideal yaitu 35 kg - 40 kg. Sebenarnya asupan gizi pakan babi dewasa dibagi kegunaannya, yaitu sekitar 25 kg adalah untuk perkembangan anak babi, plasenta dan cairan ketuban, dan hanya sisa 10 - 15 kg adalah akumulasi lemak babi. 

  Jika pada penimbangan berikutnya, ternyata babi bertambah gemuk terlalu cepat, maka menu pakannya sebaiknya di ubah untuk mengurangi porsi, dan perbanyak karbohidart untuk merangsang aktivitas motorik. Pada bulan terakhir sebelum proses melahirkan, baik babi tua maupun babi muda sebaiknya dimasukkan ke dalam menu makanan dengan protein dan karbohidrat yang mudah dicerna, dan produk vitamin yang baik

Menu pakan yang memicu pembentukan gas dan pakan fermentasi sebaiknya di tinggalkan dulu.


  Pemberian pakan babi betina hamil mulai dari umur kehamilan 1 hari hingga usia kehamilan 80 hari dilakukan dua kali sehari, dan air minum harus selalu segar dan selalu ada air minum sepanjang waktu di dalam kandang. Saat usia kehamilan ini, sebaiknya porsi pakan yang mengandung lemak di kurangi hingga 20% - 80%. Hal ini disebabkan bahwa hingga sekitar 85 hari kehamilan, embrio babi bertambah berat dengan sangat lambat, dan jika babi makan berlebihan dan tiap hari tidak banyak bergerak bisa menjadi gemuk. Justru dengan bertambah berat terlalu gemuk, maka hal ini, akan berdampak negatif pada perkembangan embrio babi dan kehamilan juga pada proses laktasi / kelancaran air susu induk. Saran saya, sebaiknya porsi pakan ditingkatkan hanya pada bulan terakhir kehamilan, ketika anak babi masa depan mulai tumbuh secara aktif.


  Menu makanan babi setelah hari ke-85 kehamilan sebaiknya meliputi beberapa bahan pakan dan nutrisi yang sangat bagus bagi perkembangan babi / janin babi , misalnya :

  • Mencakup 2,5 kg konsentrat biji-bijian
  • Sekitar 5-6 kg sayuran hijau segar
  • 3 kg ampas tahu / nasi
  • 2 liter susu atau pakan berlemak tinggi
  • 2,5 kg konsentrat sereal atau poor babi
  • Paket vitamin babi yang baik harus ditambahkan ke dalam pakan. 

Selama periode ini, babi tidak boleh diberi makan sisa atau pakan beku yang hampir busuk. Jika Anda mampu menjaga kualitas pakan babi selama ini, maka proses kelahiran anak babi akan lebih mudah dan menghasilkan jumlah anakan babi yang banyak juga sehat.


Bagaimana Cara Mempersiapkan Kelahiran / Farrowing ?

  Persiapkan babi betina bunting untuk melahirkan seminggu sebelum tanggal yang diharapkan (HPL). Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan selama periode persiapan proses kelahiran ini : 

  • Memberikan suasana kandang babi yang hangat
  • Memberikan perhatian lebih daripada hari hari sebelumnya
  • Menciptakan lingkungan yang tenang dan suhu kandang yang stabil. 
  • Pemberian pakan yang berupa hijauan segar dan sereal mudah di cerna / roti
  • Babi diberikan minum obat cacing / obat anthelmintik yang meredakannya dari rasa sakit dan sekaligus menjaga kondisi anak babi baru lahir dari cacingan 
  • Pemberian vitamin nutrisi penambah gizi pada babi yang di campurkan ke air minum / pakan babi.
  • Ada bagusnya jika seliuruhkandang di cat putih menggunakan kapur (bahasa jawa = labur)

 Jika cuaca dan suhu di luar kandang panas, untuk menghindari babi betina kepanasan, disarankan untuk menyemprot babi dengan air dingin. bagusnya selain tubuh babi yang di semprot, kandang juga di semprot, kalau perlu atap kandang juga di semprot air.

Beberapa hari sebelum tanggal melahirkan, sebaiknya kandang babi dicuci dengan larutan desinfektan dan jamu herbal anti penyakit buatan sendiri. Dinding dan langit-langit kandang juga di semprot, setelah itu ruangan berventilasi baik dan dikeringkan. Selain jerami padi, Anda bisa menggunakan serbuk gergaji, pasir halus, atau sekam biji kapas sebagai alas tidur. Untuk alas kandang babi betina dan calon anak babi baru lahir, sebaiknya sudah melalui proses pengeringan dan penjemuran di bawah matahari yang rutin. Hal ini bertujuan agar kandang tetap steril dari virus penyakit.


  Pada proses itu, ada baiknya jika babi betina bunting tadi dipindahkan ke kandang lain terlebih dahulu, dan kemudian dikembalikan hanya setelah kandang babi yang dibersihkan tadi sudah benar-benar mengering dan dengan suhu kandang yang hangat di kisaran 15°C - 25°C.  Kemudian babi betina bunting tersebut dimandikan dengan air hangat, di sabun, dan baiknya pada bagian samping, kaki, dan puting diseka dengan larutan kreolin 1% atau alkohol 70%. 

Tanda-tanda bahwa persalinan akan terjadi adalah kurang dari sehari sebelum proses kelahiran biasanya puting dan alat kelamin luar bertambah besar dengan tajam, perut kendor, dan tulang belakang terasa kendur. Kolostrum mulai keluar dari puting, dan sumbat darah keluar dari vagina.


Saat proses melahirkan yang mungkin Anda bantu di dalam kandang, tahapan proses yang mungkin bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut :

  • Setelah babi betina melahirkan anak babi, sebaiknya Anda harus membersihkan mulut babi dengan hati-hati dari lendir dan mengambilnya dengan kedua tangan. Letakkan kepala Anda di satu tangan dan tubuh Anda di sisi lain. Itu harus dipegang dengan kaki ke atas, menekuk menjadi dua dan berayun.
  • Saat babi kecil menunjukkan tanda-tanda bernapas, mereka harus diambil dengan kaki belakangnya dengan kepala menunduk. Setelah itu, anak babi harus ditepuk punggungnya dengan telapak tangan sampai mulai batuk. Kemudian harus ditempatkan di tempat yang hangat.
  • Seringkali, anak babi lahir masih berada di dalam selaput. Mereka harus dirobek dan segera disingkirkan. Setelah itu, bayi harus dilap seluruhnya dengan kain lembut yang kering dan dikembalikan kepada induknya.


"UNTUK MEMBIAKKAN BABI, ANDA PERLU MEMILIH JENIS HEWAN YANG SESUAI, MENYIAPKAN PAKAN KHUSUS DAN vITAMIN KHUSUS BABI AGAR BABI BERTAMBAH BERAT BADAN DENGAN BENAR DAN CEPAT, PELAJARI TENTANG TANDA-TANDA UTAMA, BERAPA LAMA KEHAMILAN BABI BERLANGSUNG, BERAPA BANYAK BABI YANG MAMPU DILAHIRKANNYA, BERAPA BERATNYA BERTAMBAH DAN BANYAK LAGI LAINNYA. TAPI TETAP SAJA, PERTANYAAN UTAMA YANG MENGKHAWATIRKAN PETERNAK BABI ADALAH SEBERAPA LAMA PROSES BABI BUNTING DAN MELAHIRKAN"


  Banyak kasus terjadi di peternakan babi itu adalah anakan babi yang dimakan oleh induknya. Kasus seperti itu biasanya terjadi karena kondisi induk babi yang lapar dan juga kurang pasokan makanan dalam kandang saat proses melahirkan.


  Untuk perawatan anakan babi baru lahir, usahakan kandang tetap dalam kondisi hangat dan steril selama beberapa minggu ke depan. Saat anakan babi sudah berumur 2 - 4 hari, sebaiknya di lakukan vaksinasi HC (Hog Cholera) 1 dan vaksin  selanjutnya adalah HC 2. Sebaiknya anakan babi sudah di berikan vitamin babi dan hormon pemacu pertumbuhan babi agar kondisi tubuh anakan babi sehat, kebal terhadap berbagai resiko penyakit dan juga mampu cepat tumbuh besar.

Saat anakan babi sudah berumur 1 bulan, bisa mulai dilakukan proses penyapihan dan di pisahkan dari induknya. babi betina induk tadi bisa segera di kawinkan lagi saat setelah masa birahinya muncul.


Semoga artikel penjelasan saya ini bisa bermanfaat bagi banyak sahabat peternak babi di manapun berada. 

Salam sukses satu hobby dan satu usaha ternak babi !

==============================================================

KONSULTASI / DISKUSI/ PEMESANAN Vitamin Babi Terbaik , Silahkan hubungi saya di :

  • Nama       : Agus Setiawan
  • HP/WA    : 0822 2151 6031

DAPATKAN Buku Gratis "RAHASIA TERNAK BABI CEPAT PANEN 5 BULAN (SANGAT LENGKAP)" Dari Saya Untuk Anda !

Tonton saya dan koleksi peternakan babi saya di channel youtube saya :

http://www.youtube.com/agussetiawantv

===============================================================

#agussetiawantv #agussetiawanpigfarm #carapenggemukanbabi #caramemeliharababibuntingdanperawatananakbabi #vitaminbabi #carapakaivitaminbabi #carabudidayaternakbabi #pakanbabimurahseadanya #babibunting

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memelihara Babi Bunting Dan Perawatan Anak Babi (Ilmu Ternak Babi)"

Posting Komentar