hiderblog

hiderblog

10 Tips Ampuh Cara Merawat Tanaman Hias, Wajib Tahu

  Memiliki rumah yang tampil cantik menarik terlihat indah dan sejuk meskipun sederhana adalah keinginan dari setiap orang. Cara paling mudah dan sederhana untuk mempercantik rumah adalah dengan mendekorasi bagian teras rumah atau halaman depan rumah dengan tanaman hias, entah itu tanaman hias daun ataupun tanaman hias bunga. Dengan memanfaatkan tanaman hias, Anda bisa memiliki rumah yang selalu cantik asri, segar, sejuk dan menarik perhatian.

Apalagi saat ini trend merawat tanaman hias sedang banyak di gandrungi oleh berbagai kalangan masyarakat untuk mengisi kegiatan di rumah selama pandemi. Selain itu, harga tanaman hias sedang kembali bergerak naik dari waktu ke waktu. Agar tanaman hias yang Anda rawat tersebut tumbuh subur, sehat dan mengeluarkan potensi warna daun atau warna bunga dengan maksimal, berikut cara merawat tanaman hias yang mudah dan sudah terbukti hasilnya !


Menggunakan Media Tanam Yang Baik & Perhatikan Kebutuhan Air

1. Menggunakan Media Yang Baik Dan Subur

  Cara merawat tanaman hias yang pertama adalah dengan memilih dan menggunakan media tanam yang tepat untuk menanam tanaman hias Anda. Sebelum mulai mengadopsi berbagai tanaman hias ke dalam rumah Anda, sebaiknya cari tahu dulu mengenai jenis media tanam apa saja yang cocok untuk tanaman tersebut.

Biasanya, kebanyakan orang akan menggunakan pot untuk menempatkan tanaman. Anda perlu memastikan bahwa tanah di dalam pot memiliki kualitas yang bagus. Anda juga harus rajin memberi pupuk pada tanah. Tujuannya adalah memberikan nutrisi dan unsur hara lengkap pada tanah agar tanah subur dan persediaan makanan akar akan tercukupi. Media tanam biasa berupa campuran arang + sekam padi + tanah + pasir.

  Untuk pemupukan media tanam tanaman hias ini sebaiknya seimbang antara pupuk makro dan pupuk organik agar pertumbuhan tanaman bagus, segar, juga warna daun dan warna bunga juga akan semakin cerah mencolok sehingga membuat setiap mata senang memandangnya. Tentu saja manfaat lain dari kegiatan tersebut adalah untuk menaikkan harga jual tanaman hias tersebut.

Pupuk yang baik untuk media tanam awal adalah pupuk NPK + UREA + KCL + DOLOMIT + SUPERNASA + GLIO. Kemudian pemupukan susulan selama perawatan cukup menggunakan pupuk cair POC NASA + GREENSTAR + HORMONIK.

  Dengan perawatan yang tertata seperti itu, nyatanya sudah banyak hasilnya terlihat di tempat para pecinta tanaman hias yang memiliki koleksi tanaman hias yang selalu terlihat segar, sehat, warna daun cerah segar mencolok selain warna bunga yang sangat indah.


2. Perhatikan Jumlah Air Saat Penyiraman

  Perawatan tanaman hias yang baik di nomor dua adalah menjaga jumlah air yang di siramkan pada tanaman hias tersebut. Semua tanaman secara alami membutuhkan air untuk hidup dan tumbuh. Tetapi tidak semua jenis tanaman hias dapat tumbuh baik jika kebanyakan air dalam pot media tanamnya, karena ada beberapa jenis tanaman hias justru sangat membutuhkan sedikit air dalam prosesnya. Agar tanaman hias bisa tumbuh dengan baik, sebaiknya menyirami tanaman sedikitnya setiap seminggu sekali, di waktu pagi atau petang hari. Usahakan untuk menyiram tanaman secara teratur dan mengenali jenis-jenis tanaman apa yang bisa di siram banyak air dan jenis tanaman yang mana yang tidak membutuhkan banyak air..

  Dalam kegiatan menyiram tanaman hias, usahakan jangan terlalu banyak air dalam media tanamnya, secukupnya saja. Sebab air yang tergenang di dalam pot justru malah akan membuat tanaman menjadi busuk dan mati. Anda harus memastikan bahwa air untuk tanaman hias dalam jumlah yang cukup sesuai jenisnya. 

Setelah proses penyiraman tanaman, sebaiknya tanaman hias di jemur di bawah sinar matahari pagi agar mampu melakukan fotosintesis yang sempurna guna proses pertumbuhan dan proses mengeluarkan warna yang maksimal.


Pilihlah Jenis Tanaman Hias Yang Tepat sesuai Karakter Anda Dan Jemur Di Bawah Matahari Secara Teratur

3. Memilih Jenis Tanaman Yang Baik Dan Tepat

  Memilih jenis tanaman hias yang tepat untuk dirawat dan di koleksi adalah salah satu cara sukses memelihara tanaman hias. Seperti yang Kita ketahui, saat ini banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa Kita koleksi dan pelihara untuk mempercantik rumah, misalnya jenis tanaman hias daun dan jenis tanaman hais bunga. Tapi, usahakan Anda memilih tanaman hias yang dapat hidup pada suhu ruangan (± 25°C) Atau luar ruangan / teras rumah (± 30°C)Cara ini akan memudahkan Anda dalam merawat tanaman hias tersebut.

4. Penjemuran Di Bawah Sinar Matahari Secara Teratur

  Kegiatan perawatan selanjutnya adalah dengan kegiatan penjemuran tanaman hias di bawah sinar matahari pagi secara teratur. Kegiatan penjemuran ini terutama berlaku untuk jenis tanaman yang biasanya Anda letakkan di dalam ruangan. Memang semua tanaman membutuhkan sinar matahari untuk kesehatan dan proses fotosintesis. Sama seperti air, sinar matahari adalah salah satu faktor yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh.

Oleh sebab itulah, sebaiknya Anda harus memastikan tanaman hias koleksi Anda tersebut mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup dengan meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari. Akan sangat bagus jika sinar matahari pagi hari. Cobalah Anda dengan teratur untuk mengeluarkan tanaman hias koleksi Anda setidaknya setiap dua minggu sekali. Namun, Anda harus tetap memperhatikan jenis tanaman hias mana yang kuat terhadap sinar matahari yang banyak atau jenis tanaman hias mana yang hanya mampu menerima sinar matahari sedikit. Agar koleksi tanaman hias kesayangan Anda tidak rusak atau layu karena tidak kuat sinar matahari. Dengan demikian, kebutuhan sinar matahari akan terpenuhi.


  Agar pertumbuhan tanaman hias kesayangan Anda tumbuh subur dan memiliki warna yang segar mencolok indah, sebaiknya saat proses penjemuran sinar matahari pagi, Anda juga melakukan pemupukan semprot menggunakan pupuk cair POC NASA + HORMONIK + GREENSTAR menggunakan penyemprot tanaman yang Anda miliki. Tujuan pemupukan menggunakan POC NASA + HORMONIK + GREENSTAR ini adalah memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman untuk fotosintesa, memberikan asupan makanan tambahan yang bernutrisi yang baik untuk perkembangan tanaman hias koleksi Anda, serta menjaga kesehatan / kekebalan dari serangan hama penyakit atau jamur yang biasanya menyerang tanaman hias. Yang pasti Anda sangat tidak menginginkan kejadian itu terjadi pada koleksi tanaman hias kesayangan Anda bukan ?!


Proses Menjaga Kelembaban Udara Lingkungan Dan Mengganti Pot Media Tanam Secara Teratur

5. Menjaga Kelembaban Udara Lingkungan Sekitar Tanaman Hias

  Tata cara merawat tanaman hias selanjutnya adalah dengan memperhatikan tingkat kelembaban udara di sekitar tempat Anda menanam tanaman hias koleksi Anda. Anda perlu memastikan tingkat kelembaban udara yang didapatkan oleh tanaman hias sebaiknya berada pada level yang cukup bagus dan sesuai dengan jenis tanaman hias yang Anda rawat selama ini. Seperti yang Kita ketahui bahwa tidak semua jenis tanaman hias itu mampu beradaptasi dengan suhu udara yang dingin, misal di dalam ruangan ber-AC.

Jika rumah atau kantor Anda menggunakan AC dalam menaruh tanaman hias koleksi kebanggan Anda, tentu hal ini akan membuat kelembaban udara menjadi berkurang untuk mencukupi kebutuhan tanaman. Hal tersebut sudah pasti akan membuat kesegaran dan kondisi tanaman di dalam ruangan menjadi layu, yang sangat berbeda dengan kondisi tanaman hias di luar ruangan ber-AC. 

  Untuk mengatasi kejadian tersebut, Anda bisa meletakkan wadah berisi air di bagaian bawah pot tanaman agar kelembaban udara di sekitar tanaman tersebut tetap terjaga. Selain cara di atas tadi, Anda juga bisa melakukan penjemuran di bawah sinar matahari pagi dan penyiraman air setiap 3 hari sekali. Selain itu, sangat di wajibkan agar Anda melakukan pemupukan pada media tanam dengan pupuk SUPERNASA + GLIO + DOLOMIT + NPK agar menjaga kesegaran media tanam serta bagi akar tanaman hias.

6. Mengganti Pot Media Tanam Secara Teratur

  Langkah penggantian pot media tanam secara teratur dan berkala ini sebaiknya sering Anda lakukan sesuai perkembangan / pertumbuhan umur tanaman hias koleksi Anda. Sebab semakin lama, tanaman akan tumbuh dan menjadi lebih besar. Karena itu, Anda harus mengganti tanaman di dalam pot.

Sebaiknya taruh tanaman di pot yang lebih besar. Hal ini dimaksudkan agar akar tanaman mempunyai ruang yang cukup untuk tumbuh dan bernafas sesuai kebutuhan oksigen yang di butuhkan oleh akar tanaman untuk bernafas. Alangkah baiknya jika Anda memilih pot yang memiliki drainase air yang baik, atau memiliki banyak lobang di bawah pot dan memiliki tempat air sendiri di bawah pot.

  Akan tetapi, kegiatan ini juga menyesuaikan dengan jenis tanaman hias yang Anda miliki, media tanam yang Anda gunakan dalam merawat tanaman hias, dan kemudian rutinitas cara perawatan yang Anda lakukan pada tanaman hias Anda sendiri.


Rutin Melakukan Pemangkasan Secara Berkala Dan Lakukan Pembersihan Berkala

7. Melakukan Pemangkasan Secara Teratur

  Salah satu cara membuat tanaman hias yang sehat adalah merawat tanaman dengan baik. Oleh karena itu, rawatlah dan sayangilah tanaman Anda dengan sebaik mungkin. Jika daun tanaman sudah bertambah dan terlihat rimbun mengganggu, segera lakukan pemangkasan. Potonglah daun-daun yang rusak dan busuk. Dengan cara ini daun yang rusak dan membusuk tidak akan menyebar dan menginfeksi daun yang lain. Lakukan pengamatan pada daun atau batang yang terlihat ada bintik putih / serangga / ulat.

  Setelah Anda melakukan pemangkasan, sebaiknya segera lakukan penyemprotan tanaman hias tersebut dengan GREENSTAR + SUNLIGHT agar mencegah serangan hama / jamur.

8. Rajin Bersihkan Tanaman Dengan Teratur Dan Penuh Perhatian

  Kegiatan selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah selalu bersihkan tanaman-tanaman tersebut secara teratur. Ada banyak cara melakukan pembersihan tanaman hias, misalnya mengelap pakai air bersih / pakai tissu basah, menyemprot pakai penyemprot tangan, dll. Tapi yang paling sering dilakukan adalah pembersihan daun tanaman hias dengan mengelap menggunakan air campur susu cair.

Proses pembersihan ini bertujuan untuk menghilangkan debu yang hinggap di daun, batang atau pot tanaman hias. Sebab debu yang menempel pada tanaman dapat menghambat fotosintesis tanaman dan akibatnya pertumbuhan tanaman akan terhambat. Selain itu, tujuan lain pembersihan ini adalah untuk memoles / mengkilapkan daun, pengecekan kondisi daun dan batang tanaman hias, dll.


Pengecekan Hama Penyakit Dan Pencegahannya Sekaligus Merangsang Munculnya Nilai Jual Yang Tinggi Tanaman Hias

9. Selalu Cek Ricek Kondisi Kesehatan Dan Kesegaran Tanaman

  Kegiatan pengecekan rutin kondisi terbaru tanaman hias koleksi Anda adalah pada saat sore hari menjelang maghrib. Sebab, pada waktu itulah biasanya serangan ulat dan serangan hama lain yang bisa mengganggu kesehatan daun dan batang tanaman.  Kegiatan ini bisa Anda lakukan juga pada saat malam hari ketika Anda santai di rumah ataupun saat Anda melakukan penyiraman tanaman. Ketika Anda menemukan ulat, daun yang berlubang tidak wajar, busuk pada batang bagian bawah, bintik / bercak putih tidak wajar pada tanaman, dsb. Sebaiknya segera Anda lakukan pemangkasan dan penyemprotan dengan Anti Jamur / Anti Hama pada tanaman hias koleksi Anda.


10. Merangsang Harga Jual Yang Tinggi 

  Salah satu kegiatan perawatan tanaman hias adalah bagaimana caranya agar tanaman hias koleksi Anda mampu memunculkan warna daun yang benar-benar mencolok dan memunculkan warna bunga yang sangat cerah sehingga mampu membuat setiap orang suka melihatnya, serta mampu membuat minat seseorang untuk menyukainya bahkan ingin memilikinya.

Untuk merangsang pertumbuhan tanaman yang sehat dan ubur sekaligus merangsang tanaman hias mengeluarkan warna asli yang maksimal, sebaiknya dilakukan pemupukan semprot menggunakan GREENSTAR secara berkala. 

Semoga bisa bermanfaat bagi sahabat pecinta tanaman hias dimanapun berada.


Di susun dan Di Praktekkan Langsung Oleh : Agus Setiawan Nasa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tips Ampuh Cara Merawat Tanaman Hias, Wajib Tahu"

Posting Komentar