hiderblog

hiderblog

Cara Mencegah Penyakit ASF Pada Babi (SUDAH TERBUKTI AMPUH)

Hallo Dulur-Dulur Peternak Babi , Salam Sukses Satu Hobi Dan Satu Usaha Beternak Babi !

Salah satu virus babi yang sangat berbahaya dan mampu membunuh seluruh populasi babi dalam satu kandang bahkan dalam satu daerah hanya dalam hitungan hari seperti yang belum lama terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Penyebabnya adalah virus Demam Babi Afrika (African Swine Fever / ASF). Jangan sampai ternak babi Anda terserang ASF ini !!

African Swine Fever (ASF) atau demam Babi Afrika merupakan virus yang tidak berbahaya bagi manusia, tetapi sangat mematikan untuk babi. Sejauh ini, belum ada vaksin yang dapat menyembuhkan / mengobati penularan virus tersebut. Penyakit ternak babi yang sangat menular dan dapat menyebabkan kematian pada babi hingga 100 % sehingga mengakibatkan kerugian ekonomi yang sangat besar. Virus ASF sangat tahan hidup di lingkungan lembab serta relatif lebih tahan terhadap beberapa macam desinfektan. Bahkan vitamin B Complex ataupun vaksin belum ada yang mampu menyembuhkan babi yang sudah sakit ASF ini.

Menurut Kami, mungkin memang belum ada vaksin yang bisa menyembuhkan babi yang sakit karena virus ASF ini, tetapi meski belum ada obatnya, lalu bukan berarti Kita tidak bisa mencegah penyebaran atau penularan virus babi tersebut. Menurut pengalaman Kami, proses penyebaran virus ASF ini bisa di cegah sejak awal yaitu dengan metode tradisional. Sudah banyak dulur-dulur peternak babi sudah melakukan teraphy tradisional ini di peternakan babi mereka. Syukurlah sejak dilakukan teraphy tradisional itu, ternak babi jadi aman dan tetap sehat meski daerah sekitarnya sudah terserang wabah ASF ini dan telah banyak ternak babi yang mati.

Sebelum Kita mengulas teraphy tradisional untuk ASF ini, marilah kita lihat dulu segala gejala yang terjadi pada ternak babi, sehingga Anda sebagai peternak babi bisa sangat hati hati dan sudah tahu gejalanya sehingga Anda bisa langsung melakukan tindakan preventif sejak awal agar tidak semua ternak babi yang Anda miliki dalam kandang peternakan Anda tertular dan mati.

Ini adalah gejala penyakit ASF menurut pengamatan dan pengalaman Kami selama beternak babi juga hasil pendampingan beternak babi di beberapa daerah.

Gejala ASF Yang Terlihat Langsung Secara Kasat Mata (WASPADA)

  • Bagian perut, dada dan scrotum berwarna kemerahan menyala / merah muda
  • Diare berdarah atau mencret berwarna agak putih abu abu atau kemerahan atau cokelat tua
  • Berkumpul bersama dan kemerahan pada telinga
  • Demam (41 derajat Celsius), Konjungtivitis, anoreksia, ataksia, paresis, kejang, kadang2 muntah, diare atau sembelit
  • Pendarahan Kulit Sianosis / Kulit seperti korengan / Kulit banyak bintik dan berdarah
  • Babi menjadi tertekan, stres, suka telentang dan suka teriak teriak tidak jelas
  • Babi tiba tiba tidak mau makan. (biasanya selama 2 - 3 hari dan maksimal 4 hari) 
  • Babi sesak nafas dan jika bernafas terlihat seperti nafasnya ngos ngosan / berat
  • Babi berliur dan hidung selalu basah , biasanya berlendir seperti orang pilek
  • Babi makan sedikit, jika makan sesuai porsi normalnya , babi akan muntah
  • Beberapa gejala lain yang terlihat jelas perbedaan perilaku tidap harinya

Kenapa Virus ASF ini bisa sangat berbahaya bagi ternak babi ?!

Virus ASF ini sangat cepat penularannya pada ternak babi lain dalam satu kandang juga satu daerah. Menurut pengamatan dan pengalaman, proses penularannya sekitar 1 - 2 hari saja mampu menulari seluruh populasi ternak dalam suatu kandang / suatu daerah dan menyebabkan kematian babi massal yang membuat rugi setiap pemilik ternak babi.

Penyakit ASF ini dapat menyebar melalui :

  • Kontak langsung
  • Serangga
  • Pakaian
  • Peralatan peternakan
  • Kendaraan
  • Pakan yang terkontaminasi 
  • Kandang


Saat ada ternak babi yang sudah 1 hari hari tidak mau makan apapun dan sering berdiam di pojokan kandang atau terlihat sesak nafas, sebaiknya langsung pisahkan dari kawanan babi yang lain yang ada di dalam kandang itu.
Untuk babi yang terkena penyakit ASF, isolasi hewan sakit dan peralatan serta dilakukan pengosongan kandang selama 2 bulan. Isolasi sebaiknya dilakukan dengan jarak minimal 100 meter dari kawanan lain. Lalu kandang bekas ada babi yang sakit dan kandang kawanan lain sebaiknya segera di semprot dengan menggunakan :

  • Sunlight 1 Sachet kecil
  • Karbol 2 sachet kecil
  • Bayclin 1 Sachet kecil
  • Air rebusan Jahe dan daun kelor sebanyak 2 liter
  • Minyak Urut GPU 20 - 25 tetes
  • Air 5 liter - 10 liter
  • Alkohol 70%

Kemudian siramkan atau semprotkan ke dalam kandang tadi, kandang bekas ada yang sakit maupun kandang kawanan babi yang sehat. Penyemprotan mulai dari dinding kandang, lantai kandang, atap kandang tubuh ternak babi dan sampai 200 meter luar kandang. Bahkan penyemprotan juga dilakukan langsung ke tubuh ternak babi secera menyeluruh. Penyemprotan juga harus di lakukan pada alat pembuatan pakan, sapu, selang penyemprot, dan segala peralatan ternak dalam lokasi kandang yang sering digunakan untuk beternak. Penyemprotan rutin tiap hari sampai selama 7 hari pertama.

Untuk ternak babi yang sudah sakit ASF sebaiknya di berikan minuman :
Jamu 1

  • Temulawak 2 siung
  • Kapulaga 3 biji
  • Jahe Merah 2 siung
  • Bawang Putih 5 siung
  • Jeruk Nipis 0,5 buah
  • Kunyit putih 2 siung
  • Asam jawa 3 biji
  • Rebusan Daun Kelor 500ml


Bahan bahan tadi di blender atau di geprek jadi satu adonan, lalu di campur air daun kelor 500 ml, kemudian di peras, dan dapat jamu herbal penyehat babi untuk memperkuat daya tahan babi. Akan lebih bagus jika ditambah minyak kayu putih sebanyak 4 tetes.

Jamu 2

  • Air rebusan daun Bunga sepatu 200 ml
  • Air rebusan daun sirsak 200 ml
  • Air rebusan daun brotowali 200 ml


Bahan Jamu 1 dan 2 di atas bisa di campurkan dalam air 2 liter, lalu diberikan pada ternak babi yang sakit ASF. Ternak harus d ipaksa untuk minum. Kalau sudah minum biasanya akan muntah. Saat itu Anda harus siap pakan yang berbentuk pakan basah yang sudah di campur air jamu 2. Jika babi menolak makan, Anda harus segera memaksanya makan pakan tadi, misalnya di cekok / di suap langsung ke mulut ternak babi. Pemberian rutin pagi dan sore selama 3 - 5 hari berturut turut.

Untuk ternak babi yang sehat, pemberian jamu 1 dan jamu 2 di campur air 5 liter untuk minumannya. Pemberian rutin sehari 2 kali selama 3 hari berturut turut.


Lakukan proses penyemprotan kandang / ternak babi sekaligus pemberian jamu herbal tradisional tersebut secara rutin beberapa hasri sekali untuk mencegah ternak babi Anda terkena wabah ASF.

Meskipun tingkat keberhasilan tindakan pencegahan ini belum langsung menjamin 100% babi Anda bebas resiko ASF, KARENA sistem beternak, iklim daerah dan pengalaman setiap peternak pasti berbeda beda. TETAPI dengan kegiatan rutin perlakuan teraphy tradisional ini, TERBUKTI mampu mencegah babi terkena dampak wabah virus ASF.

Resep ini sudah berhasil di beberapa rekan peternak babi kami yang ada di beberapa daerah rawan virus ASF, dengan hasil ternyata ternak babi mereka yang sehat dan tetap kuat nafsu makannya meskipun kandang babi di sebelahnya sudah tertular penyakit ASF. Resep jamu diatas akan lebih ampuh jika ditambah vitamin dan probiotik untuk ternak babi.

Khusus untuk babi yang mati karena penyakit ASF, sebaiknya dimasukkan ke dalam kantong dan harus segera dikubur oleh agar mecegah penularan. Langkah lebih teliti adalah dengan menyemprot karung yang membungkus bangkai babi itu dengan penyemprot kandang tadi. Setelah di kuburkan, sebaiknya juga lakukan penyemprotan di atas tanah. Jangan di bakar, karena asap pembakaran bisa membawa penularan pada ternak babi lain.

Berbeda jika babi mati karena sakit CSF (Classical Swine Fever) yang memang sebaiknya di bakar.


Untuk mendukung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh tiap ekor babi sekaligus meningkatkan nafsu makan ternak babi per ekor per hari sehingga mampu memacu percepatan tumbuh juga program penggemukan tiap ekor babi agar bisa di panen secara cepat , mungkin sebaiknya Sudah Saatnya Memberikan Nutrisi Vitamin (+) Hormon Pemacu khusus babi yaitu Paket Lengkap Vitamin Babi.

Vitamin organik khusus ternak babi ini di campurkan pakan atau air minum, sangat Aman,  Sehingga Sangat Tidak Beresiko bagi babi, tidak seperti pada pemberian vitamin suntik yang jika pemberiannya melebihi dosis atau tidak sesuai umur babi, dan jika tubuh babi tidak kuat, biasanya menimbulkan efek babi kehilangan nafsu makan - babi mencret - babi demam - dsb.

Oleh sebab itulah, Sangat Disarankan untuk memberikan vitamin babi yang Aman, Sehat, Organik Herbal dan Berkhasiat Ampuh ini pada setiap ekor ternak babi Anda !

Semoga Bermanfaat dan Salam Sukses Satu Usaha Ternak Babi !

=======================================================================

PEMESANAN Paket Lengkap Vitamin Babi / Diskusi Ternak Babi Sukses / Pendampingan Proses Beternak Babi Di Alamat Anda , segera hubungi :

  • Nama                :  Agus Setiawan
  • No HP/WA        :  0822 2151 6031

NB  :  DAPATKAN Buku Panduan Lengkap "Rahasia Ternak Babi 5 Bulan Panen (Super Lengkap)" Untuk setiap pembelian Minimal 2 Paket Lengkap Vitamin Babi

=======================================================================

#agussetiawantv #virusbabi #virusbabiafrika #virusbabimenyerang #virusasf#peternakbabi #vitaminbabi #paketlengkapvitaminbabi  #penyakitbabi #penyakitbabibali #babicepatbesar #pakanbabi #babicepatgemuk #penggemukanbabi #penyakitbabilendres

Channel Youtube



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencegah Penyakit ASF Pada Babi (SUDAH TERBUKTI AMPUH)"

Posting Komentar