hiderblog

hiderblog

Cara Menanam Dan Merawat Bibit Durian Agar Subur Cepat Berbuah Yang Berbuah Lebat Terus

 Salam Satu Hobi Pecinta Tanaman Buah Durian !!

  Saat ini banyak sekali keluhan dari orang-orang yang membeli bibit durian dari berbagai pembibit kalau bibit durian yang di belinya belum tumbuh subur, belum berbuah, dll ...!

Banyak juga pemilik pohon durian yang mengeluhkan pohon duriannya lama berbuah, berbuah sangat sedikit, kurang tumbuh subur, dsb ... !


Memang setiap budidaya tanaman buah yang Kita lakukan entah di lahan kebun atau di pekarangan rumah atau di dalam pot itu selalu ada kendala yang membuat produktifitas berbuah ataupun tingkat kesuburan pohon durian berkurang. Tetapi, segala kendala itu dapat diatasi ataupun dicegah sejak awal sehingga bisa mendapatkan buah durian yang besar dan lebat untuk di panen. 

Sebelum memulai proses penanaman dan perawatan pohon durian yang baik, harusnya Kita wajib melihat dan memilih bibit durian yang benar-benar berkualitas, benar-benar produktif seperti indukannya, benar-benar asli, dsb ...!!

Bibit Durian Unggul Ukuran 2 Meter Up

  Tahap awal setelah Anda menemukan bibit durian yang menurut Anda itu bibit yang bagus, maka segera lakukan proses penanaman dan olah lahan tanam durian. Dan ini juga yang selalu Kami berikan penjelasan pada setiap konsumen yang membeli bibit durian pada Kami dan juga konsumen pupuk buah durian pada Kami. Langkah awal adalah menyiapkan lobang tanam dan proses pemupukan lobang tanam / lahan tanam durian agar durian tumbuh subur.


Langkah Membuat Lobang Tanam Yang Subur Dan Sehat

  Dalam membuat lobang tanam ini sebaiknya Kita perhatikan dulu kondisi tanah lahan yang akan Kita tanami, hitung kadar air, kelembaban, ketinggian dan juga PH tanah.  Setelah Kita menentukan dimana akan membuat lobang tanam bibit durian tersebut, Langkah selanjutnya adalah membuat jarak tanam durian yang ideal dan baik.  Durian adalah pohon yang memiliki masa produktif yang sangat panjang yaitu sekitar 45 tahun. Oleh karena itu, Kita bisa membuat jarak tanam antar pohon durian dengan ukuran minimal 10 meter. Agar ke depan Kita tidak terlalu sering melakukan pemangkasan samping dan agar sinar matahari juga mampu menyinari tanah yang tujuannya adalah menjaga kesehatan juga kesuburan tanah.

Selain itu, manfaat lain jarak penanaman durian yang 10 meter tersebut juga bisa dimanfaatkan dengan menanami pohon buah lain ataupun pohon lain di sela-sela dua pohon durian atau di jarak 5 meter, sehingga Kita mendapatkan hasil dari budidaya 2 pohon sekaligus (tumpang sari).


 Lobangi tanah yang dianggap cocok menanam durian dengan ukuran panjang 60 Cm x Lebar 60 Cm atau 80 Cm x 80 Cm, dan dengan kedalaman lobang -/+ 80 Cm sampai 1 Meter. Atau Menyesuaikan dengan bibit durian yang Anda tanam.

 Aduk tanah hasil galian tadi dengan 5 sdm NPK + 20 sdm dolomit + 5 sdm UREA dan kocor dengan air sebanyak 1 - 1,5 liter yang sudah tercampur 5 sdm SUPERNASA. Kemudian di aduk sampai merata. Lalu masukkan campuran tadi ke dalam bagian bawah lobang tanam yang sudah Kita buat tadi.

Contoh : Jika Kita membuat lobang tanam sedalam 1 meter, sebaiknya tanah bagian dasar lobang tanam yang kita masukan tadi sebanyak 20 - 25 Cm sehingga sisa lobang tanam masih 75 - 80 Cm. 

 Kemudian diamkan dulu selama beberapa waktu, misal 1 - 5 hari. Sembari Kita membersihkan gulma dan rumput yang mengganggu di sekitar lobang tanam tadi.


Cara Menanam Bibit Durian Dalam Lobang Tanam

Setelah lobang tanam yang Kita persiapkan tadi siap, langkah selanjutnya adalah membuka bagor / karung / planterbag yang membungkus tanah dan akar bibit durian yang akan ditanam. Usahakan jangan sampai merusak tanah aslinya.

Masukkan bibit durian tadi ke dalam lobang tanam yang sudah Kita persiapkan sebelumnya. Pastikan di posisi tengah-tengah lobang tanam dan posisi tidak miring. Arahkan daun yang condong mengarah ke matahari untuk menghadap ke arah matahari terbit.

Selanjutnya adalah memasukkan tanah sisa galian yang sudah kita campur dengan Pupuk NPK (16:16:16) + UREA + DOLOMIT + SUPERNASA tadi ke dalam lobang tanam hingga menutupi seluruh permukaan tanah. Akan lebih bagus jika sampai membuat gundukan dengan ketinggian sekitar 5 Cm dari permukaan tanah.

Cara Menanam Bibit Durian Yang Baik

Lakukan pembersihan rumput dan gulam di sekeliling batang pohon durian tumbuh dengan model lingkaran sepanjang 1 meter atau sampai daun terluar pohon durian.  Akan lebih bagus jika di pembatas antara lingkaran luar lobang tanam bibit tadi dengan tanah luar itu di beli lobang sekitar 5 - 10 cm dengan lebar sekitar 10 - 15 cm. Gunanya adalah kalau musim hujan atau musim banjir, pupuk yang sudah Kita berikan pada bibit durian tadi tidak hilang di terjang air hujan dan juga membantu untuk proses penyiangan gulma dan rumput pada saat nanti  perawatan pohon durian.


Lakukan penyiraman tiap pagi - sore secukupnya. Sebaiknya dilakukan selama 10 hari pertama sejak penanaman awal.

Penyiraman akan dilakukan lebih rutin saat durian mulai berbunga dan mulai berbuah.


Cara Merawat Durian Agar Cepat Berbuah

- Setelah 20 - 25 hari pohon durian di tanam di lahan, segera lakukan pemupukan dengan pupuk buah organik terbaik khusus untuk pohon durian, yaitu POWER NUTRITION

  Pupuk POWER NUTRITION ini pupuk organik khusus buah yang sudah terbukti hasilnya mampu merangsang pembungaan dan pembuahan tanaman buah durian. Dosis pemupukan pupuk POWER NUTRITION ini adalah 5 - 6 sendok makan (sdm) di larutkan dalam 1 liter air. Kemudian siarmkan merata mengelilingi pohon durian yang dimulai dari ujung batang tanaman durian tumbuh sampai daun terluar tanaman durian. 

  Semakin muda umur pohon durian sebaiknya semakin rutin dilakukan pemupukan POWER NUTRITION ini, tujuannya adalah agar semakin memperpanjang masa produktif berbuah pohon durian hingga bertahun-tahun ke depan seiring bertambah umur durian yang biasanya menurun tingkat produktifitas berbuahnya. Nah, untuk mecegah kondisi penurunan produktifitas itulah manfaat lain dari pemupukan pupuk organik khusus buah POWER NUTRITION ini diberikan sejak umur pohon durian masih muda.


- Pemangkasan terhadap tunas-tunas air, cabang, dan ranting yang sudah mati, terserang hama penyakit, atau ranting-ranting yang tidak terkena sinar matahari juga perlu dilakukan secara rutin supaya tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan pohon durian. Ketika pohon durian telah mencapai ketinggian tertentu yaitu sekitar 4 - 5 m, pucuk tanaman durian sebaiknya mulai dipangkas.


- Setelah tanaman berumur 40 - 45 hari setelah tanam bibit durian, lakukan pengocoran / penyiraman pempukan dengan menggunakan Pupuk organik penyubur tanah yaitu SUPERNASA dan pupuk organik khusu buah yaitu POWER NUTRITION.

Dosis pemupukan ke dua ini adalah

  • Air bersih : 5 liter
  • SUPERNASA : 5 - 6 sdm
  • POWER NUTRITION : 5 - 6 sdm
  • NPK 16 -16 -16 : 5 sdm
  • Dolomit : 15 - 20 sdm
  • KCL : 2 sdm
  • UREA : 5 sdm

Masukkan semua pupuk di atas ke dalam air 5 liter, di aduk sampai merata dan benar-benar larut.

Untuk cara pemberiannya / pemupukannya bisa dilakukan dengan 2 cara , yaitu :

  1. Langsung siramkan secara merata memutar mengelilingi pohon durian tumbuh yang dimulai dari pangkal batang pohon durian tumbuh sampai daun terluar.
  2. Ambil air baru dengan ember baru sebanyak 1 - 2 liter. Lalu ambil larutan pupuk tadi sebanyak 400 - 500 ml kemudian campurkan ke dalam air baru yang sudah di ambil tadi. Aduk merata sampai benar-benar merata. Kemudian siramkan secara merata memutar mengelilingi pohon durian tumbuh yang dimulai dari pangkal batang pohon durian tumbuh sampai daun terluar. Lakukan cara yang sama untuk setiap pohon durian yang akan dilakukan pemupukan.
Pemupukan selanjutnya di lakukan setiap 25 hari sekali dengan cara dan dosis yang sama. Untuk hasil yang maksimal hingga tahun-tahun depan, sebaiknya pemupukan dilakukan sampai tanaman durian berumur 3 bulan setelah tanam. Kemudian berhenti memupuk selama 1 tahun. Lanjut pemupukan di tahun ke dua dan cukup 2 - 5 kali pemupukan saja.

- Untuk membuat tanaman lebih subur dan membuat tanaman durian semakin rajin berbuah hingga mencgah terjadinya penurunan produktivitas berbuah di masa tanaman semakin berumur , sebaiknya di lakukan penyemprotan dengan menggunakan pupuk cair organik terbaik yaitu POC NASA sekaligus pemberian hormon pemacu buah yang baik yaitu PPT HORMONIK. 

Dosis penyemprotan pohon durian dengan pupuk cair adalah :
  • Air 16 liter atau 1 tangki semprot 
  • 5 tutup botol POC NASA
  • 4 tutup botol HORMONIK
Aduk merata dan kemudian semprotkan merata mulai dari ujung batang tumbuh lalu ke atas sampai kepada daun paling atas atau sampai kemampuan maksimal tangki penyemprot yang Anda gunakan. Penyemprotan sebaiknya lebih mengutamakan bagian belakang daun. Karena proses fotosintesa terjadi di bagian belakang daun dan mulut daun terletak di bagian belakang daun.
Lakukan penyemprotan setiap 20 hari sekali sampai sekitar 2 bulan pertama setelah tanam. Lalu dilakukan lagi setelah 4 bulan kemudian dengan penyemprotan 2 kali sebulan. Selanjutnya penyemprotan lagi setelah 4 bulan lagi dengan dosis yang sama.

  Dengan cara menanam dan pemupukan menggunakan pupuk buah Kami ini, sudah banyak terbukti pohon durian pendek tapi sudah berbuah lebat.

Kini, Sudah Saatnya Anda Mendapatkan Bibit Durian Berkualitas Dan Mendapatkan Hasil Buah Durian Yang Lebat Seperti Harapan Anda !!
Kami Siap Membantu Anda !!!

  Demikian ulasan singkat Kami tentang cara menanam bibit durian dan cara merawat pohon durian agar selalu tumbuh subur dan selalu produktif berbuah juga mampu berbuah lebat sampai bertahun-tahun.

Semangat Sukses Dan Semangat Mencoba !!

=======================================================================
Untuk PEMESANAN Bibit Durian Asli Unggulan Berkualitas  dan PEMESANAN Paket Pupuk Organik Terbaik Untuk Pohon Durian Anda , Silahkan Hubungi :
  • Nama      :  Agus Setiawan
  • No. Hp/WA  :  0822 2151 6031
=======================================================================

NB :  Dapatkan Petunjuk Pemberian Pemupukan Lengkap Yang Diberikan Gratis Pada Setiap Pemesan Pupuk Buah Durian

#bibitdurian #bibitduriandongkelan #paketlengkappupukdurian #carabudidayadurian #agarduriancepatberbuah #agardurianberbuahlebat #caramenanamdurian #griyabibitunggulnusantara #agussetiawantv #jualbibitdurian #jualbibitdurianmusangking #jualbibitduriandongkelan


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menanam Dan Merawat Bibit Durian Agar Subur Cepat Berbuah Yang Berbuah Lebat Terus"

Posting Komentar