hiderblog

hiderblog

Cara Ternak Babi Yang Mudah Dan Menguntungkan, Ilmu Ternak Babi

Salam Satu Hobi Dan Satu Usaha Ternak Babi !!!


  Banyak dulur-dulur pemilik ternak babi yang bertanya , “Bagaimana Sih Caranya Beternak Babi Yang Cepat Besar dan Bisa Cepat Gemuk itu ?!”

 Ada juga beberapa yang bertanya , “Kok Babimu Bisa Cepat Besar Ya, Tapi Kenapa Kok Babiku Kayaknya Lama Banget Sih Besarnya , Padahal Tiap Hari Babiku Di Beri Pakan Yang Bagus dan Mahal ?!”


  Ada pula sahabat peternak babi yang chat WA ke KAMI , “Apa Caramu Beternak Babi Itu Bisa Juga Di Pakai Untuk Babi Lokal Kampung Yang Hitam ?!”

 Dan masih banyak lagi bahan diskusi yang dulur-dulur sahabat peternak babi itu chat / telepon KAMI soal beternak babi. 


  Sebenarnya ada banyak cara ternak babi yang bisa ANDA lakukan sendiri sesuai dengan kondisi lingkungan , daerah , jenis babi, kemampuan dan pengalaman ANDA. Akan lain ceritanya jika ANDA adalah peternak babi pemula yang baru memulai usaha ternak babi, mungkin sebaiknya ANDA memulai dari ternak babi kecil / yang sederhana dulu.

“Lalu bagaimana 
cara beternak babi yang baik dan menguntungkan itu?!”


Yuuk , KITA coba ulas mulai dari awal sampai ke hal detilnya, tapi tetap dengan cara yang mudah di pahami dan bisa dilakukan oleh semua orang.

1. Persiapan Kandang Ternak Babi

  ANDA pasti tahu, kalau babi bukan tergolong sebagai hewan ternak kecil seperti ayam , bebek atau hewan unggas lain. Ukurannya memang tidak sebesar sapi, melainkan rata-rata hampir sama seperti kambing , oleh sebab itu harus diberikan kandang yang besarnya cukup untuk bergerak ataupun untuk beraktivitas. Salah satu cara di dalam beternak babi adalah dengan mempersiapkan lahannya terlebih dahulu.


“Apakah ANDA Sudah Mempunyai Lahan Yang Cukup Untuk Dijadikan Kandang?”


  M
inimal ada sebuah lahan kosong di belakang rumah Anda , mungkin di samping rumah atau bahkan ANDA bisa menyewa lahan utnuk kandang babi. Idealnya memang jarak kandang babi dengan rumah utama atau dari rumah penduduk sekitar itu minimal 700 meter - 1000 meter. Sebab utamanya adalah untuk menjauhkan lingkungan setempat agar  tidak teramat bau dan kotor (itu terjadi jika kandang dan ternak babi tidak di beri vitamin bab.

Sebab jika diberi beri vitamin babi pasti kandang tidak akan bau (Nanti kita bahas tentang itu di bawah).


  Kegiatan beternak juga harus bisa menjaga diri dari lingkungan sekitar supaya tidak mengganggu warga sekitar. Karena kadang saat babi berteriak teriak, suaranya sangat keras dan bisa mencapai radius 300 - 500 meter.

Usahakan juga lahan kandang babi dekat dengan akses air yang lancar dan akan lebih bagus jika dekat dengan sungai. Sebab babi termasuk hewan ternak yang tidak suka suhu udara panas , makanya meereka sering membasahi tubuh mereka dengan air.

SARAN KAMI :

  Pastikan pemilihan lokasi kandang babi ANDA sudah meliputi semua faktor di atas. Agar kegiatan beternak babi tidak terganggu dan masyarakat di lingkungan sekitar kandang babi juga tidak terganggu.

2. Pembuatan Kandang Babi Yang Baik

  Kalau ANDA sudah memiliki lahan yang menurut ANDA bagus dan cocok, maka sabaiknya segera  membuatkan kandang. Buatlah kandang babi sebaik mungkin dan sesteril mungkin. Baik berarti ANDA sudah mempergunakan material kuat sehingga aman untuk babi ternakan ANDA.

Kandang babi yang baik adalah kandang babi yang memiliki saluran air yang tak terbatas. Maksudnya adalah lokasi kandang babi memiliki pasokan air yang melimpah karena manfaat air ini akan sangat gunanya dalam menjaga kesehatan kandang babi dan juga memandikan babi atau proses beternak babi nantinya.

  J
angan lupa untuk memberikan alas atau atap supaya menghindarkan babi dari paparan sinar matahari atau hujan. Usahakan ada sirkulasi udara yang baik. Dan apabila Anda ada sedikit modal, mungkin Anda bisa membuat 2 jenis tipe kandang yaitu Kandang untuk induk babi dengan anaknya & Kandang khusus pembesaran penggemukan ternak babi.
Lalu buatlah lantai kandang agak miring agar aliran air dapat turun mengalir dengan sempurna dan agar kebersihan kandang juga terjamin.

  U
sahakan berikan lampu penerangan yang baik di dalam kandang babi. Tujuannya adalah untuk menjaga suhu kandang babi / menjaga suhu babi agar tetap hangat di saat suhu malam hari yang dingin. Utamakan khusus untuk kandang babi indukan dan anakannya selalu tersedia lampu dengan watt yang besar atau m,ungkin jumlah lampu yang banyak.

Akan Tetapi , Jika kandang babi ANDA tidak ada lampu penerangan di malam hari , sebaiknya ANDA lakukan pembakaran kayu di 4 – 6 titik diluar kandang babi ANDA di setiap malam saat udara malam terlalu dingin dan lembab.

  Bagi beberapa peternak babi yang sudah modern atau sudah sukses, biasanya didalam kandang babi di berikan 2 alat tambahan, yaitu Pemanas Ruangan dan Kipas Angin / Pendingin Ruangan. Manfaatnya adalah untuk menjaga suhu kandang dan suhu tubuh ternak babi. Karena jika siang hari suhu udara dalam kandang terlalu panas, maka babi pasti tidak akan mau makan pakan apapun yang Kita berikan. Mereka kehilangan nafsu makan karena kepanasan.

  Jika ANDA belum memiliki modal yang cukup untuk memiliki kandang babi yang baik, ANDA juga bisa lakukan pemeliharaan babi dengan cara teralis besi per ekor babi. Dibuat dari besi berbentuk kotak seperti kerangkeng dengan ukuran P = 1,2 Meter - 1,5 Meter dan L = 60 - 80 Cm dan Tinggi sekitar 40 Cm - 70 Cm.


Jangan Lupa berikan akses kepala babi keluar masuk untuk makan dan minum.

SARAN KAMI :
  S
ebaiknya buat kandang sederhana sesuai kemampuan finansial ANDA dan usahakan kandang terbuka dengan memiliki sirkulasi udara yang baik. Akan lebih baik jika di sekitaran kandang babi tersebut ANDA tanami dengan berbagai macam tanaman budidaya, misal kangkung, bayam, jagung, dll


3. Pembuatan Saluran Kotoran

  Ini yang paling penting dari proses pembuatan kandang dan proses beternak babi, yaitu saluran limbah kotoran babi dan saluran limbah sisa pakan babi.
Jika anda membuat sebuah kandang, jangan lupa untuk membuatkan serta aliran untuk buangan kotoran. Sebaiknya sediakan kolam khusus atau bak khusus untuk pembuangan limbah babi ini, jangan sampai Anda membuangnya ke suangai atau ke pekarangan milik tetangga.

Limbah kotoran babi bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kandang dan biogas. Sedangkan limbah sisa pakan bisa dimanfaatkan menjadi pakan ternak lain. Jadi tidak ada limbah yang terbuang percuma.

SARAN KAMI :
  S
ebaiknya Anda membuat 2 kolam limbah, yang 1 kolam ada penutupnya dan yang 1 kolam terbuka. Khusus kolam yang ada penutupnya adalah untuk kolam limbah kotoran ternak babi. Saat limbah kotoran ternak babi itu masuk ke dalam kolam penampungan tertutup tadi, ada 2 hal yang bisa Anda lakukan, yaitu ;

  • Membuat Jadi Pupuk Kandang Yang Bagus

  Jika Anda ingin membuat limbah kotoran babi ini jadi pupuk kandang, sebaiknya dalam kolam limbah kotoran tadi Anda juga masukkan larutan Dekomposer , dolomit dan cacahan dedaunan hijau.

Meski dari segi kualitas pupuk, memang harus diakui bahwa kualitas pupuk kandang kotoran babi belum sebagus pupuk kandang kotoran sapi, tapi sudah banyak yang membuktikan bahwa pupuk dari kotoran babi ternyata juga mampu menyuburkan tanah lahan perkebunan yang dimiliki oleh peternak babi.

  • Membuat Jadi Biogas Untuk Bahan Bakar Kompos Gas

  Jika ANDA berkeinginan membuat limbah kotoran babi jadi biogas, maka sebaiknya ANDA siapkan pipa besar dan panjang di dalam kolam limbah yang gunanya adalah untuk saluran penampungan gas yang keluar dari limbah kotoran untuk dialirkan ke dalam selang / kabel menuju kompor gas.

  • Mengolah Limbah Pakan Menjadi Pakan Bebek Pedaging / Petelur

  Lalu untuk kolam terbuka, biasanya digunakan untuk limbah pembuangan sisa pakan ternak babi yang tidak habis dimakan oleh babi. Didalam kolam limbah pakan ini bisa Anda gunakan untuk ternak bebek pedaging atau bebek petelur yang di;epas dalam kandang.

Setiap ekor ternak Bebek akan memakan sisa pakan babi yang dialirkan ke kandangnya tersebut yaitu kolam pembuangan limbah pakan babi.

Nah dari usaha peternakan ini,  ANDA akan memiliki 2 penghasilan sekaligus dari usaha beternak ANDA.

 

4. Pemilihan Bibit Babi yang Sehat dan Produktif 

  Berdasarkan pengalaman KAMI, salah satu kunci sukses usaha ternak babi adalah memilih / memiliki bibit babi yang baik, sehat dan berkualitas unggul. Keberhasilan di dalam usaha ternak babi adalah juga sangat tergantung kepada pemeliharaan induk dan pejantan yang memiliki sifat-sifat baik. Oleh karena itulah,  para peternak yang baik, tentu saja akan selalu mengadakan seleksi terhadap ternaknya.

Seleksi disini berarti memilih hewan ternak babi yang bernilai tinggi, yakni memilih babi-babi yang menguntungkan.

  Cara Kami memilih / menyeleksi bibit babi yang baik melalui beberapa klasifikasi tertentu yang mungkin bisa jadi refrensi tambahan buat ANDA. Dan bibit babi yang baik biasanya dihasilkan dari keturunan babi dewasa yang juga produktif dan unggul. 

Untuk memilih ternak babi yang hendak dijadikan bibit, biasa dilakukan dengan berbagai cara, yakni atas dasar :

1. Pemilihan Individu Per Ekor

2. Pemilihan Atas Hasi Produksi.

3. Pemilihan Berdasarkan Silsilah atau Sejarah.

1. Pemilihan Individu Per Ekor

Pemilihan individu ini diutamakan pada:

A) Kesehatan

  Babi yang hendak dijadikan bibit harus betul-betul kuat dan sehat. Tanda-tanda babi yang sehat adalah sebagai berikut :

  • Nafsu makan baik dan normal.
  • Pertumbuhan baik, cepat menjadi besar.
  • Kulit tubuh dan kepala berbulu halus dan sedikit lembab
  • Lincah, Gesit dan bersuara nyaring
  • Kotoran yang tidak terlalu keras atau encer.
  • Air kencing keluar terputus-putus (Pejantan).
  • Ekor melingkar

B) Kesuburan dan Sifat Keibuan

  • Babi induk yang subur Induk yang subur ialah induk yang pada setiap kali birahi mampu memproduksi atau mengovulasikan sel telur dalam jumlah besar, yaitu sekitar 14 – 18 buah.

Dan sejumlah besar di antaranya bisa ditunasi, sehingga pada saat induk itu melahirkan jumlah anaknya pun cukup banyak. Dan induk yang subur ini pada umumnya memiliki intensitas beranak yang cukup baik, minimal dua kali beranak dalam waktu 1 tahun.

  • Sifat keibuan Adalah induk-induk yang pandai merawat anak-anaknya da produksi air susu pun banyak, sehingga mereka selalu siap menyusui anaknya dengan rajin. Hal ini sama sekali berbeda dengan induk-induk yang memiliki sifat buas, mereka pasti akan selalu memusuhi anak-anaknya dan bahkan kurang mengerti terhadap anak-anaknya yang tertindih. Jadi induk-induk yang baik bukan saja mereka yang bias menghasilkan anak banyak, melainkan juga induk-induk yang mampu memproduksi air susu yang cukup tinggi dan bias merawat anak-anaknya dengan baik.

Sebab induk yang produksi susunya sedikit, anak-anaknya pasti banyak yang mati kelaparan. Demikian pula bagi induk yang tak memiliki sifat keibuan, maka anak-anak asuhannya pun pasti akan banyak yang mati akibat tertindih atau terlantar.

Demikian kedua faktor diatas ini betul-betul sangat penting di dalam seleksi memilih bakalan ternak babi yang bagus untuk di ternakkan.

Walaupun jumlah anak yang dilahirkan itu bias dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti umur induk, kondisi induk waktu kawin serta pejantan yang dipakai, namun setiap individu secara alamiah memiliki tingkat kesuburan dan sifat keibuan yang berbeda-beda.


2. Pemilihan Atas Hasil Produksi

  Seleksi yang didasarkan atas hasil produksi ini sangat erat hubungannya dengan kesuburan dan sifat keibuan induk babi. Sebab pemilihan bibit ini ditujukan terhadap hasil produksi keturunan.

Adapun hasil keturunan yang dimaksud antara lain ialah :

  • Jumlah dan berat anak pada setiap kelahiran hendaknya merata, tidak ada yang terlalu kecil ataupun terlalu besar. Sedangkan berat anak babi waktu lahir yang akan dijadikan bibit rata-rata 1,5 Kg – 2,5 Kg dengan jumlah anak yang dilahirkan rata-rata 12 - 14 ekor.
  • Angka kematian sampai pada penyapihan rendah. Jumlah anak yang bisa dipelihara sampai umur 3 minggu sekitar 10 - 12 ekor, sedangkan sampai dengan disapih pada umru 6 - 8 minggu : 9 - 5 ekor.

Tetapi umur penyapihan bisa lebih singkat dan berbeda-beda karena sesuai dengan pengalaman dan teknik beternak setiap peternak babi. Misalnya di peternakan babi KAMI, penyapihan dimulai sejak umur 25 hari harus sudah lepas susu indukan.

Angka kematian bibit babi juga pasti berbeda-beda karena dipengaruhi oleh cara beternak dan juga kondisi / kualitas kandang yang dimiliki oleh setiap peternak babi.

Jadi angka kematian bibit babi diatas belum bisa menjadi pathokan dasar.

1. Umur 3 minggu mencapai berat 6 - 10 kg

2. Umur 6 minggu berat kisaran 12 - 24 kg.

3. Umur 4 - 8 bulan mencapai >100 kg (dipotong).

C) Temperamen Induk Babi

  Indukan babi yang temperamennya selalu berubah rubah dan terkesan nakal sebaiknya langsung di afkir atau di jual saja , misalnya ternak babi buas, suka nervous dan sering mengganggu kawanan lainnya.

D) Bentuk Tubuh Luar Yang Baik & Halus 

i.  Babi Induk Yang Baik / Babi Betina Yang Potensial :

  • Kepala : Besarnya sedang, rahang ringan.
  • Tubuh : Panjang, pada punggun agak berbentuk busur dan kuat
  • Bahu : Lebar dan rata dengan punggung
  • Perut : Bila dipegang lunak, halus
  • Jumlah putting : Cukup banyak, 12 - 14 buah dan letaknya simetris, genap.
  • Kaki : Kaki kuat, lurus, tumit kuat, kuku rapat, simetris dan kuat
  • Ham (paha) : tebal, lebar - Ekor : melingkar (menunjukkan babi yang sehat)

ii.  Babi Jantan

  • Kepala : Ringan.
  • Pandangan : Tajam.
  • Tubuh : Panjang, pada punggung agak melengkung dan kuat.
  • Bahu : Lebar, dalam dan rata dengan punggung.
  • Kaki : Kuat, lebih-lebih kaki belakang, dengan tumit yang kuat.
  • Kuku : Rapat, simetris, bersih.
  • Testes : Besarnya sama, simetris.
  • Jumlah Putting : cukup banyak, 12-14 buah dan genap.
  • Perut : Bagian bawah rata.
  • Temperamen : Agresif, bersemangat.

3. Pemilihan Berdasarkan Silsilah / Keturunan / Sejarah

  Babi yang akan dipakai sebagai bibit harus diketahui jenis atau bangsa serta tipenya. Pemilihan terhadap suatu bangsa babi atau strain yang hendak diternakkan tentu saja tergantung pada kesenangan peternak dan lingkungan di mana bangsa tersebut sudah banyak diternakkan. Dan selanjutnya untuk mengetahui bangsa babi tersebut termasuk tipe pedaging atau spek, bisa diamati pada bentuk luarnya.

4. Vaksinasi

  Langkah vaksinasi termasuk bagian dari salah satu cara penting yang harus anda lakukan. Minimal babi harus di vaksin satu kali dalam sebulan, guna menghindarkan dari serangan penyakit atau virus berbahaya yang mungkin saja mematikan. 

Lakukan pemberian vaksin babi pada anak babi mulai di umur 5 hari setelah lahir. Dan dilakukan vaksinasi lagi setelah umur 2 - 3 bulan.

  Biasanya vaksin untuk anak babi adalah vaksin HC 1 dan HC 2. Bisa juga vaksin lain sesuai dengan pengalaman peternak dan juga anjuran dokter hewan kenalan Anda.

  ANDA juga bisa memberikan probiotik alami kekebalan tubuh ternak babi sejak dini yang berbahan dasar dari rempah – rempah alam yang ada di dapur rumah ANDA dan sekaligus memberikan VitaminBabi yang Terbaik yaitu VITERNA pada setiap ekor anakan babi ANDA dan juga Indukan babi.

 

5. Memberi Pakan Ternak Babi Yang Baik Dan Benar

  Ada banyak jenis pakan bagus di pasaran , misalnya pakan pabrik yaitu konsentrat 551 , 552 – 554 , DLL. Tetapi masalahnya adalah harga pakan pabrikan tersebut di berbagai daerah terbilang mahal dan boros untuk bisa untung besar atau setidaknya BEP dalam hasil penjualan ternak babinya / panen babi.

 

“Lalu , Apakah Pakan Itu Penting Bagi Babi atau Jadi Pakan Pokok Untuk Babi ?!”

  Jika dikatakan penting atau pakan pokok , sebenarnya tidak pokok juga, tapi jika dikatakan apakah dibutuhkan , bisa dikatakan sebenarnya pakan pabrik tersebut juga dibutuhkan sebagai penyeimbang pakan atau variasi pakan babi. 

Tujuannya adalah agar membuat tiap ekor ternak babi tidak bosan pada makanannya dimana hal itu akan membuat ternak babi malas makan / kehilangan nafsu makan.


Ibaratnya , Jika ANDA ingin beternak babi dengan mendapatkan keuntungan lebih , sebaiknya ANDA menggunakan pakan tersebut sebagai pakan variasi yang memang harus tetap ada di dalam kandang babi dan untuk yang di jadikan sebagai bahan pakan pokok adalah pakan seadanya yang sekiranya dulur-dulur mudah dan murah dapatkan di daerah sekitar dulur-dulur beternak.


  Nah, Untuk menyiasati hal tersebut, mungkin dulur-dulur peternak bisa menggunakan bahan pakan yang murah dan sederhana yang sangat mungkin mudah didapatkan di setiap daerah dulur-dulur peternak babi, misalnya :

  • Ampas Tahu
  • Nasi Sisa Dapur Rumah Kita Atau Sisa Rumah Makan
  • Sisa Buah – Buahan Dari Pasar atau Dari Pedagang Buah
  • Sisa Sayuran Hijau Dari Pasar atau Dari Lahan Pekarangan Sendiri
  • Tepung Ikan atau Roti Hampir Kadaluarsa
  • Dedak Padi atau Biji Jagung / Dedak Jagung
  • VITERNA
  • Penambah Rasa misal Micin
  • Bahan Makanan Lain Yang Mudah Didapatkan Di Sekitar ANDA

  Bahan Makanan ternak babi di atas sangat bagus dan mampu membuat setiap ekor ternak babi lahap makan dan cepat besar jika pengolahannya bagus dan sesuai keinginan ternak babi.

Dan Bahan Pakan Diatas sudah banyak dibuktikan dan selalu dipakai oleh dulur-dulur peternak babi, dan salah satunya adalah KAMI sendiri.

Bahan Pakan Lain Yang Mungkin Bisa ANDA Berikan , Setidaknya Mengandung Beberapa faktor seperti berikut ini : 

A. Berikan makanan rendah serat. 

  Untuk mencerna serat, dibutuhkan lebih banyak energi. Ini berarti babi membakar lebih banyak kalori saat mengonsumsi serat dibanding saat ia diberi makanan berserat rendah. Dengan kata lain, diet serat tinggi akan mengurangi jumlah kalori yang disimpan tubuh dan diubah menjadi lemak. Jangan memberinya kulit ari kedelai dan dedak gandum. Jangan pula terlalu sering memberi ternak babi pakan fermentasi batang pidang atau ubi jalar.

B. Berikan Pakan Yang Mengandung Lemak Tinggi.

  Lemak dalam pakan babi berasal dari unggas, babi, lemak, minyak sayur, dan campuran lemak hewani dan nabati. Jenis lemak dalam makanan babi tidak memberi dampak signifikan dalam kenaikan berat badannya. Berikan makanan berlemak tinggi yang disukai babi dan paling murah untuk Anda.

Susu skim, yoghurt, dan produk susu lainnya juga cocok untuk membuat babi lebih gemuk.

Makanan manis dengan kandungan gula tinggi, seperti donat, permen, juga bisa dengan cepat menggemukkan babi.

C. Pilihlah Sumber Protein Terbaik 

  Pakan ternak dari sisa-sisa limbah daging adalah sumber protein yang baik. Bungkil kedelai adalah pilihan lain. Berikan campuran berbagai protein untuk babi. Lihat apa yang paling disukai babi, dan jadikan sebagai sumber protein utamanya.

Kombinasi bungkil kedelai dan jagung memastikan tingkat asam amino yang seimbang pada babi.

Bisa juga ANDA memberikan tepung ikan ataupun bahan pakan mengandung protein tinggi pada ternak babi ANDA misalnya kacang hijau , DLL 

D. Pilih Biji – Bijian Atau Sayuran Terbaik. 

  Apa pun yang Anda pilih, pastikan separuh makanannya adalah jagung kuning. Sisanya bisa berupa campuran jelai, gandum dan sorgum. Berikan biji-bijian berbeda kepada babi dan lihat mana yang paling disukainya. Berikan biji-bijian favorit sebanyak yang ia mau untuk membuatnya gemuk.

  Untuk sayuran hijau, mungkin ANDA bisa mengikuti resep pakan KAMI yaitu sayuran bayam , sayuran kangkung atau sayuran sawi hijau untuk tambahan makan siang babi. Tujuan dari sayuran kering itu adalah untuk kesehatan pencernaan ternak babi dan sekaligus memberikan zat besi yang baik bagi pertumbuhan tubuh babi.

Sangat murah dan sederhana , tapi mampu membuat seekor babi cepat besar dan cepat gemuk karena asupan gizinya seimbang dan bagus.

Kedelai bisa juga Anda jadikan susu kedelai untuk anakan babi / bibit babi yang baru lahir atau dalam proses percepatan penyapihan.

 

F. Tingkatkan Jumlah Porsi Makanannya Dan Waktu Pakannya

  Pertambahan berat badan dihasilkan oleh konsumsi kalori berlebih. Jika babi tidak cukup makan, ia akan kehilangan berat badan. Jika babi mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan untuk mempertahankan berat badan saat ini, bobotnya akan meningkat.


  Tingkatkan asupan gizi saat ANDA meningkatkan jumlah makanannya. Bawalah babi ke dokter hewan atau ahli gizi untuk tes darah dan nutrisi. Dokter hewan juga dapat memberi tahu apakah babi menderita kekurangan nutrisi, dan menyarankan suplemen untuk mengatasi masalah ini.

Nutrisi yang tepat membantu babi menyerap kalori secara efektif.

  Vitamin B12 penting dalam pakan babi. Vitamin ini membantunya makan lebih banyak dan mengurangi stres dan mencegah penyakit. Suntikan vitamin B12 adalah pilihan terbaik. Diskusikan dengan dokter hewan berapa banyak kebutuhan vitaman B12 untuk babi Anda. VITERNA dan HORMONIK Juga sangat bagus untuk memberikan asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan babi per ekor per hari. Sehingga tercipta keseimbangan nutrisi dan lemak sehingga ternak babi akan sehat dari berbagai resiko penyakit dan yang pasti cepat tumbuh besar dan gemuk.

  Waktu pakan bisa ANDA tambahkan menjadi MINIMAL 3 – 4 kali sehari untuk mengejar target bobot panen di umur muda dan sekaligus mengimbangi KHASIAT Pemberian VITERNA & HORMONIK dari KAMI.

 

G. Pemberian Jamu Herbal Tradisional Dari Bumbu Dapur Dan Vitamin Nutrisi Khusus Babi

  Disamping babi membutuhkan segala vitamin dan lemak pakan, ternak babi juga membutuhkan Probiotic untuk menjaga kesehatan pencernaannya, menjaga kekebalan tubuh pada berbagai resiko virus atau penyakit babi, percepatan pertumbuhan dan penggemukan, penghangat badan di udara dingin, dll

  Dan Probiotik terbaik adalah probiotik alami yang KAMI pakai di peternakan babi KAMI yaitu didapatkan dari bahan – bahan tradisional dapur rumah tangga dan juga beberapa bahan ramuan lain, yaitu :

  • Temulawak
  • VITERNA
  • Jahe
  • Bawang Putih
  • Air Sirih / Air Sirsak / Air Jambu Muda
  • Yakult
  • Jeruk Nipis
  • Beberapa Bahan Alami Lain Yang Ada di Dapur ANDA (Resep Lengkap Ada di Buku Rahasia Ternak Babi KAMI)

  Pemberian jamu Herbal Tradisional diatas tadi akan sangat bagus untuk membantu percepatan proses pertumbuhan / pembesaran ternak babi , bahkan juga untuk program penggemukan ternak babi yang tertarget bobot panen di waktu yang singkat.

  Pemberian Jamu Tradisional akan lebih cepat kelihatan hasilnya jika dicampurkan dengan pemberian Paket Lengkap Vitamin Babi KAMI yaitu VITERNA dan Dicampurkan Hormon Pemacu Pertumbuhan Terbaik KAMI yaitu HORMONIK.


Sudah Terbukti Hasilnya di berbagai daerah peternakan babi dan juga kepada berbagai jenis babi yang dimiliki oleh dulur-dulur peternak babi , misalnya ternak babi lokal / babi hitam , babi kampung , babi hutan dan terutama babi pedaging atau babi peranakan.

Catatan :

  • Dosis pemakaian VITERNA & HORMONIK sangat berpengaruh pada kesuksesan usaha ternak babi terutama agar ternak babi sehat, cepat besar dan cepat gemuk berbobot.
  • Waktu pemakaian VITERNA & HORMONIK sangat berpengaruh pada kesuksesan usaha ternak babi terutama agar ternak babi sehat, cepat besar dan cepat gemuk berbobot.
  • Waktu pemakaian VITERNA & HORMONIK sangat berpengaruh pada kesuksesan usaha ternak babi terutama agar ternak babi sehat, cepat besar dan cepat gemuk berbobot.
  • Periode / Interval Waktu  pemakaian VITERNA & HORMONIK sangat berpengaruh pada kesuksesan usaha ternak babi terutama agar ternak babi sehat, cepat besar dan cepat gemuk berbobot.

  Untuk itulah, Pastikan ANDA mendapatkan produk vitamin ternak babi langsung pada peternak babi yang sudah selalu menggunakannya sendiri pada peternakan babi miliknya. BUKAN Hanya sekedar dari Agen atau Penjual yang TANPA MENGETAHUI PERSIS soal ternak babi.

Karena jika ANDA beli dari sekedar Agen atau toko terdekat, dan bukan peternak babi sendiri, biasanya yang terjadi adalah :

  • Mereka hanya asal memberikan dosis umum saja yang tak tahu hasilnya pada ternak babi. 
  • Paket yang di berikan akan berbeda jauh dari yang biasa di gunakan oleh KAMI sendiri dan juga banyak peternak babi
  • Mereka tidak tahu periodik waktu pemberian yang baik untuk ternak babi
  • DLL

Pastikan Anda mendapatkan Paket Vitamin Babi Terbaik dan Buku Rahasia Ternak Babi Yang Baik Hanya dari KAMI.


6. Berikan Paket Lengkap Multivitamin Babi Agar Sehat Dan Cepat Besar

  Anda juga bisa menambahkan lemak atau protein untuk menggemukkan babi. Ada banyak variasi pilihan suplemen lemak dan protein (terkadang disebut suplemen energi) dengan kadar lemak atau protein 30% - 70% atau lebih. Beberapa di antaranya memiliki kandungan protein tinggi dan lemak tinggi, ada juga yang mengandung protein tinggi atau lemak tinggi.

Tentukan target kenaikan berat badan ternak babi yang ANDA inginkan, kemudian tentukan suplemen lemak atau makanan berlemak yang sesuai.


  Kalau Kami menggunakan Paket Lengkap Vitamin Babi yang sudah KAMI tahu betul kualitas dan hasilnya selama bertahun tahun pada kesuksesan usaha ternak babi KAMI Sendiri. Dan mungkin kini saatnya ANDA mencobanya di ternak babi ANDA  dan dapatkan hasil ternak babi yang sangat maksimal pertumbuhannya – kesehatan tubuhnya dan percepatan proses penggemukannya.


“Apa saja Paket Lengkap Vitamin Babi Yang Baik dan Membuat Babi Cepat Besar ?!”

“Lalu, seberapa pentingkah seekor babi di beri Paket Lengkap Vitamin Babi itu ?!”

Jawabannya : "Sangat Penting Banget !!!!" 

  Justru SANGAT DISARANKAN Pemakaian Paket Lengkap Vitamin Pembesaran & Penggemukan Babi ini bagi ternak babi Anda yang ingin Sukses ternak babi.

Alasannya adalah Khasiat, Manfaat, Fungsi, Harga dan Tujuan nya.

Khasiat Paket Lengkap Vitamin Babi ini sudah tidak perlu di pertanyakan lagi, ternak babi KAMI sendiri sebagai BUKTINYA, yaitu :

√ Babi Lebih Cepat Tumbuh Besar

√ Pertumbuhan Badan / Tubuh Babi Sangat Cepat

√ Babi Sangat Sehat dan Kebal Dengan Semua Jenis Penyakit dan Virus Yang Selama Ini Selalu Menyerang Ternak Babi

√ Pertambahan Bobot Babi Sangat Terlihat Per Harinya

√ Nafsu Makan Per Ekor Babi Jadi Sangat Besar dan Selalu Rakus makan berapapun Porsi Pakan Yang Di Berikan

√ KotoranBabi Tidak Berbau = Sehingga Tidak Mengganggu Lingkungan Sekitar Kandang

√ Sterilisasi Pakan dan Kandang Babi

√ Bahan Utama Pembuatan pakan Fermentasi Terbaik Untuk Babi

√ Masih Banyak Banget Manfaat Lain Untuk Babi

(DOSIS / WAKTU PEMBERIAN / RITME PEMBERIAN Paket Lengkap Vitamin Babi Sangat Berpengaruh pada Kesuksesan Proses Pertumbuhan / Perkembangan / Penggemukan Babi)


Tujuan Pemberian Paket Lengkap Vitamin Babi adalah 

√ Agar Babi Bertubuh Padat Berbobot Maksimal

√ Kualitas Daging babi juga lebih bagus / padat 

√ Ternak Babi Sehat dan Memiliki Kekebalan Tubuh Yang Bagus 

√ Kotoran Babi Tidak Terlalu Berbau Menyengat dan Langsung Bisa Menjadi Pupuk Yang Subur Bagi Tanaman

√ Percepatan waktu pemeliharaan agar langsung terjual mahal meski umur babi masih sangat muda tapi sudah sangat gemuk berbobot

√ Dan lain lain


7. Pantau Kesehatan Babi Secara Rutin Dan Antisipasi Penyakit Babi

  Babi yang sakit cenderung hanya makan sedikit. Bahkan, jika ia tetap makan meski dalam keadaan sakit, ia akan kehilangan nutrisi dan vitamin lebih banyak dari biasanya karena harus melawan infeksi atau penyakit yang menjangkitinya.

Periksa suhu babi dengan termometer rektal. Suhu normal untuk babi sekitar 39,2 °C.

  Jika ANDA belum memiliki termometer , kegiatan pengukuran suhu tubuh babi bisa ANDA lakukan dengan cara memegang tubuh babi dan kepala babi bagian atas. Jika bulu babi berdiri dan kasar kusam atau kulit babi terasa sangat kering, kemungkinan suhu tubuh babi panasa dan jika ANDA tidak segera memberinya pakan atau air minum yang baik , yang mengandung bahan penurun panas, atau mungkin suhu kandang yang kurang baik , biasanya cepat atau lambat ternak babi tersebut bisa terkena demam dan mencret atau mungkin bisa langsung kehilangan nafsu makannya.

Jika babi demam, bawalah ke dokter hewan segera.


  Perhatikan tanda-tanda penyakit. Jika babi terlihat lesu, merintih kesakitan, diare, atau tidak mau makan, ia mungkin sakit. Mungkin ada satu atau lebih alasan untuk penyakit ini, misalnya virus, parasit, atau gizi buruk. Anda harus membawanya ke dokter hewan yang berkualifikasi untuk diperiksa.


  Memberikan obat cacing secara teratur (setiap 30 hari) memastikan babi tetap sehat dan menyingkirkan parasit yang mencuri nutrisi dan kalori yang terkandung dalam makanannya. ANDA tidak perlu membawa babi ke dokter hewan untuk mengatasi masalah cacing. Anda bisa membeli obat cacing di toko lokal yang menjual perlengkapan peternakan dan memberikannya secara langsung kepada babi. Kebanyakan obat cacing membutuhkan siklus makan 3 hari. Pastikan ANDA memberikan dosis sesuai petunjuk pada kemasan.

ANDA tidak perlu bantuan untuk memberikan obat cacing kepada babi. ANDA cukup menambahkannya ke makanan babi, biasanya dengan perbandingan 1 sentimeter kubik untuk setiap 25 kg berat badan.

 

Kalau KAMI cukup memberikan obat Combantrine pada setiap ekor ternak babi KAMI.

  Jika babi baru saja menjalani operasi atau terluka, ia tidak akan makan sebanyak biasanya. Periksa kaki dan perut babi untuk melihat adanya luka, dan periksa kaki untuk mencari benda tajam yang mungkin menancap di sana. Tutup luka kecil dengan perban. Jika ANDA menemukan luka yang serius, bawalah babi ke dokter hewan kenalan Anda secepatnya.

  ANDA juga harus membawanya ke dokter hewan sebelum memasukkannya ke kandang dengan babi lainnya untuk memastikannya tidak akan menularkan parasit atau penyakit ke babi yang lain.


  Jika ANDA melihat perilaku yang berbeda, misalnya babi yang terlihat lesu, sempoyongan, kehilangan nafsu makan, ia mungkin mengalami luka atau penyakit dalam. Bawalah babi tersebut ke dokter hewan untuk diperiksa.

Anda harus membawa babi ke dokter hewan minimal setahun sekali untuk pemeriksaan rutin.


8. Sterilisasi / Kebersihan / Kesehatan Kandang Babi

  Selain kegiatan perawatan ternak babi dan pakan babi, kegiatan rutin yang sebaiknya juga rutin di lakukan adalah menjaga kebersihan kandang dan menjaga kesehatan kandang babi dari berbagai macam virus – jamur – penyakit yang bisa menyerang ternak babi.

Selain penyemprotan kandang babi dan tubuh ternak babi setiap kali ternak babi selesai makan di setiap waktu makannya agar kandang selalu bersih dan tidak berbau karena sisa kotoran atau sisa pakan yang berserakan, sebaiknya dilakukan juga penyemprotan dengan menggunakan bahan – bahan sterilisasi yang dilakukan setiap  2- 3 hari sekali.

  Tujuan dari penyemprotan sterilisasi kandang dan lingkungan ini adalah menjaga kesehatan kandang dan lingkungan sekitar kandang babi bebas dari lumut , jamur , bakteri , bau menyengat dan lain lain. Apalagi ternak babi adalah binatang yang paling sering menggosokkkan tubuhnya ke bagian dinding kandang. 

 

Kegiatan sterilisasi kandang ini sudah terbukti dibanyak tempat peternakan babi Mampu Mencegah penyebaran virus ASF ataupun penyakit babi lain yang biasanya dapat membuat seluruh ternak babi mati mendadak dan membuat rugi para peternak babi.

  Bahan – bahan yang digunakan untuk sterilisasi kandang babi ini sebenarnya sangat mudah di dapatkan dan dibuat sendiri. Apalagi jika ANDA memiliki tanki penyemprot berukuran 16 – 17 liter (seperti tanki penyemprot tanaman yang biasanya digunakan oleh petani menyemprot sawah atau kebun) di lokasi kandang babi milik ANDA.

  Kalau KAMI sendiri menggunakan bahan – bahan sterilisasi seadanya saja tapi Terbukti Sangat Ampuh menjaga kesehatan ternak babi dan kesehatan kandang babi, yaitu :

  • Alkohol 70%
  • Minyak Urut GPU / Minyak Kayu Putih
  • Sunlight / Mama Lemon / Sabun Pencuci Piring
  • Bayclin / Sunclin atau Bahan Pemutih Baju
  • Rebusan Bawang Putih dan Jahe

Kadang KAMI juga Menambah Kaporit. Tapi hal itu dilihat dari kondisi kandang , kondisi lingkungan sekitar dan kondisi siaga virus penyakit atau tidak di daerah sekitar kandang ternak babi.

 

  Kegiatan Penyemprotan sebaiknya dilakukan sampai keluar kandang dengan jarak minimal 200 meter dari dinding kandang yang paling luar.

Kalau perlu, tanaman di sekitar kandang babi juga di semprot.

  Oke dulur-dulur sesama peternak babi dimanapun ANDA berada , demikian pengalaman cara KAMI beternak babi di peternakan babi KAMI yang bisa KAMI bagi untuk dulur – dulur semuanya.

Apabila ada kekurangan ataupun kesalahan , KAMI mohon maaf dan KAMI menyadari bahwa masih banyak peternak babi lain yang jauh lebih berpengalaman dan jauh lebih banyak ilmunya dari KAMI.


  Marilah KITA belajar bersama , diskusi bersama , beternak bersama dan sukses bersama sama dalam usaha beternak babi.

 

Semoga Bisa Bermanfaat bagi Semua !!


  Untuk PEMESANAN Paket Lengkap Vitamin Babi Terbaik atau Diskusi Soal Ternak Babi , Silahkan Langsung Hubungi Kami :

√ NAMA               : Agus Setiawan

√ No. HP / WA    : 0822 2151 6031

√ Youtube : http://www.youtube.com/c/AGUSSETIAWANTV

√ Facebook : http://www.facebook.com/agussetiawan


Atau ANDA Bisa Langsung KLIK Tombol Whatsapp Di Bawah Ini Agar Langsung Terhubung Dengan KAMI  :



NB :

Dapatkan buku “RAHASIA TERNAK BABI CEPAT BESAR DAN GEMUK” dari KAMI untuk setiap pembelian Produk Paket Lengkap Vitamin Babi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ternak Babi Yang Mudah Dan Menguntungkan, Ilmu Ternak Babi"

Posting Komentar