hiderblog

hiderblog

Cara Mempercepat Molting Udang Vaname

 Usaha tambak udang vaname adalah salah satu jenis usaha yang hasilnya sangat menguntungkan dan di waktu yang terbilang sangat singkat yaitu sekitar 60 hari - 120 hari per siklusnya , dan dalam setahun mampu panen udang vaname sebanyak 3 siklus. Apalagi permintaan pasar akan udang vaname juga selalu meningkat dari waktu ke waktu. Maka dari itulah , Banyak petambak udang vaname dan para pengusaha yang menginginkan memiliki usaha bertambak udang vaname yang sehat , udang vaname cepat besar , udang yang sehat bebas resiko penyakit sehingga bisa dipanen sesuai target ukuran panen.
Untuk mempercepat proses panen dan mempercepat pertumbuhan udang vaname itulah Kita harus mampu mempercepat proses molting pada udang vaname. Sebab , Jika semakin cepat udang vaname molting maka semakin cepat tumbuh besar dan sehat.



 Memang untuk mempercepat proses molting pada udang vaname itu diperlukan beberapa  faktor yang saling berkaitan, misalnya :
  • Faktor Pakan Yang Diberikan Pada Udang
  • Faktor Kondisi Air Kolam Tambak Udang / Salinitas Air
  • Faktor Vitamin Dan Mineral Yang Diberikan Pada Udang
  • Faktor Jenis Udang Vaname Yang Dibudidayakan
  • Faktor Perawatan Udang

Maka dari itulah sebaiknya dulur-dulur petambak udang vaname memberikan perlakuan yang baik dan alami pada air kolam tambak budidaya udang juga pada kualitas pakan yang diberikan. Di mulai dari perlakuan air tambak udang yang harus steril , sehat , penuh plankton dan subur tanpa adanya asam amonia (sisa pakan / sisa kotoran udang di dasar kolam) dan proses penurunan salinitas air dalam kolam tambak udang.

 Proses penurunan salinitas air kolam tambak ini biasanya dilakukan di saat udang berumur 20 hari. Dan proses menaikkan lagi salinitas air ke normal biasanya dilakukan saat udang berumur 40 - 55 hari atau sesuai ukuran yang di inginkan oleh para petambak untuk di ukuran berapa udang vaname ini akan di panen.
Dalam proses mempercepat molting udang ini dimulai dengan penurunan ukuran salinitas air kolam tambak, misalnya dalam sesi pertama sebelum atau setelah proses penebaran udang biasanya salinitas air dalam kolam adalah 24 - 30 ppm. Alangkah baiknya jika di saat udang berumur 20 - 24 hari setelah tebar, ukuran salinitas air segera diturunkan menjadi 19 - 24 ppm atau dalam artian lebih mengarah ke air tawar bukan terlalu asin. 
Sudah banyak terbukti bahwa dengan cara penurunan salinitas air kolam ini justru membuat udang semakin cepat molting dan semakin cepat pula pertumbuhan tubuhnya. Sehingga bisa di panen sesuai waktu target dan ukuran target awal. 
Salah satu bahan pemupukan air yang bagus adalah TON dari Nasa yang penggunaannya bisa dicampurkan dengan Urea , Dolomit dan Kaptan. Bisa juga diaplikasikan dengan beberapa bahan sejenis kimia lain untuk membuat air dalam kolam budidaya sehat dan steril dari berbagai virus penyakit yang biasanya menyerang udang.

Tentu saja di saat salinitas air diturunkan dari normal inilah pemberian pakan yang benar-benar baik juga bisa sangat membantu memacu proses molting udang. Untuk pakan udang biasanya sesuai dengan pengalaman dan kebiasaan dulur-dulur petambak udang sendiri, misalnya menggunakan pakan dengan merk tertentu yang menurut dulur-dulur bagus.
Pakan udang yang dulur-dulur gunakan itu akan lebih bagus dan lebih bergizi tinggi bagi udang cepat molting jika ditambah bahan-bahan pakan seperti :
  • Temulawak
  • Bawang Putih
  • Air Daun Jambu Muda atau Air Daun Sirsak
  • Micro Mineral
  • Calcium Bubuk 
  • Kuning Telur Ayam Kampung
 Itulah beberapa bahan pakan tambahan yang baik bagi udang agar cepat molting. Proses pembuatan pakan baiknya adalah 1 jam sebelum waktu penebaran pakan ke kolam atau di fermentasikan terlebih dulu dalam ember yang porsi pakannya sesuai dengan umur udang.
Bahan-bahan diatas adalah beberapa bahan campuran pakan yang selalu kami berikan pada udang kami di tambak udang kami , meski ada beberapa bahan / bumbu lain dalam campuran pakan yang mampu mempercepat proses molting udang.

Memang cara budidaya udang setiap petambak itu berbeda beda dan setiap orang pasti mempunyai tips rahasia nya sendiri. Tetapi faktor pakan udang adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam budidaya udang agar cepat molting dan juga cepat tumbuh besar sesuai harapan Kita selaku petambak udang.

 Setelah faktor pakan dan Faktor air kolam tambak udang, faktor lain yang tak kalah penting adalah pemberian nutrisi vitamin yang pas pada udang dan juga pemberian hormon pemacu pertumbuhan udang yang pemakaiannya bisa langsung di siramkan ke air kolam tambak budidaya ataupun dicampurkan pakan udang di waktu pemberian pakan.
Beberapa bahan nutrisi vitamin alami untuk udang dan hormon pemacu pertumbuhan udang adalah sebagai berikut :
  • TON dari Nasa
  • HORMONIK
  • Air Daun Sirsak Muda
  • Jus Pisang Batu
  • Vitamin C Complex
  • Vitamin B Complex
  • Dolomit
  • Urea
  • Kalsium 
  • Beberapa bahan lain yang sesuai pengalaman petambak

Pemberian yang rutin pada air dan pakan Terbukti Mampu membuat setiap ekor udang budidaya menjadi lebih cepat molting dan dengan nafsu makan yang besar. Dan cara ini sudah banyak diaplikasikan oleh para petambak udang diberbagai daerah di Indonesia.

 Pemberiannya akan berbeda antara tambak tanah , tambak mulsa dan tambak terpal.

Semoga Bermanfaat !



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mempercepat Molting Udang Vaname"

Posting Komentar