hiderblog

hiderblog

Pupuk Nasa Untuk Anggur Agar Berbuah Lebat - Cara Lengkap Budidaya Dan Pemupukan Anggur

 Salam Satu Hobi dan Satu Usaha !


 Kita sebagai petani anggur atau bahkan pecinta tanaman anggur sering kali terjebak dalam segala macam promosi menggiurkan produsen bermacam-macam merk pupuk yang menyatakan mampu meningkatkan hasil buah anggur. Atau janji tanaman akan begi begitu. Betul apa betul ?!


Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan janji mereka ataupun kualitas pupuk mereka !!


 Karena hasil uji mereka dan juga hasil penggunaan oleh masyarakat umum sudah sesuai dengan apa yang di harapkan oleh masyarakat itu sendiri terhadap produk pupuk yang dipakai tersebut.


"Lalu salahnya dimana dengan pupuk yang Kita gunakan itu jika hasil yang Kita dapatkan belum seperti janji para produsen pupuk tersebut ?!?!?!"


"SALAHNYA ADALAH KITA HANYA BELUM MEMAHAMI KONSEP CARA PEMUPUKAN TANAMAN ANGGUR YANG BAIK DAN TEPAT !!!


 Maka jangan heran kalau heran dan jangan kecewa kalau sampai ada petani anggur / penghobi anggur belum mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang mereka harapkan setelah pemupukan pakai pupuk tertentu.


Itu bukan salah pupuknya !!!  

Karena bisa jadi pupuknya bagus dan kualitasnya juga bagus !!!


 Mungkin kesalahannya adalah di dosis dan interval pemupukannya. Atau bisa juga karena perbedaan cara perawatan, perbedaan suhu udara dan perbedaan jenis anggurnya. Tidak hanya itu, dulur-dulur harus tahu bahwa tanaman anggur juga membutuhkan jenis pupuk berbeda di waktu yang berbeda. Artinya, dulur-dulur tidak bisa menggunakan jenis pupuk yang sama untuk segala waktu. Ada kalanya pohon anggur perlu pupuk A dan ada kalanya juga tanaman anggur butuh pupuk B atau C.

 Selain itu, proses pemupukan untuk tanaman anggur di lahan tanam dengan tanaman anggur di dalam pot itu sangat berbeda waktu pemberiannya, dosis pupuknya dan cara perawatannya. 


 Untuk itulah, Kami berbagi informasi dan pengalaman ini kepada dulur-dulur semua agar bisa mendapatkan hasil buah anggur yang lebat dan tanaman subur bisa berbuah terus menerus di berbagai jenis iklim.

 Kami berbagi informasi dan pengalaman Kami yaitu dengan menggunakan paket pupuk organik terbaik untuk tanaman anggur hasil dari perusahaan kami, yaitu Paket Lengkap Pupuk Nasa untuk anggur.

 Paket Lengkap Pupuk Anggur dari Nasa ini berisi 4 jenis pupuk, yaitu 2 pupuk padat dan 2 pupuk cair, yang namanya :

SUPERNASA, POWER NUTRITION, POC NASA dan HORMONIK


Temperature Cuaca

8.3 – 28.5 derajat c , pH 4.5 – 7.8, Ketinggian 0 – 1000 mdpl, optimal 0 – 300 mdpl

Berikut adalah diary Kami tentang cara pemupukan yang sudah diaplikasikan pada anggur jenis red globe dan berada di lahan tanam pekarangan rumah.

1.  Pemupukan Awal


Pada proses pemupukan awal lahan tanam sebaiknya menggunakan pupuk SUPERNASA (kesuburan tanah) + pupuk kandang + NPK + Dolomit

a. Pupuk SUPERNASA + Pupuk kadang + NPK 2:16:16 (Awal penanaman) 

Pemberian NPK rutin 1 sendok teh + Pemberian POWER NUTRITION sebanyak 0,5 sendok teh + Dolomit rutin 1 sendok teh tiap 2 minggu sekali.

                             

b. Jika tanaman sudah lumayan besar dan mulai menginjak fase pemotongan primer, tingkatkan dosis SUPERNASA + POWER NUTRITION + NPK 19:19:19, Rutin setiap 2 minggu 1x sampai batas pembentukan sekunder.


c. Jika dalam masa tersebut terindikasi kekurangan unsur hara mikro, segera tambahkan lakukan penyemprotan dengan menggunakan POC daun yaitu POC NASA dan HORMONIK. Dosis POC NASA 5 tutup botol dan HORMONIK 2 tutup botol ke dalam 15 - 17 liter tangki semprot. 

 Lakukan penyemprotan berkala setiap 15 hari sekali. Usahakan penyemprotan dilakukan mulai dari ujung batang tumbuh dan ke atas sampai daun tertinggi, utamakan penyemprotan bagian belakang daun. 


2. Pemupukan sebelum pangkas pembuahan

 Setelah pohon anggur benar-benar terbentuk dan memiliki cabang sempurna. Pastikan bahwa pohon anggur benar-benar memiliki batang yang bagus dan juga pertumbuhan yang bagus



a. Pemberian kapur dolomit 2 sendok/pohon untuk stabilisasi pH tanah. Pengocoran POWER NUTRITION Buah Nasa dosis 50 ml per batang pohon.


b. Pemberian pupuk SP-36 sendok/pohon dan KCL 1 sendok/pohon kemudian dilakukan pengairan.


 Pada masa ini, pohon anggur akan ditandai dengan daun menguning akibat kehausan dan ranting akan menuju proses pematangan berubah warna kecoklatan, berarti pohon anggur sudah siap dipruning/pangkas.


c. Setelah pemangkasan dilakukan, penyemprotan POC NASA dan HORMONIK dengan dosis sama diatas, kemudian tambahkan NPK 1 sdm + POWER NUTRITION Buah dosis 2 sendok/pohon merata seputar perakaran.”(setiap pohon bertambah usia tentu dosis pupuk akan ditambah


Takaran ini hanya untuk pangkas perdana sesuai umur pohon)Lebih baik rutin sedikit demi sedikit daripada sekaligus over dosis.


d. Tunas-tunas baru setelah tumbuh pasca pemangkasan disemprot cairan pupuk HORMONIK dengan dosis 2 tutup botol per 15 liter tangki semprot.


e. Inti dari pemupukan menuju masa generatif usahakan untuk pupuk berkandungan unsur P & K jangan sampai terlewat karna sangat penting.


3. Pasca panen

 Setelah masa panen, segera tambahkan kembali NPK + POWER NUTRITION Buah + SUPERNASA. Biarkan pohon induk melalui masa istirahat minimal 1-2 bulan sampai siap dilakukan pemangkasan kembali.


 Untuk pemupukan tanaman anggur dalam pot / tabulampot, cara pemupukannya dan dosisnya berbeda dengan yang di tanam di lahan pekarangan / lahan pertanian.

 Sebelum memulainya, secara teori, pemupukan tanaman anggur itu di bagi menjadi 2 yaitu bulanan dan mingguan. Untuk bulanan bisa kita memberikan pupuk NPK, SP-36, UREA sebagai pupuk Makro. Sedangkan untuk pupuk Mikro atau organik yaitu pupuk organik terbaik NASA, seperti SUPERNASA, POWER NUTRITION, POC NASA dan HORMONIK

 Jika akan melakukan pemupukan bulanan, sebaiknya pemupukan dilakukan sejak tanaman berumur 0 atau sejak awal tanam yaitu dengan mempersiapkan media tanam yang benar-benar subur dan bagus di dalam pot untuk tanaman anggur tumbuh.

Pemupukan media tanam yang menggunakan bahan-bahan seperti tanah, pasir, pupuk kandang, pecahan genteng dan arang sebaiknya dilakukan sejak awal bersamaan dengan persiapan pemasukan media tanam ke dalam pot yang sudah di sediakan.



 Agar anggur subur dan pertumbuhan tanaman anggur dan juga cepat berbuah lebat, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut :

  • Rendam pecahan genteng dan arang di dalam air larutan PPTHORMONIK terlebih dulu selama 1 jam. 
  • Campur tanah, pasir dengan pupuk kandang yang sudah disiapkan, pupuk SUPERNASA sebanyak 2 sendok makan + 3 liter air dengan dolomit.
  • Biarkan selama 2 hari dengan selalu disiram setiap hari pagi sore. Setelah media tanam tanam siap. segera masukkan media tanam ke dalam pot yang sudah di siapkan sebelumnya.
  • POC NASA 2 Tutup Botol + PPTHORMONIK 1 Tutup Botol Dicampurkan Ke Air Sebanyak 4 - 5 Liter Air Lalu Semprotkan Ke Batang Dan Akar Tanaman.
  • Interval Penyemprotan : Lakukan Penyemprotan 14 hari Sekali Untuk Hasil Lebih Maksimal Lakukan Penyemprotan 10 Hari Sekali
  • Pemupukan PWR NUTRITION Dengan Dosis 2 Sendok Makan Untuk 5 - 10 Liter Air Lalu Siramkan Ke Bagian Akar Tanaman Anggur Lakukan Setiap 2 Bulan Sekali Agar Hasil Maksimal.
  • Penyemprotan POC NASA dan PPTHORMONIK , Tuangkan POC NASA 3 Tutup Botol Dan PPTHORMONIK 1 Tutup Botol Campurkan Ke Dalam Tangki 15 Liter Semprotkan Ke Bagian Daun, Batang Serta Batang Bawah Untuk Menyuburkan Daun Serta Mempercepat Pembesaran Batang Tanaman, Lakukan Setiap 2 - 3 Minggu Sekali.

Demikian Informasi Yang Bisa Saya Sampaikan Semoga Bermanfaat Dan Bisa Membantu Petani Buah Di Indonesia Ini, Untuk Mendapatkan Pupuk Buah Anggur Dapatkan Hanya Disini Di PUPUKBUAH Produknya Original Produk NASA, Konsultasi Dan Pelayanan Cepat, Untuk Pemesanan Silahkan Klik Gambar Dibawah Ini : 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pupuk Nasa Untuk Anggur Agar Berbuah Lebat - Cara Lengkap Budidaya Dan Pemupukan Anggur"

Posting Komentar