hiderblog

hiderblog

Pupuk Buah Anggur Terbaik Agar Cepat Berbuah

Pupuk Anggur Terbaik Agar Cepat Berbuah dan Buahnya Lebat

 Agus Setiawan sebagai Seorang Petani / Peternak , Pemilik Usaha Pembibitan Tanaman Buah Unggul dan sebagai Ahli Budidaya Tanaman Buah di Kantor Pusat PT. Natural Nusantara Yogyakarta, kali ini akan Membahas Pupuk Khusus Tanaman Anggur Agar Cepat Berbuah , Membuat Buah Anggur Lebih Manis dan Agar Buah Anggur Besar. 

Untuk Mendapatkan Hasil Buah Anggur Yang Sesuai Harapan , Selain Dengan Melakukan Perawatan Yang Baik , Tentunya Membutuhkan Pupuk Yang Cocok Untuk Pohon Anggur. Guna Mendapatkan Hasil Yang Sempurna Tersebut , Faktor Pemupukan Menggunakan Pupuk Alami / Organik Agar Pohon Anggur Tetap Subur Dan Tetap Berbuah Tiada Henti Adalah Solusi Terbaik Bagi Dulur-Dulur Pecinta Tanaman Anggur.

Berikut Teknis Cara Menanam Anggur Yang Sudah Terbukti Di Berbagai Tempat Dan Bahkan Bagi Pemula Sekalipun.


Pertama kita harus tahu temperature cuaca yang cocok bagi tanaman anggur untuk tumbuh sebur dan berkembang dengan baik.


Temperature Cuaca

8.3 – 28.5 derajat c , pH 4.5 – 7.8, Ketinggian 0 – 1000 mdpl, optimal 0 – 300 mdpl


Media Tanam Yang Baik


Bagi yang ingin menanam anggur di lahan tanam atau di pekarangan, tipe tanah yang cocok untuk tanaman anggur adalah tanah dengan kelembapan yang cukup dengan drainasi yang baik serta cukup subur. anggur adaptif terhadap berbagai jenis tanah tetapi ada beberapa jenis tanah yang harus dihindari. tanah yang harus dihindari adalah tanah liat dan berat, tanah yang sangat dangkal, dan tanah dengan drainase yang buruk. selain itu, tanah yang mengandung garam dari logam alkali, boron, dan senyawa toksik lainnya dalam konsentrasi tinggi juga harus dihindari.

Namun bagi yang ingin menanam anggur di pot / tabulampot, setidaknya mempersiapkan media tanam seperti tanah , pasir , arang , serabut kelapa , pecahan genteng , dan pot yang sudah di lubangi bagian bawahnya untuk peresapan air. 

Pastikan bahwa tanah dan pasir yang disiapkan adalah tanah yang subur yang sudah bercampur pupuk kandang dan kapur dolomit. Untuk Solusi Pupuk Kandang Terbaik dan Terlengkap , Agar Dulur-Dulur Tidak Repot , Bisa Langsung Memberikan Pupuk Organik Alami Khusus Tanah Yaitu Pupuk SUPERNASA

Kenapa Kok SUPERNASA ?!

Karena Dalam Pupuk Organik SUPERNASA Sudah Mengandung Berbagai Unsur Hara Yang Dibutuhkan Oleh Tanah , Memberikan Asupan Mineral Yang Bagus Untuk Tanah , Dan Setiap 10 Kg Pupuk SUPERNASA ini SAMA SAJA DENGAN Mengandung 1 Ton Pupuk Kandang + Pupuk Kompos Matang.


Pembenihan / Pembibitan Anggur



Pada umumnya perbanyakan tanaman anggur dilakukan dengan stek cabang atau ranting dengan tingkat keberhasilan di atas 80%.  Cabang atau ranting yang digunakan berasal dari hasil pemangkasan lanjutan, yaitu pemangkasan pada tanaman anggur setelah fase panen buah selesai. cara membuat benih anggur dengan stek cabang atau ranting, yaitu dengan mengambil stek cabang yang dipotong sepanjang 20 - 25 cm (3 - 4 mata tunas), atau bergantung dari varietas tanaman anggur yang diperbanyak. 

Bagian atas dipotong miring 35 ° untuk membedakan antara sisi atas dengan sisi bawah stek, dengan jarak dari mata 5 cm. bagian bawah dipotong rata dengan jarak 1 cm dari mata tunas. tanaman yang berasal dari stek akan menghasilkan perakaran serabut. 

Perbanyakan tanaman anggur juga dapat dilakukan dengan cara grafting atau sambung pucuk / okulasi. Seperti yang Kami lakukan di tempat pembibitan tanaman buah Kami.


Untuk Perawatan Benih Anggur / Bibit Anggur Yang Terbaik , Gunakan Pupuk POC NASA dan PPT HORMONIK Dengan Dosis Sebagai Berikut , 

Pada Benih Anggur / Biji Anggur :

  • POC NASA 1 Tutup Botol + 3 Tutup Botol PPT HORMONIK di campur dengan 500 ml air
  • Ambil Benih Anggur yang sudah di seleksi , kemudian rendam benih tadi keladalam larutan POC NASA + PPT HORMONIK tadi
  • Setelah 10 Menit Benih Terendam larutan tadi, segera angkat dan keringkan. Langkah Selanjutnya adalah siap menanam benih / biji kedalam media tanam.


Pada Pembibitan Anggur Setelah Semai DAN Sistem Sambung Pucuk / Okulasi :

  • POC NASA 2 Tutup Botol + PPT HORMONIK 1 Tutup Botol Dicampurkan Ke Air Sebanyak 4 - 5 Liter Air , Lalu Semprotkan Ke Batang Dan Akar Tanaman Anggur.
  • Interval Penyemprotan : Lakukan Penyemprotan 14 hari Sekali Untuk Hasil Lebih Maksimal Lakukan Penyemprotan 10 Hari Sekali


Penanaman Bibit Anggur Di Lahan Tanam / Pekarangan 


Apabila Dulur-Dulur Akan Menanam Bibit Anggur Di Lahan Tanah atau Pekarangan, Sebaiknya Lakukan Pembuatan Lubang Tanam dan Dengan Sisa Tanah Bekas Galian Tadi Di Berikan Pupuk Yang Tepat Agar Tanah Media Tanam Sehat , Subur , Dan Bebas Jamur Penyakit Yang Biasanya Menyerang Tanaman Anggur.

Satu bulan sebelum prose tanam, sebaiknya lubang sudah dipersiapkan. Ukuran lubang tanam 60 x 60 x 60 cm. Lubang dibiarkan terbuka selama dua sampai tiga minggu agar terkena sinar matahari, kemudian ditutup kembali. 

Pada dasar lubang tanam tersebut di berikan taburan pupuk NPK 19:19:19 dengan dosis 4 sendok makan + Dolomit 250 Gr + Di Siram Larutan pupuk SUPERNASA sebanyak 500 ml (campuran antara 2 Sendok Makan dengan 2 Liter Air).

Pada Proses Pemasukan Tanah Ke Dalam Lubang Tanam , Sebaiknya Tanah galian bagian bawah dicampur dengan pasir dan pupuk kandang atau SUPERNASA dengan perbandingan 1:1. 

Lalu Siapkan Air Sebanyak 5 Liter Dan Campurkan 4 Sendok Makan PWR NUTRITION Buah , Siramkan Ke Lubang Tanam Fungsinya Sendiri Untuk Menambahkan Nutrisi Sekaligus Menyuburkan Tanah Agar Akar Tanaman Bisa Cepat Beradaptasi. 


Tanah bagian atas juga dicampur dengan pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan yang sama dan dikembalikan ke bagian atas. jarak tanam yang digunakan 4 x 6 m. bibit dalam polybag yang sudah berumur 1,5 - 2 bulan di tanam tegak di tengah lubang. 

Agar bibit tanaman anggur tidak layu terkena sengatan sinar matahari perlu diberi naungan sementara. Bahan naungan dapat dibuat dari anyaman daun kelapa. 

Buang polybag dengan hati-hati dengan cara menyayat polybag dengan pisau atau silet. siram air secukupnya dan diikat dengan ajir agar tanaman tidak roboh oleh angin dan tanaman lurus ke atas menuju para-para. 

Waktu tanam yang baik adalah pada awal musim kemarau yaitu bulan mei - juni atau akhir musim hujan.


Perawatan Tanaman Anggur


Tanaman anggur membutuhkan tempat untuk merambat, tempat tersebut disebut sebagai para-para. Kontruksi para-para dapat dibuat dari kayu, besi atau beton. Dengan para-para sebagai sarana rambatannya, tanaman anggur bisa mendapatkan sinar matahari secara maksimal. jarak tiang para-para 3x3 m atau 4x5 m. Sebaiknya para-para ini berbentuk anyaman kawat/kayu/bambu dengan mata anyaman 40 x 40 cm. Tingginya para-para ini bervariasi antara 2 - 3,5 m. 


Langkah selanjutnya untuk memudahkan kegiatan pemeliharaan tanaman anggur di lahan rawa sangat diperlukan adanya papan penumpu untuk berdirinya petani melakukan kegiatan pemeliharaan tanaman. Papan penumpu tersebut dapat di dudukan di atas gundukan/gulud tanah di antara tempat penanaman tanaman anggur. 


Namun apabila tanaman anggur terlalu panjang , atau > 3 m , maka tanaman anggur tersebut dapat diberi bantuan penyangga di tengahnya. Pengairan tanaman di musim kemarau dapat diberikan 3 hari sekali dan dikurangi pada musim penghujan. Kemudidan pemberian air dihentikan tiga minggu sebelum pangkas, atau dilakukan bersamaan saat pemupukan rutin tanaman anggur, yaitu :

Pemupukan PWR NUTRITION dengan dosis 4 Sendok Makan Untuk 5 - 10 Liter Air. Pupuk NPK dengan dosis 3 Sendok Makan + KcL dengan dosis 2 Sendok Makan + UREA 2 Sendok makan juga dicampurkan ke dalam 5 - 10 liter air PWR NUTRITION Buah tersebut.

Lalu Siramkan Secara Melingkar Ke Bagian Batang Tanaman Anggur Tumbuh Sampai Bagian Terluar Daun Tanaman Anggur. 

Penyiraman pupuk / Pengocoran ini Sebaiknya Lakukan Setiap 2 Bulan Sekali Agar Hasilnya Cepat Berbuah Dan Berbuah Sangat Maksimal.


Penyemprotan POC NASA dan PPT HORMONIK , Tuangkan POC NASA 3 Tutup Botol dan PPT HORMONIK 2 Tutup Botol Campurkan Ke Dalam Tangki 15 Liter Tangki Semprot Standar. Kemudian Semprotkan Ke Bagian Daun (Terutama Bagian Belakang Daun) , Batang Utama serta Batang Bawah Tanaman Anggur Untuk Menyuburkan Daun Serta Mempercepat Pembesaran Batang Tanaman.

Kegiatan Penyemprotan Ini Sebaiknya  Di Lakukan Setiap 2 - 3 Minggu Sekali. Penyemprotan Sebaiknya Dilakukan Pada Saat Pagi Hari yaitu Jam 8 - 10 Pagi. Tujuannya Adalah Tanaman Anggur Langsung dapat memaksimalkan Proses Fotosintesis Dengan Maksimal Dengan menggunakan Sinar Matahari Siang hari.


Setelah tanaman anggur semakin besare dan sudah berbuah lebat, sebaiknya pemberian air dihentikan pada saat 2 minggu sebelum buah dipanen.  Kemudian 4 hari sebelum buah dipanen, sebaiknya tanaman kembali di beri air sampai panen berlangsung. 

Proses Pemangkasan (pruning) terdiri atas pembuangan batang yang kurang subur atau batang yang tidak sesuai dengan yang di harapkan , tunas, daun , dan juga pada bagian vegetatif lainnya dari tanaman anggur. 

Pembuangan bagian berkayu yang mati tidak termasuk dalam pruning. 

Hal ini dilakukan karena pembuangan bagian berkayu tersebut tidak memberikan pengaruh fisiologis terhadap tanaman. Pemangkasan bertujuan untuk mengontrol ukuran sehingga memudahkan dalam perawatan dan pengumpulan buah. Pemangkasan juga meningkatkan kekuatan tanaman dengan berkembangnya struktur cabang yang kuat. 


Proses Pemangkasan juga dapat meratakan penyebaran cahaya matahari ke seluruh bagian pohon. pemangkasan mengatur bantalan buah dan membuang kelebihan cabang yang menghasilkan buah. Pemangkasan memperbarui cabang yang menghasilkan buah untuk mempertahankan tunas dan bunga yang kuat. 


Demikian Informasi Yang Bisa Saya Sampaikan , Semoga Bermanfaat Dan Bisa Membantu Dulur-Dulur Petani Buah Di Indonesia Ini Agar Bisa Mendapatkan Hasil Budidaya Yang Maksimal dan Menguntungkan. 

Untuk Mendapatkan Pupuk Buah Anggur Terbaik , Dapatkan Hanya Di Sini , Di NASAPUSAT.  Produknya Original Produk NASA.  Konsultasi Dan Pelayanan Cepat , Untuk Pemesanan Silahkan Klik Gambar Whatsapp Dibawah Ini :


 

#tabulampot #anggur #bibitanggur #tanamananggur #pupukanggur #carabudidayaanggur #petanianggur #hobiberkebun #jenisanggur #pupukangguryangbagus #kebunanggur  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pupuk Buah Anggur Terbaik Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar