hiderblog

hiderblog

Cara Pemupukan Tomat Yang Bagus dan Cepat Berbuah - Pupuk Tomat Yang Bagus Agar Berbuah Lebat


Setiap petani pasti ingin mendapatkan hasil panen dan buah tomat yang berkualitas bagus. Keberhasilan suatu tanaman tomat yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menguntungkan adalah proses perawatan yang sesuai dan bagus. Apalagi tanaman tomat yang Kita budidayakan tersebut bebas penyakit dan jamur yang sering menyerang tomat.
Proses perawatan yang bagus inilah yang menjadikan tanaman tomat dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah yang bagus.

Pertama, kita harus mengenal terlebih dulu berbagai jenis pupuk untuk tomat yang bisa kita gunakan untuk mendukung pertumbuhan buah tomat yang kita tanam. Beberapa tahapan pemupukan yang perlu dulur ketahui, dari mulai tahapan awal sebelum menanam sampai pada tahapan akhir masa pertumbuhan. 

Langkah awal yang harus Kita lakukan  untuk menghasilkan tanaman tomat dengan buah yang melimpah adalah memperhatikan media tanam yang kita gunakan untuk tanaman tomat.

A. Pengolahan Tanah Lahan Untuk Budidaya Tomat
Lahan Tanah Saat Pemupukan Sebelum Di Buat Bedengan
Proses budidaya tomat bisa dilakukan di lahan yang luas dan terbuka, atau di dalam polybag atau pot. Untuk tanaman tomat yang menggunakan media tanam berupa lahan atau hamparan tanah, kita perlu melakukan beberapa hal berikut:

  1. Kita bisa melakukan pencangkulan / pembalikan tanah lahan sampai gembur, dan bentuk bedengan yang memiliki ketinggian antara 30 cm, dengan lebar sekitar 1 meter, dan untuk  panjangnya, sebaiknya mengikuti kontur lahan saja. Pastikan jarak antar bedengan berkisar antara 30 - 40 cm.
  2. Sebaiknya taburkan Natural Gliocardium dan Beauveria Organik agar tanah sehat dari segala jamur dan virus sisa budidaya sebelumnya
  3. Kemudian biarkan tanah tersebut selama kurang lebih 1 minggu.
  4. Setelah 1 minggu, berikan campuran pupuk untuk tomat dengan campuran pupuk kandang matang dan Pupuk Organik Granule Modern dengan takaran 10 kg/ha yang bisa Kita sebar secara merata disekitar bedengan atau tempat penanaman tomat. (KET : 10 Kg Pupuk Granule Modern = 1 Ton pupuk kandang murni)
  5. Kombinasi selanjutnya adalah dengan menggunakan pupuk padat buah yaitu POWER NUTRITION dengan dosis 3 kg/ha dengan takaran 4 sdm (sendok makan) per 5 liter air. Kemudidan kocorkan / siramkan ke atas bedengan yang sudah di buat sebelumnya. 
  6. Setelah itu, Tutup bedengan tadi  dengan menggunakan mulsa plastik, agar kelembaban tanah tetap terjaga ya. Lalu, biarkan kembali tanah tersebut selama satu minggu sebelum ditanami bibit tanaman tomat. 
  7. Sebaiknya pada hari ke 3 - 4 Kita membuat lobang tanam dan setelah lobang tanam terbuat, siram dengan campuran Super Granule + POWER NUTRITION + Gliocardium Organik sebanyak 1 - 2 sdm per lobang tanam.
  8. Hari ke 7 - 8 Kita bisa langsung memasukkan bibit tanaman tomat yang Kita anggap itu bibit tomat yang bagus dan unggul sesuai dengan jenis tomat yang Kita akan budidayakan. 


B. Media Polybag atau Pot (Tabulampot)

Jika dulur memilih polybag atau pot sebagai media tanam, maka anda perlu meyiapkan polybag atau pot terlebih dahulu, dan buatlah lubang kecil untuk drainase. Jangan lupa untuk menutup lubang drainase dengan menggunakan batu kerikil. 

Setelah itu baru berikan pupuk untuk  tomat dengan campuran 50% tanah +  30% pupuk organik + 20% pasir tanah.

Untuk komposisi pupuk organik yang bisa dulur gunakan yaitu Pupuk Granule Modern dengan dosis cukup 50 gram per pot.

Sedangkan kombinasi pemupukan selanjutnya dengan POWER NUTRI BUAH dengan dosis 4 sdm /pot dengan takaran 4 sdm POWER NUTRISI :5 liter air. Selanjutnya, media tanam siap untuk diberikan benih atau biji tomat.

Proses Perendaman Benih Tomat
Mendapatkan benih yang bagus dan berkualitas tentu saja melalui beberapa proses, salah satunya pada saat perendaman benih tomat yang sebelumnya sudah dibersihkan.

Untuk perendaman benih tomat, dibutuhkan Pupuk Organik Cair Hormonik dengan takaran 50 ml dan dilarutkan pada 1 liter air hangat dengan suhu 50°C. 
Waktu untuk perendaman idealnya sekitar 30 menit ya rekan-rekan

Fase Pemupukan Susulan Tanaman Tomat
Untuk proses pemupukan selanjutnya, setelah benih melalui proses perendaman dan penyemaian.

Tahapan yang harus diperoleh adalah pemupukan susulan adalah 


Masa Pertumbuhan Awal Tanam

Ketika tomat masih dalam masa penyemaian bibit sebaiknya berikan pupuk dasar tomat yang terdiri dari Granule dan pupuk POWER NUTRITION buah.

Kemudian pemberian pupuk pada masa awal tanam pada bibit tomat, untuk pemberian pupuk pada lahan budidaya yang dibutuhkan Pupuk Organik Cair NASA dengan takaran 200 ml atau 1 gelas/tangki dengan dosis 17 liter/ha.

Jika dulur menanam dalam pot dibutuhkan 200 ml/pot POC NASA. Untuk mengaplikasikannya bisa langsung disiramkan ke bibit atau tanaman tomatnya setiap 7 hari sekali ya.

Masa Pertumbuhan Tanaman Tomat
Jika sudah memasuki usia 30 hari setelah tanam atau HST maka yang dibutuhkan tanaman tomat adalah tetap berada dalam media tanah yang gembur dan lembab.

Perawatan tanaman tomat ini harus diupayakan agar mendapatkan kelembapan tanah secara optimal, maka kombinasi yang tepat dan sesuai dengan menggunakan Power Nutrition buah saat kondisi tanah lembab ya lur.

Dengan dosis 3 kg/ha sedangkan untuk takaran yang dibutuhkan yaitu 4 sdm dan air 5 liter dengan cara pengaplikasiannya menyiramkan secara merata disekitar pekarangan.


Sedangkan untuk yang menanam didalam pot, maka hal yang bisa dibutuhkan Power Nutrition dengan dosis 2 sdm : 10 liter di larutkan kedalam air kemudian dosis yang dibutuhkan  4 sdm dan air 5 liter dengan cara menyiram media tanam pot disekitaran tanaman dan lakukan sebulan sekali ya.

Kemudian pada usia tanaman lebih dari 30 HST maka dulur bisa menggunakkan POC NASA dengan dosis 17 liter/ha dan takarannya 200 ml atau 1 gelas/tangki semprot dengan cara menyemprot secara merata pada bagian seluruh bagian tanaman setiap pertengahan 2 minggu sekali. Usahakan penyemprotan diutamakan bagian belakang daun ya.

Sedangkan untuk dulur yang menanam dalam pot maka takaran POC NASA adalah 100 ml/pot dengan menyemprot disetiap tanaman tomat dalam pot setiap seminggu sekali.

Penggunaan Pupuk Organik Untuk Tanaman Tomat


Kegunaan Granule Modern befungsi sebagai perekat nutrisi tanah, agar kebutuhan nutrisi tanaman dapat selalu tercukupi, tidak mudah hilang dan penyerapan menjadi lebih optimal di berbagai fase pertumbuhan. Apalagi dalam 10 Kg pupuk Granule Modern = 1 ton pupuk kandang matang.

Demikian rekan rekan sesama petani tomat cara pemupukan tomat dan cara budidaya tomat agar mendapatkan hasil panen yang sesuai dengan harapan rekan-rekan petani tomat yaitu kualitas tomat yang bagus , cepat berbuah dan buahnya lebat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Pemupukan Tomat Yang Bagus dan Cepat Berbuah - Pupuk Tomat Yang Bagus Agar Berbuah Lebat"

Posting Komentar