hiderblog

hiderblog

Cara Menggunakan Pupuk Nasa Untuk Kelengkeng Agar Cepat Berbuah


Memiliki pohon kelengkeng yang sehat dan berbuah lebat memang sangat membahagiakan hati karena kerja keras selama perawatan yang telah Anda lakukan selama ini serasa terbayar lunas.  Terlebi bagi Anda para petani kelengkeng yang memang fokus usahanya dari hasil buah kelengkeng. Bukan hanya sekedar hobi berkebun saja.

Memang banyak produk di pasaran yang promosinya mengatakan mampu melebatkan buah kelengkeng. Tapi kenyataannya, hasil yang didapatkan tetap sama saja zonk. 

Nah, disini Kami selalu menggunakan paket pupuk kelengkeng organik sejak tanaman kelengkeng masih proses pembibitan, perawatan dan akhirnya didapatkan indukan yang sangat poduktif berbuah, selain hasil buah yang sangat lebat untuk dinikmati bersama sama dan mampu memberikan bibit kelengkeng yang juga produktif seperti indukannya. Paket pupuk lengkap yang kami gunakan adalah Paket Pupuk Organik Buah NASA.  

Sebagai petani kelengkeng / pembibit tanaman buah kelengkeng yang menjual beberapa jenis bibit kelengkeng berkualitas unggulan, yang sudah banyak dibeli oleh para konsumen dari berbagai daerah di Indonesia, berikut adalah cara Kami dalam membuat setiap tanaman kelengkeng mampu berbuah lebat dan mampu berbuah terus menerus sehingga sangat menguntungkan bagi setiap pemilik tanaman kelengkeng. Sebagai refrensi tambahan, berikut adalah sebagian kecil dari koleksi bibit kelengkeng Kami yang benar-benar subur dan DIJAMIN Produktif berbuah. 




Ini adalah beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi tanaman kelengkeng agar cepat berbunga dan bisa berbuah lebat yang sudah sering Kami lakukan sendiri di kebun pohon kelengkeng kami dan juga perkebunan kelengkeng milik sedulur-sedulur petani kelengkeng diberbagai daerah yang Kami dampingi proses pemupukannya, yaitu :

1. Perawatan dengan cara melukai batang tanaman kelengkeng. Misalnya dikerat atau dikupas kambium di batang utama atau kalau di masyarakat umumnya menggunakan metode paku yang di pakukan ke batang tanaman kelengkeng. 
Cara ini memang lebih murah namun kurang terukur aplikasinya. Dan juga hasilnya belum tentu 100% berhasil.

2. Perawatan dengan pemberian pupuk kimia penginduksi. Cara ini lebih terukur dan tingkat keberhasilan tinggi, tetapi sangat TIDAK DISARANKAN melakukan perlakuannya kimia ini. Karena jika semakin banyak memberikan pupuk kimia maka DIJAMIN tanah lahan menjadi semakin keras dan justru malah tidak subur lagi.
Efek lainnya adalah pohon hanya bisa berbuah saat itu juga, tetapi jika tidak di pupuk lagi dengan dosis yang semakin bertambah banyak, maka DIPASTIKAN pohon kelengkeng tidak akan berbuah lagi di tahun-tahun berikutnya. Apalagi sangat boros biaya.

3. Perlakuan organik alami, yaitu dengan pemberian pupuk khusus buah dan pupuk tanah yang berbahan organik alami.
Cara ini lebih murah, berkesinambungan hasilnya dan lebih tinggi tingkat keberhasilannya pada setiap batang kelengkeng.
Pemberian pupuk organik ini TERBUKTI MAMPU menjaga kesuburan / kegemburan tanah lahan di sekitar batang tanaman, memberikan unsur hara dan mineral yang dibutuhkan akar tanaman untuk pembungaan / pembuahan, sekaligus memberikan hormon buah yang dibutuhkan oleh setiap tanaman per harinya untuk menghasilkan bunga / memperlebat buah dan menguatkan buah dari kerontokan.
Efek lainnya adalah hanya cukup melakukan pemupukan di tahun pertama saja, yaitu sebanyak 4 kali. Kemudian ditahun ke dua dan ke tiga sudah tidak melakukan pemupukan lagi. Dan dilakukan pemupukan lagi di tahun ke empat saja. Tetapi DIJAMIN pohon kelengkeng akan tetap berbuah secara cepat dan berbuah banyak. 

Metode pemberian pupuk organik bisa dilakukan dengan 3 cara yaitu :
  • Disiramkan/kocor merata di tanah di bawah kanopi/daerah perakaran
  • Disemprotkan langsung ke daun kelengkeng. Dimulai dari ujung batang tumbuh sampai ke ujung daun tertinggi. Usahakan penyemprotan dilakukan pada belakang daun yakni tempat terjadinya fotosintesis
  • Diinjeksi/Suntikkan langsung ke batang utama atau akar pohon. Tetapi cara ini dilakukan pada tanaman kelengkeng yang besar dan berumur yang tidak memungkinkan disiram atau disemprot. Dan cara ini juga dikhususkan pada pohon kelengkeng yang sudah berumur lebiih dari 15 tahun juga sudah sangat menurun tingkat produktivitasnya. Khusus untuk injeksi ini sebaiknya menggunakan HORMONIK Nasa atau POWER NUTRITION BUAH Nasa.

Berdasarkan hasil penelitian dilapangan dan testimoni dari para petani kelengkeng, perlakuan organik dengan cara disiram mempunyai tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Pupuk organik buah yang digunakan adalah pupuk organik NASA yang memang dikhususkan untuk pembungaan - pembuahan - kesuburan tanah dan kesuburan daun. Sekaligus hormon pemacu pertumbuhan dan pembesaran tanaman/buah.

Ada 4 macam pupuk organik NASA untuk kelengkeng yang terbaik, yaitu :
  • SUPERNASA / SUPERNASA GRANULE
Yaitu pupuk organik padat khusus kesuburan tanah, memberikan mineral esensial pada tanah, memberikan unsur hara yang dibutuhkan tanah sekaligus memberikan asupan oksigen pada tanah sehingga tanah selalu gembur dan subur, memberikan unsur hara perangsang akar dan kesuburan batang tumbuhan. 
Dimana setiap 10 Kg pupuk SUPERNASA ini kandungannya SAMA DENGAN 1 Ton pupuk kandang matang dan beberapa pupuk / mineral lain yang sangat bagus untuk kesuburan tanah.

  • POWER NUTRITION BUAH
Adalah pupuk organik padat khusus perangsang buah/booster buah paling ampuh saat ini. Mampu merangsang pembuahan/pembungaan dengan sangat cepat sekaligus memberikan hormon buah yang selamanya terkandung di dalam tanaman dan akar tanaman sehingga tanaman tetap akan berbuah terus menerus meski di luar musimnya.Kandungan lain yang ada di dalam pupuk buah ini adalah memberikan kekuatan pada bunga/buah agar tetap kuat sehingga tidak rontok. Memberikan unsur hara dan mineral pada tanaman agar tetap berbuah meskipun umur tanaman sudah sangat tua dan sudah menurun produksi buahnya agar menjadi produktif berbuah lagi seperti umur tanaman yang masih muda.


  • POC NASA
Adalah pupuk cair untuk memberikan percepatan pertumbuhan batang dan daun, memberikan kesegaran pada batang dan daun setiap tanaman buah sehingga setiap tanaman dapat selalu subur dan segar. Memberikan unsur mineral yang dibutuhkan daun untuk berfotosintesa sehingga bisa menyuplai segala kebutuhan tanaman. Memacu pertumbuhan bunga/buah serta menjaga bunga/buah tetap sehat, segar juga kokoh.


  • HORMONIK
Adalah Hormon pemacu percepatan pertumbuhan tanaman, pemacu percepatan pembuahan/pembungaan, pemacu pelebatan hasil bunga/buah suatu tanaman, dan memacu pembesaran hasil buah secara instan dan komplek.
Kandungan yang ada di dalam Hormonik ini sangat cocok pada semua jenis tanaman buah dan sangat dibutuhkan oleh tanaman buah agar bisa terus berbuah secara kontinyu. 

Paket Lengkap Pupuk Organik NASA Untuk Kelengkeng
Pupuk organik nasa ini tidak hanya bisa digunakan pada saat awal olah tanah lahan untuk persiapan tanam bibit kelengkeng saja, tetapi juga bisa diberikan pada pohon kelengkeng yang sudah berumur tua dan juga pada tanaman kelengkeng yang sudah tertanam dilahan tanah/dalampot (tabulampot). 

Cara Pemberian Pupuk Nasa Pada Tanaman Kelengkeng
Ada beberapa cara pemupukan tanaman kelengkeng dengan menggunakan pupuk organik nasa ini. Tetapi, cara inilah yang paling ampuh dan sudah banyak terbukti dimana-mana mampu membuat tanaman kelengkeng cepat sekali berbuah - berbuah sangat lebat - berbuah terus menerus, yaitu :

# Sebelum Penanaman Bibit/Tanaman Sudah Tertanam Di Lahan/Pot #
- Ambil 2 - 4 sdm (Sendok Makan) SUPERNASA + Ambil 2 - 4 sdm (Sendok Makan) POWER NUTRITION lalu campurkan bersama 5 - 7 liter air. 

- Kalau bisa, ditambahkan 2 sdm NPK + 2 sdm Urea dan 10 sdm Dolomit

- Aduk merata sambil diperas peras sampai larutan benar-benar tercampur merata 

- Diamkan selama 5 - 10 menit terlebih dulu dalam kondisi tertutup rapat. 

- Ambil 1 gayung air (1 liter) larutan tadi,  lalu 1 liter itu ditambahkan 500ml air baru. 
(Diaduk merata) 

- Kocorkan / siramkan secara merata (melingkar) mulai dari ujung batang tanaman tumbuh sampai daun terluar. 
(Sisa air yang masih ada, bisa langsung di siramkan ke tanaman lain) 
NB : Pengocoran pupuk kedua dilakukan bersama POWER NUTRITION di bulan ketiga sejak pemupukan pertama

# Setelah 20 - 25 Hari Setelah Tanam #
- Ambil 4 sdm POWER NUTRITION lalu di campurkan ke dalam 5 liter air

- Tambahkan 4 sdm NPK + 2 sdm KCL + 2 sdm SP36

- Masukkan Semuanya kedalam ember air 5 liter tadi, lalu di aduk merata sampai pupuk POWER NUTRITION benar benar merata

- Ambil air baru dengan wadah yang baru juga sebanyak 500ml - 800ml

- Lalu ambil 500ml air larutan induk tadi dan kemudian di campurkan ke dalam 500ml air baru tadi

- Kocorkan / siramkan merata ke tanah, dimulai dari batang tanaman tumbuh, mengelilingi tanaman sampai daun terluar tanaman kelengkeng

NB : pemupukan kedua dilakukan setelah 3 bulan sejak pemupukan awal. Setelah itu tidak di pupuk lagi selama 1 - 1,5 tahun kedepan yang DIJAMIN tanaman kelengkeng tetap berbuah lebat dan produktif. 

Untuk Hormon pemacu (HORMONIK) dan POC NASA
- Ambil 3 - 4 tutup botol per pupuk HORMONIK dan POC NASA

- Campurkan ke dalam 15 - 17 liter air tangki semprot yang dimiliki

- Semprotkan ke tanaman dari batang terbawah sampai daun teratas
Usahakan menyemprot bagian belakang daun. Agar proses fotosintesa tanaman berjalan sangat maksimal.

- penyemprotan dilakukan jam 8 - 9 pagi hari

NB - Lakukan penyemprotan lagi setelah 25 hari sejak penyemprotan pertama


Selain kegiatan pemupukan dengan pupuk organik Nasa yang sudah terbukti dimana-mana kualitas dan hasilnya, ada baiknya juga dilakukan beberapa kegiatan lain yang akan membuat tanaman kelengkeng subur, sehat, cepat berbuah dan menghasilkan buah yang lebat, yaitu :

- Bersihkan tanah dibawah kanopi dari kerikil, sampah dan gulma. Terutama di sekitar 1 meter dari batang tanaman tumbuh.

- Bersihkan rempelan / benalu yang menempel dibatang pohon kelengkeng

- Lakukan pemangkasan samping jika kanopi tanaman terlalu rimbun agar sinar matahari masuk dan sirkulasi udara bagus. Jika ada beberapa ranting yang ujungnya daun muda maka dipangkas ujung rantingnya.
Hal ini dilakukan apabila jarak tanam antar tanaman terlalu pendek dari jarak tanam ideal yaitu sekitar 8 - 10 meter per tanaman.

- Penyiraman dengan air tiap pagi dan sore dengan dosis air yang secukupnya saja, jangan terlalu basah menggenang.

- Berikan obat anti lalat buah di beberapa titik pohon kelengkeng yang akan mencegah dan menanggulangi hama lalat buah dan serangga buah lain yang dapat membuat hasil buah kelengkeng busuk.

Perlakuan itu akan membuat perubahan hormon di ujung ranting sehingga mengubah dari fase vegetatif ke generatif. Terbukti memberikan mineral dan unsur hara yang terbaik untuk pembungaan dan pembuahan secara signifikan. Keberhasilan perlakuan akan terlihat 20 - 40 hari setelah proses pemupukan dan perlakuan di atas tadi yang ditandai dengan munculnya bunga dan perubahan warna daun menjadi lebih segar, lebih hijau dan lebih subur daripada sebelumnya.

Sudah banyak petani / pecinta kelengkeng berhasil mendapatkan hasil buah yang sempurna dan sangat lebat sehingga mampu mendapatkan keuntungan  berlipat dari hasil panen buah kelengkeng yang mereka budidayakan.
Kuncinya hanya ndengan pupuk organik khusus buah dari NASA ini !!!

Selamat Mencoba !!!

Oleh : Agus Setiawan
(Ahli Budidaya PT. Natural Nusantara di kantor Pusat Nasa Yogyakarta)
No. HP / WA : 0822 2151 6031 & 0812 2738 2748

Untuk Pemesanan Pupuk Buah Kelengkeng/Konsultasi, silahkan hubungi Kami !!

Klik tombol Whatsapp dibawah ini agar langsung terkoneksi dengan kami :




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menggunakan Pupuk Nasa Untuk Kelengkeng Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar