hiderblog

hiderblog

Cara Menanam Tabulampot Kelengkeng Agar Berbuah Lebat


Usaha budidaya kelengkeng dalam pot / tabulampot memang sedang menggeliat belakangan ini. Hal ini dikarenakan karena perawatannya yang mudah, tidak membutuhkan tempat yang luas dan yang utama adalah hasil buah yang dihasilkan juga sangat lebat meski ukuran kelengkengnya sangat pendek, perawatan bisa lebih efektif dan fokus untuk mengoptimalkan hasil buah setiap tanaman dalam pot.
Bahkan kini budidaya tabulampot kelengkeng banyak diperhitungkan khususnya bagi pecinta agribisnis pemula, hal ini sangatlah menjadi peluang yang bagus untuk Anda segera memulai bisnis tabulampot kelengkeng.

Apalagi para pecinta tabulampot kelengkeng saat ini sedang bergairah karena ada beberapa jenis kelengkeng yang sangat digemari masyarakat, misalnya kelengkeng matalada, kelengkeng kristalin, kelengkeng phuangray dan kelengkeng phuangpet.

Oleh karena bisnis tabulampot kelengkeng yang semakin menggoda dan menghasilkan prospek yang bagus inilah, sebaiknya sobat tabulampot harus memberikan perawatan yang tepat untuk menunjang pertumbuhan tanaman kelengkeng.

Sebagai seorang petani pembibit kelengkeng, Kami sendiri dan beberapa banyak konsumen Kami sudah membuktikan sendiri kualitas bibit kelengkeng yang Kami rawat dengan pemupukan organik khusus tanah dan khusus buah sejak usia dini. Sehingga bibit kelengkeng matalada yang masih berukuran 60 Cm - 1 Meter saja sudah berbunga dan berbuah lebat. 
Jika Kami bisa, maka Anda juga pasti bisa mendapatkan hasil buah yang maksimal dari tabulampot kelengkeng Anda!!



Ini adalah rangkaian tahapan mengenai cara menanam kelengkeng sistem tabulampot yang bisa Anda lakukan dengan mudah, yaitu :

Persiapkan Pot Dan Media Tanam Kelengkeng
Salah satu kunci kesuksesan dalam budidaya kelengkeng tabulampot adalah dengan mempersiapkan media tanam yang tepat dan subur agar pertumbuhan tanaman kelengkeng sangat optimal.


Salah satu syarat dalam memaksimalkan media tanam tabulampot kelengkeng adalah memiliki ketersediaan air, nutrisi dan mineral yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tanaman secara lengkap. Untuk itu sebaiknya Anda siapkan dulu beberapa keperluannya, yaitu :

  • Tanah subur atau pasir yang sudah di saring / sudah bercampur tanah
  • Pupuk Kandang Matang (Kami sangat menyarankan pada Anda untuk menggunakan pupuk organik seperti yang Kami pakai, yaitu SUPERNASA atau GRANULE ORGANIK MODERN. Sebab dalam 10 Kg pupuk organik SUPERNASA atau GRANULE ORGANIK MODERN ini sama dengan kandungan  1 Ton pupuk kandang matang)
  • Kapur dolomit pertanian
  • Pupuk NPK, Urea, TSP dan KcL
  • Pupuk POWER NUTRITION BUAH
  • Pupuk POC NASA dan HORMONIK
  • Arang atau briket
  • Pot ukuran diameter 40cm - 50cm atau 70cm - 80cm (tergantung ukuran tanaman dan ukuran luas tempat yang Anda miliki) 
  • Pecahan genteng untuk diletakkan di dasar pot secara pola
  • Serabut kelapa



Setelah semua perlengkapan siap, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan komposisi media tanam tersebut dengan tepat dan baik. 

Komposisi Ideal Media Tanam Tabulampot Kelengkeng

Untuk membuat media tanam yang tepat pada tabulampot kelengkeng, maka hal yang dibutuhkan adalah tahapan proses penanaman tabulampot kelengkeng, yaitu :

  • Campurkan tanah atau pasir dengan GRANULE ORGANIK MODERN SUPERNASA sebanyak 100 gr atau 5 - 7 sdm (sendok Makan)
  • Kemudian tambahkan juga dolomit secukupnya dan NPK serta, kemudian campur secara merata.
  • Rendamlah serabut kelapa dengan menggunakan POC NASA sebanyak 4 tutup botol dan pupuk khusus buah yaitu POWER NUTRITION BUAH sebanyak 4 sendok makan ke dalam 1 liter. Proses perendaman sebaiknya dilakukan 1 - 2 jam.
  • Sebelum memasukkan media tanam pada pot pastikan meletakkan pecahan genteng terlebih dulu di dasar pot menjadi satu lapis dengan tinggi sekitar 5 cm dengan pola peletakan jangan terlalu berdempel, agar ada celah untuk aliran air.
  • Setelah itu, semua campuran di tahapan sebelumnya dimasukkan ke dalam pot yang sudah disediakan tadi dengan ketinggian setengah tinggi pot. 



Granule Organik Modern kemasan 10 Kg

SUPERNASA kemasan 250 Gr

Manfaat nyata GRANULE ORGANIK MODERN atau SUPERNASA pada media tanam adalah untuk memaksimalkan kualitas tanah, membuka pori-pori tanah lebih cepat sehingga tanah yang keras menjadi lebih gembur dan subur. 
Memberikan segala kebutuhan unsur hara dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanah dan akar tanaman. 
Dalam setiap butir pupuk GRANULE ORGANIK MODERN sudah mengandung berbagai bahan alami yang sangat bagus untuk kesuburan tanah dan akar tanaman, sekaligus sebagai anti bakteri yang menyerang akar tanaman.
Apalagi telah melalui uji coba laboratorium dan uji lapangan diberbagai daerah dengan berbagai kondisi tanahnya, bahwa setiap 10 Kg pupuk GRANULE ORGANIK MODERN atau SUPERNASA sama dengan kandungan 1 Ton pupuk kandang, pupuk kompos dan berbagai mineral lain. 

Selain itu perendaman serabut kelapa sebagai komponen media tanam adalah untuk mengantisipasi jika ada infeksi penyakit yang menempel pada serabut kelapa dapat dihilangkan oleh kandungan POC NASA dan sekaligus memberikan perangsang buah alami yang ada di dalam POWER NUTRITION BUAH. Sehingga mampu mempercepat tanaman untuk menghasilkan buah serta merangsang hasil buah yang lebih lebat.

Memilih Bibit Buah Kelengkeng Unggul Berkualitas
Faktor kedua yang sangat berpengaruh pada kesuksesan budidaya tabulampot kelengkeng adalah pemilihan bibit kelengkeng unggul. Bibit kelengkeng yang bagus akan memaksimalkan pertumbuhan secara optimal dan menghasilkan buah yang sangat lebat.


Sebagai seorang petani pembibitan tanaman buah unggul dan berkualitas, Kami menyediakan bibit kelengkeng yang benar-benar unggul, subur dan dijamin mampu berbuah lebat. Kami memiliki beberapa varietas kelengkeng yang mungkin bisa jadi pilihan Anda, yaitu : kelengkeng matalada, kelengkeng new kristal, kelengkeng itoh, kelengkeng merah, kelengkeng kristalin, kelengkeng phuangpet, dll. 
Banyak yang berpendapat bahwa bibit kelengkeng yang bagus yaitu berukuran 15 cm - 20cm serta memiliki produktifitas yang bagus untuk tumbuh. Tapi jika Kami boleh memberikan saran, akan sangat baik jika Anda memilih bibit ukuran Minimal 50 cm - 70 cm.

Jika Anda seorang pemula, pilihlah bibit kelengkeng yang sudah berbunga, batang lumayan besar dan segar, lalu pastikan kondisi daun rimbun dan hijau segar. Akan lebih bagus jika Anda menanyakan tentang history bibit tersebut.

Begini Proses Menanam Bibit Kelengkeng Ke Dalam Pot
Selanjutnya adalah melakukan proses penanaman bibit kelengkeng pilihan Anda ke dalam pot yang sudah Anda persiapkan sebelumnya dengan baik dan tepat, begini tahapannya :

  • Masukkan tanah media tanam yang sudah tercampur di tahapan sebelumnya tadi kedalam pot dengan ketinggian awal 3/4 pot.
  • Buatlah lobang pada bagian tengah pot menyesuaikan dengan ukuran tanah bawaan bibit
  • Kemudian masukkan bibit kelengkeng yang sudah dipilih tadi (ingatlah, jangan sampai merusak tanah bawaan atau akar dari bibit)
  • Tutup akar bibit dengan hati-hati sampai bagian batang bawah dengan tanah.
  • Setelah bibit masuk tertanam ke dalam tanah, kemudian tutup atas tanah sisa dari ketinggian tadi dengan arang atau serabut kelapa yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Setelah itu maka siram media tanam tabulampot kelengkeng dengan takaran air sedikit dan merata agar media tanam lembab.
  • Terakhir, siram media tanam dengan SUPERNASA takaran 200ml (yang berasal dari 2 sendok makan pupuk SUPERNASA dicampur 5 liter air) 
  • Diberikan sebanyak 200ml - 400ml per tanaman hingga basah dan meresap kedalam media tanam. (Pemupukan SUPERNASA idealnya ini dilakukan setiap 2 bulan sekali sampai 1 tahun pertama dan setelah itu tidak dilakukan pemupukan lagi selama 2 tahun )



Itulah proses penanaman bibit kelengkeng ke dalam pot yang baik dan pasti cepat berbuah. Dan guna memaksimalkan penanaman tabulampot kelengkeng, kegunaan SUPERNASA untuk media tanam kelengkeng salah satunya meningkatkan kualitas tanah menjadi gembur dan subur, memberi nutrisi dan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanah dan akar tanaman, sekaligus sebagai penjaga tanah dari segala serangan virus dan bakteri yang biasanya menyerang akar tanaman.

Bibit Kelengkeng Sudah Buah Koleksi Kami

Cara Merawat Kelengkeng di Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Dan Lebat
Tahap perawatan tanaman adalah proses penting yang harus dilakukan dalam budidaya kelengkeng dalam pot.


Pohon kelengkeng dalam pot harus secara rutin dilakukan penyiraman. Pastikan pohon tidak kekurangan air karena bisa membuatnya layu, dan pastikan pula air yang diberikan tidak terlalu banyak, cukup basah dan lembab saja.

Khusus di saat musim hujan, penyiraman dapat dilakukan satu kali saja yaitu pada pagi atau sore hari.

Akan tetapi pada musim kemarau penyiraman sebaiknya dilakukan 2 kali pada pagi dan sore hari.

Lakukan Pemupukan Secara Rutin Sesuai Umur Dan Takaran

Salah satu rahasia sukses membudidayakan kelengkeng tabulampot adalah  mengaplikasikan Paket Pupuk Organik NASA Khusus Buah yang terbukti menumbuhkan bunga secara merata dan maksimal setelah 1 bulan pemakaian.

Tabur Pupuk POWER NUTRITION BUAH dan SUPERNASA secara merata didekat tanaman kelengkeng, tujuannya untuk meningkatkan kebutuhan nutrisi tanaman kelengkeng untuk selalu tercukupi, tidak mudah hilang dan penyerapan menjadi lebih optimal di berbagai fase pertumbuhan. Juga sebagai perangsang pembungaan dan pembuahan secara maksimal, sekaligus memnuhi kebutuhan nutrisi khusus buah pada tanaman.

Lalu penyemprotan HORMONIK dan POC NASA pada tanaman kelengkeng meskipun umur/ukurannya masih kecil TERBUKTI NYATA mampu :

  • Mengoptimalkan serta menyediakan unsur hara mikro bagi tanaman, Mempercepat pertumbuhan/perkembangan tanaman kelengkeng, 
  • Memacu pertumbuhan bunga/buah, 
  • Memperkokoh bunga/buah sehingga tidak mudah rontok, 
  • Menyuburkan tanaman dan mencukupi kebutuhan nutrisi mineral untuk fotosistesa,
  • Dan masih ada beberapa manfaat lain yangn bagus untuk tanaman buah


Dengan pemberian POWER NUTRITION dan SUPERNASA untuk memaksimalkan kaulitas pertumbuhan buah/bunga dengan takaran 4 sendok makan : 8 liter air dan disiramkan 400ml per tanaman. TERBUKTI mampu mempercepat proses pembuahan tanaman kelengkeng dan membuat hasil buahnya lebat.

Dengan penggunaan HORMONIK dan POC NASA untuk memaksimalkan kualitas pertumbuhan dengan takaran 2 tutup : 15 liter air tangki semprot. Diberikan dengan cara penyemprotan dari ujung batang tumbuh sampai daun teratas tetapi fokus di bagian belakang daun agar hasil maksimal. Penyemprotan dilakukan setiap 20 hari sekali selama 2 bulan pertama, setelah itu sudah tidak dilakukan lagi selama 4 bulan lamanya.

Lakukan Pemangkasan Pada Cabang Tanaman 
Pemangkasan cabang pohon perlu dilakukan agar tanaman tidak memiliki banyak percabangan, tidak terlalu tinggi dan lebat. Fokuskan pada batang tanaman yang sekiranya kurang bagus.

Selain itu pohon kelengkeng di dalam pot juga dapat terlihat lebih indah dan menarik. Proses pemangkasan ini bisa dilakukan ketika pohon sudah memiliki tunas baru sebagai cabang sekundernya.


Setelah dipangkas, sebaiknya batang sisa pangkasan tadi segera di beri 1 tetes HORMONIK agar kandungan hormon pembuahan tadi dapat terserap sempurna oleh umbium batang sehingga mampu mempercepat pembungaan dan pembuahan secara instant.

Hormon Pemacu Pertumbuhan / Pembungaan / Pembuahan

POC NASA Pupuk Penyubur Tanaman Dan Daun No.1

Pengendalian Hama dan Penyakit Tabulampot Kelengkeng

Selain perawatandan pemupukan pada tanaman kelengkeng tadi, pengendalian penyakit yang biasanya menyerang tanaman buah juga harus diantisiapasi dan diperhatikan agar pertumbuhan buah tidak terganggu.

1. Penyakit putih pada akar tanaman
Jenis penyakit ini disebabkan karena adanya jamur pada tanah media tanam. Pohon yang terkena penyakit ini mempunyai ciri daunnya menguning dan layu, kemudian daun akan rontok hingga pohon mati.

Bahkan penyakit ini dapat menyerang tanaman muda yang berumur kurang dari 10 tahun.


Pengendaliannya : Lakukan penyemprotan dan penaburan GLIOCARDIUM ORGANIK pada tanah media tanam juga pada tanaman terutama batang bawah untuk mencegah, mengobati, menyembuhkan penyakit putih ini.

2. Hama Ulat / Semut / Serangga
Hama ulat akan menyerang bagian daun pada pohon kelengkeng, hal ini tentu akan menghambat proses fotosintesis.

Akibatnya perkembangan dan pertumbuhan pohon akan terganggu. Apabila tanaman sudah mulai berbuah, ulat dan lalat buah juga bisa menyerang buahnya.

Ciri tanaman kelengkeng yang terserang ulat adalah daunnya yang bolong atau bahkan habis dimakan. Jika terkena lalat buah maka buahnya busuk dan terlihat layu.

Pengendaliannya : daun yang terkena hama ini segera dipetik dan buang ulatnya, selain itu lakukan penyemprotan menggunakan BEAUVERIA ORGANIK yang sudah terbukti dimana mana ampuh mencegah/membunuh hama ulat, hama serangga, hama kutu, dll.

3. Buah Kelengkeng Tiba-Tiba Layu Dan Mati
Penyakit layu ini biasanya dapat memicu kematian dan terjadi secara tiba-tiba, hal ini disebabkan karena adanya infeksi jamur pada sistem perakaran. Jamur ini juga menyerang banyak tanaman buah selain tanaman kelengkeng. Ditandai dengan daun pada kuning layu kecoklatan secara massal lalu rontok.

PengendaliannyaPenyakit fusarium ini bisa ditanggulangi dengan cara memberikan GLIOCARDIUM ORGANIK dicampur air sabun. 
Hasilnya sudah banyak yang membuktikannya sendiri pada tabulampotnya dan juga selalu melakukan kegiatan itu untuk mencegah penyakit layu ini.

Pemberiannya dibiasakan saat pergantian suhu udara, misal subuh hari - jam 7 pagi atau jam 18.00 - 20.00 petang.


Langkah yang baik dan tepat dalam menanam tabulampot kelengkeng adalah dengan memberikan kombinasi Pupuk Organik NASA sejak awal sehingga Anda bisa mendapatkan hasil buah yang maksimal dan juga tanaman yang indah juga subur menenangkan hati.

Memanen Buah Kelengkeng

Salah satu kegiatan yang paling Anda suka dan harapkan adalah memanen hasil buah kelengkeng yang selama ini sudah Anda rawat dan pupuk. 

Selamat Mencoba dan Semoga Sukses Terus Bersama Kami!

Untuk Pemesanan Bibit Tanaman Buah Unggul, Asli dan Produktif,
Untuk Pemesanan Pupuk Buah Lengkap / Eceran dan Konsultasi Budidaya,
silahkan hubungi kami :
- Nama          : Agus Setiawan
- No. HP / WA : 0822 2151 6031 / 0812 2738 2748







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menanam Tabulampot Kelengkeng Agar Berbuah Lebat"

Posting Komentar