hiderblog

hiderblog

Cara Ampuh Agar Kapulaga Berbuah Lebat Dan Produktif

 

 Kapulaga adalah salah satu bahan rempah yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Tak hanya untuk bumbu masakan, tetapi kapulaga juga bermanfaat untuk minuman, obat herbal, dll. Apakah Anda tertarik untuk membudidayakannya ?!

 Jika melihat potensi pasar yang berkembang saat ini, kapulaga menjadi sumber potensi hasil bumi yang sangat menguntungkan sekali. Prospek kedepannya juga sangat bagus. Harga kapulaga basah ataupun kapulaga kering cenderung stabil dan bahkan selalu meningkat dari waktu ke waktu.


 Namun yang namanya tanaman budidaya pasti memiliki berbagai kendala yang harus dihadapai oleh para petani kapulaga, misalnya hasil buah yang sedikit atau tanaman kapulaga yang lama berbuah. Untuk itulah, apakah Anda berminat meningkatkan hasil panen kapulaga Anda ?!

 Menanam tanaman kapulaga yang memiliki hasil buah melimpah dan berkualitas unggulan tentu tidak lepas dari perawatan rutin, pemangkasan, penyiangan dan pemupukan yang bagus. Selain itu tanaman kapulaga yang produktif juga memerlukan perawatan yang sedikit intensif agar bisa tumbuh subur dan produktif sepanjang tahun. Bahkan tanaman kapulaga tetap akan terjaga produktif berbuahnya meskipun telah dipanen.

 Bahan tanam dari biji memerlukan persemaian lebih dahulu dan memakan waktu sekitar 3 - 4 bulan, tergantung media tanam yang digunakan. Bahan tanam dari biji dalam polybag dipindahkan ke lahan tanam, sebaiknya menunggu hingga tinggi bibit mencapai 30 - 50 Cm. Sebaliknya jika menggunakan vegetatif, dari anakan  yang telah mencapai tinggi 30 - 50 Cm dan dalam kondisi sehat.

 Jika dulur-dulur ingin melakukan pembibitan dari biji, akan lebih bagus jika biji kapulaga pilihan tersebut di rendam dulu ke dalam cairan pupuk HORMONIK. Agar biji sehat, pertumbuhan bagus dan produktif nanti saat ditanam di lahan tanam.


 Perlu dulur-dulur ketahui bahwa tanaman kapulaga bukanlah tanaman mandiri, makanya perlu tanaman pendamping atau naungan. Oleh karenanya sebelum bibit kapulaga ditanam dilahan tanam, sebaiknya persiapkan pohon pelindung terlbih dulu. Pohon pelindung dapat berupa pohon sengon, pohon durian, pohon alpukat, dll

 Lahan untuk budidaya kapulaga dicangkul sedalam 30 atau 40 cm. Setelah penggemburan selesai, taburkan kapur pertanian / dolomit jika pH tanah dibawah 5,6. 

Jarak tanam kapulaga yang ideal adalah 1 x 2 meter atau 1,5 x 2 meter atau 1 x 2,5 meter. Sebelum tanam dipersiapkan lubang tanam dengan ukuran 30x30 x30 cm. Bibit berupa anakan ditanam seminggu setelah media tanam dilahan sudah siap.


TAHAPAN PENANAMAN KAPULAGA YANG PRODUKTIF

 Salah satu faktor penting kesuksesan budidaya kapulaga adalah pemupukan. Dan pupuk yang terbaik untuk memacu kapulaga cepat berbuah dan hasul buahnya lebat adalah pupuk organik, bukan pupuk kimia (anorganik). Sudah banyak terbukti di berbagai daerah bahwa pupuk khusus kapulaga yang terbaik adalah pupuk organik Nasa khusus kapulaga. 


 Sejak awal olah tanah lahan sebaiknya sudah dilakukan pemupukan supaya tanah lahan gembur dan subur, bahkan selama proses perawatan kondisi tanah tetap harus dipastikan tetap subur. Untuk itu bukan hanya kebutuhan pupuk makro dan mikro saja yang dipenuhi, tapi unsur hara yang mengandung Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K), Magnesium (Mg), Unsur hormon pemacu buah dan pemacu pertumbuhan.


 Bahkan saat tanaman kapulaga dipanen pertama umur 2 - 3 tahun setelah penanaman bibit, sebaiknya pemupukan terus dilanjutkan. Sebab usia pertumbuhan dan produktivitas tanaman kapulaga normalnya adalah sampai umur 11 - 12 tahun. Tetapi jika pemupukan menggunakan pupuk organik khusus kapulaga dari Nasa, usia produktivitas bisa diperpanjang sampai umur 14 - 15 tahun, dan setiap tahun selalu produktif berbuah. Sungguh sangat menguntungkan bukan ?!

Jadi, pemupukan jangan berhenti, selalu lakukan pemupukan tiap tahun agar proses panen dan produktivitasnya selalu meningkat dan berlipat-lipat, sehingga dulur-dulur selalu mendapatkan keuntungan.


MAU KAPULAGA BERBUAH LEBAT?! PUPUKLAH DENGAN PUPUK KAPULAGA TERBAIK!!

 Bayangkan saja jika tanaman kapulaga cukup nutrisi, cukup hormon dan cukup unsur hara disepanjang masa pertumbuhannya?! Tentu akan menghasilkan buah yang lebat bukan??!

Minimal hasil panen yang bisa didapatkan adalah sekitar 7 Kg per rumpun per tahun dalam kondisi buah kapulaga basah dan mendapatkan sekitar 3 - 4 Kg dalam kondisi buah kapulaga kering. 

Silahkan dulur-dulur nilai sendiri sudah berapa ribu rupiah itu?! Silahkan dulur-dulur nilai sendiri hasil panen kapulaga dengan menggunakan harga update pasar kapulaga. Tentu harganya sangat tinggi, dan jika sedulur tahu harganya, tentu sudah pasti tambah semangat untuk merawatnya. 


PUPUK DAN CARA PEMUPUKAN KAPULAGA YANG BAIK

 Nah, sekiranya pupuk apa yang paling bagus untuk kapulaga dan kapan saja pupuk itu diaplikasikan agar kapulaga berbuah lebat?! Lalu bagaimana cara pemupukannya?!


1. Pupuk Dasar Sebelum Menanam Kapulaga

 Setelah dulur-dulur dapatkan tanah lahan tanam yang sekiranya subur dan gembur, namun pemupukan dasar tetap harus dilakukan dan diperhatikan untuk semakin mendukung pertumbuhan tanaman kapulaga.

Sebaiknya pupuk dasar yang digunakan adalah pupuk organik. Kenapa harus pupuk organik, bukan langsung pupuk kimia?!

Alasan utama adalah karena untuk membuat tanah semakin subur dan semakin kaya akan unsur hara alami yang akan bertahan selamanya. Jika menggunakan pupuk kimia seperti NPK, UREA, dll yang terjadi biasanya tanah lahan hanya sekedar gembur diawal saja, tetapi setelah beberapa waktu kedepan, tanah lahan tanam justru semakin keras dan kehilangan kesuburan. 

Dulur-dulur bisa melakukan pengecekan sendiri perbedaannya pada tanah lahan yang menggunakan pupuk organik dan pupuk kimia.


 Untuk pupuk organik yang baik itu adalah pupuk kandang atau pupuk kompos. Untuk pupuk organik yang bagus untuk kesuburan tanah dan akar tanaman, sebaiknya menggunakan pupuk SUPERNASA (250 Gr) atau SUPERNASA GRANULE MODERN (10 Kg). Kandungannya yang lengkap dan sekaligus memberikan segala kebutuhan nutrisi pada tanah agar tanah selalu subur dan gembur sehingga selalu bagus untuk menunjang pertumbuhan tanaman kapulaga agar cepat tumbuh besar dan cepat berbuah.

Apalagi dalam SUPERNASA (250 Gr) atau SUPERNASA GRANULE MODERN (10 Kg) sudah terbukti secara teknis dan ilmiah bahwa setiap 10 Kg pupuk SUPERNASA (250 Gr) atau SUPERNASA GRANULE MODERN (10 Kg) sama dengan mengandung 1 Ton pupuk kandang campur pupuk kompos matang. Sangat irit dan sangat efisien bukan?!

Pupuk dasar sebaiknya diaplikasikan langsung ke lahan tanam dan lobang tanam yang sudah disiapkan dengan dosis takaran yang tepat.

Ini adalah cara aplikasi pupuk dasar sebelum penanaman Kapulaga yang terbukti subur, hemat biaya dan mampu menghasilkan buah kapulaga lebat berbobot :

  • Pilihlah area lahan yang sekiranya subur dan gembur. Apabila sudah ada pohon yang bisa dijadikan pelindung untuk kapulaga, sebaiknya pilihlah menanam tanaman kapulaga ditengah-tengah antara kedua pohon pelindung tersebut.
  • Siapkan pupuk SUPERNASA (250 Gr) atau SUPERNASA GRANULE MODERN (10 Kg) dan sedikit pupuk NPK, UREA, KCL dan Dolomit pertanian
  • Buat lobang tanam dengan ukuran 3 - 4 kali lebih besar daripada ukuran bibit.
  • Ambil 1 Kg pupuk SUPERNASA (250 Gr) atau SUPERNASA GRANULE MODERN (10 Kg) = Untuk luasan 1500 m², lalu siapkan juga 10 - 12 liter air bersih dalam ember. Ambil 200 Gr NPK, 200 Gr UREA, 100 Gr KcL dan 5 Kg Dolomit pertanian.
  • Campurkan semuanya tadi dalam ember sambil di remas-remas agar pupuk tercampur dan menjadi halus. Nah campuran tadi sudah menjadai campuran pupuk induk
  • Kemudian ambil sekitar 500 ml air baru. Lalu ambillah 500 ml air larutan induk tadi. Campurkan menjadi 1 larutan, kemudian siramkan pada tanah bekas galian lobang tanam tadi. Juga disiramkan merata ke dalam lobang tanam yang sudah di buat tadi secara merata
  • Diamkan sementara, sekitar 10 - 20 menit sampai air pupuk yang di dalam lobang tanah tadi sudah berkurang atau sudah habis terserap oleh tanah
  • Setelah kering atau lembab, masukkan kembali tanah galian lobang tanah yang juga sudah tercampur pupuk tadi ke dalam lobang tanam
  • Diamkan selama 1 minggu terlebih dulu sebelum mulai proses penanaman bibit kapulaga.


2. Pupuk Susulan Kapulaga Termasuk Pupuk Buah dan Penyubur Pertumbuhan

 Untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman kapulaga , perawatan dan pemupukan susulan setelah proses penanaman memang sangat di perlukan agar hasil tanaman juga bagus misalnya tanaman kapulaga yang subur, cepat tumbuh besar dan mampu menghasilkan hasil buah yang sesuai harapan.


 Pemupukan susulan ini sebaiknya dilakukan dengan menggunakan pupuk organik dan pupuk kimia. Selain itu juga dilakukan pemangkasan dan pembersihan gulma di sekitar tanaman kapulaga.

I. Pupuk Organik Padat Kapulaga Terbaik

 Untuk menunjang kesuburan tanah, akar dan tanaman kapulaga, sekaligus juga untuk memberikan percepatan pertumbuhan tanaman kapulaga, perangsang percepatan produksi buah kapulaga, sebaiknya diberikan Pupuk Organik Kapulaga Terbaik yaitu PAKET LENGKAP PUPUK NASA.

Paket lengkap pupuk organik nasa khusus kapulaga ini terdiri dari 4 macam pupuk utama yang sebenarnya saling mengisi satu sama lain guna memacu hasil buah kapulaga yang lebat, yaitu :

  • SUPERNASA / SUPERNASA GRANULE

 Yaitu pupuk organik padat khusus kesuburan tanah, memberikan mineral esensial pada tanah, memberikan unsur hara yang dibutuhkan tanah sekaligus memberikan asupan oksigen pada tanah sehingga tanah selalu gembur dan subur, memberikan unsur hara perangsang akar dan kesuburan batang tumbuhan. 

Dimana setiap 10 Kg pupuk SUPERNASA ini kandungannya SAMA DENGAN 1 Ton pupuk kandang matang dan beberapa pupuk / mineral lain yang sangat bagus untuk kesuburan tanah.

SUPERNASA ukuran 250 Gr
SUPERNASA kemasan 250 Gr

  • POWER NUTRITION BUAH

 Adalah pupuk organik padat khusus perangsang buah/booster buah paling ampuh saat ini. Mampu merangsang pembuahan/pembungaan dengan sangat cepat sekaligus memberikan hormon buah. Kandungan pupuk Power Nutrition Buah ini akan selamanya terkandung di dalam tanah, tanaman dan akar tanaman sehingga tanaman tetap akan berbuah terus menerus meski di luar musimnya. 

Kandungan lain yang ada di dalam pupuk buah ini adalah memberikan kekuatan pada bunga/buah agar tetap kuat sehingga tidak rontok. Memberikan unsur hara dan mineral pada tanaman agar tetap berbuah meskipun umur tanaman sudah sangat tua dan sudah menurun produksi buahnya agar menjadi produktif berbuah lagi seperti umur tanaman yang masih muda.

POWER NUTRITION BUAH kemasan 250 Gr

  • POC NASA

 Adalah pupuk cair yang sangat ampuh memberikan percepatan pertumbuhan batang dan daun, memberikan kesegaran pada batang dan daun setiap tanaman buah sehingga setiap tanaman dapat selalu subur dan segar. Memberikan unsur mineral yang dibutuhkan daun untuk berfotosintesa sehingga bisa menyuplai segala kebutuhan tanaman. Memacu pertumbuhan bunga/buah serta menjaga bunga/buah tetap sehat, segar juga kokoh.

POC NASA kemasan 250 ml dan 500 ml

  • HORMONIK

 Adalah Hormon pemacu percepatan pertumbuhan tanaman, pemacu percepatan pembuahan/pembungaan, pemacu pelebatan hasil bunga/buah suatu tanaman, dan memacu pembesaran ukuran buah secara instan dan komplek.

Kandungan pupuk dan hormon tanaman yang ada di dalam Hormonik ini sangat cocok pada semua jenis tanaman buah dan sangat dibutuhkan oleh tanaman buah agar bisa terus berbuah secara kontinyu. Sekaligus menjaga hasil buah agar kokoh dan tidak mudah rontok.

HORMONIK kemasan 100 ml

 Pemakaian pupuk organik nasa untuk tanaman kapulaga ini sangatlah hemat dan irit biaya. Apalagi hemat tenaga, dikarenakan pemupukan pupuk organik nasa ini hanya dalam waktu 1 tahun pertama saja, lalu 2 tahun berikutnya sudah tidak dilakukan pemupukan lagi. Tetapi DIJAMIN hasil panen dan hasil buahnya sangat lebat dan sangat produktif. Karena sudah banyak petani kapulaga testimoni pada kami dan selalu pesan Paket Lengkap Pupuk Nasa ini kepada kami.

Pupuk kapulaga ini sudah ideal untuk 2 kali proses pemupukan bagi sekitar 1200 tanaman kapulaga. Jika jumlah tanaman kapulaga dulur-dulur dibawah itu, maka paket lengkap pupuk organik kapulaga nasa ini bisa untuk 4 kali proses pemupukan. 

Cara Penggunaan Pupuk Nasa Pada Tanaman Kapulaga 
 Setelah pemberian pupuk dasar, maka dilakukan proses pemupukan susulan dengan menggunakan pupuk khusus buah organik dari nasa agar hasil panen kapulaga seperti yang diharapkan.

Pemupukan kocor / siram ke tanah lahan tanam kapulaga :
  • Langkah pertama setelah 20 -  25 hari setelah tanam (hst) adalah pemberian pupuk khusus buah yaitu POWER NUTRITION dan pupuk SUPERNASA.
  • Ambil 4 sendok makan (sdm) pupuk POWER NUTRITION dan 2 sdm pupuk SUPERNASA, lalu dicampurkan ke dalam 5 liter air bersih. Jika untuk jumlah tanaman yang lebih dari 500 bibit tanaman kapulaga, sebaiknya ambil 6 sendok makan (sdm) POWER NUTRITION dan 4 sdm SUPERNASA ke dalam 5 liter air bersih 
  • Ambil 2 sdm NPK, 2 sdm UREA dan 4 sdm SP-36
  • Campurkan semua bahan diatas ke dalam 5 liter air bersih tadi, di remas-remas sampai semua pupuk tercampur rata dan pupuk Power Nutrition halus. Menjadi larutan induk (A). 
  • Lalu ambil 500 ml air baru dengan ember baru (B). Ambil 400 ml air dari larutan induk yang sudah tercampur tadi (A).
  • Campurkan kedua air tadi (A & B) menjadi satu larutan dalam satu tempat
  • Kemudian kocorkan / siramkan merata ke tanah mulai dari tempat tumbuhnya batang-batang tanaman kapulaga. Di kocorkan dengan cara mengelilingi / melingkar dari pokok batang sampai daun terluar.
  • Sisa dari larutan tadi bisa dipakai untuk tanaman kapulaga yang lain yang ditanam.
  • Pemupukan ini bisa dilakukan setiap 2 - 4 bulan sekali selama setahun. Dan kemudian di tahun kedua sudah tidak dilakukan pemupukan lagi. Baru di tahun ketiga, dilakukan pemupukan 1 kali.

II. Pupuk Cair Organik Penyemprot Tanaman Kapulaga

 Proses pemupukan lanjutan adalah dengan cara penyemprotan tanaman kapulaga dengan pupuk organik cair agar tanaman kapulaga semakin cepat pertumbuhannya, semakin segar batang dan daunnya, semakin sehat dan subur, memenuhi kebutuhan unsur hara / hormon yang di butuhkan tumbuhan kapulaga.
Pemupukan semprot ini sebaiknya dilakukan setelah umur 30 hst dan selanjutnya dilakukan penyemprotan lagi setiap 15 - 25 hari sekali. 

Pemupukan cair orgaik terbaik untuk penyemprotan tanaman kapulaga :
  • Siapkan tangki semprot yang dimiliki dan siapkan ember yang sesuai dengan ukuran tangki semprot.
  • Ambil 4 tutup botol pupuk organik cair POC NASA dan 4 tutup botol HORMONIK. Kemudian campurkan ke dalam ember air yang sudah disiapkan tadi.
  • Setelah semuanya tercampur, kemudian masukkan air campuran tadi kedalam tangki semprot yang sudah di siapkan tadi.
  • Lakukan penyemprotan ke tanaman kapulaga. Penyemprotan dilakukan mulai dari ujung batang tumbuh lalu ke arah atas sampai daun tertinggi. Utamakan penyemprotan bagian belakang daun kapulaga.
  • Penyemprotan sebaiknya dilakukan antara jam 09.00 - 10.00 WIB, agar saat proses fotosintesa di siang hari dapat berjalan sempurna dan terserap sempurna oleh tanaman untuk tumbuh dan subur.
 Perubahan langsung terlihat hanya 3 hari sejak penyemprotan pupuk organik ini, yaitu warna daun lebih hijau sega, batang tampak lebih segar subur dan pertumbuhan juga terlihat bagus.

Khusus HORMONIK, bisa dilakukan saat pemupukan kocor yaitu dengan penambahan 2 tutup botol ke dalam larutan induk campuran pupuk POWER NUTRITION dan SUPERNASA

Khusus POC NASA bisa dilakukan penyemprotan sendiri tanpa perlu HORMONIK di setiap 15 hari.



III. Pupuk Kimia (Anorganik)

 Pupuk kimia yang digunakan untuk kapulaga hanyalah 20% saja dari penggunaan periode tanam sebelumnya. Sebab kualitas pupuk organik Nasa memang mengurangi jumlah penggunaan pupuk kimia sebanyak 80%. 

Pemakaian pupuk kimia seperti NPK memang mampu memberi unsur hara untuk kebutuhan N, P, K agar di serap oleh tanaman. Dengan penggunaan NPK 15:15:15.

Pupuk NPK 15:15:15 diberikan pada saat tanaman kapulaga berumur 1 bulan hst. Cukup dengan ditaburkan atau dibenamkan ke tanah sekeliling tanaman kapulaga. Dosis pemberian pupuk NPK idealnya 20 Gr - 30 Gr per tanaman (rumpun).

Pemupukan lanjutan untuk NPK ini bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan cara dan dosis yang sama dengan pemberian awal. Dan setelah pemupukan NPK, sebaiknya segera disiram dengan air. Itu dilakukan hanya dimusim kemarau.  


Pemangkasan Dan Penyiangan Gulma

 Kegiatan pemangkasan / penyiangan gulma sebaiknya dilakukan setiap 1 - 2 bulan sekali. Membersihkan tanah sekitar batang kapulaga tumbuh dari segala batu, rumput dan jamur pengganggu yang tujuannya adalah tanaman bebas hama penyakit, khasiat pupuk yang diberikan dapat terserap secara sempurna oleh tanaman kapulaga, dll

Proses pembersihan gulma dan pembersihan lahan tanam ini sebaiknya melingkar dengan diameter 10 meter dari pokok batang tanaman kapulaga tumbuh.


Panen Kapulaga Dengan Hasil Sangat Maksimal Dan Pasca Panen

 Setelah melalui perawatan dan pemupukan yang baik, terutama proses pemupukan yang bagus dengan menggunakan pupuk kapulaga terbaik, maka saatnya panen buah kapulaga yang sudah berbuah lebat.

Jika setelah panen, segera tentukan kadar air kapulaga yang bagus untuk segera di jual ke pengepul atau langsung ke pabrik dengan harga jual yang tinggi sesuai dengan harga kapulaga per kilogram saat itu.

 Setelah proses panen selesai, segera lakukan pemupukan tanah dan sedikit olah tanah di sekitar batang tanaman kapulga tadi. Kemudian berikan pemupukan seperti proses awal tadi, cukup sekali pemupukan saja selama 1 tahun kedepan. Agar tanaman kembali subur dan cepat berbuah kembali untuk segera dipanen lagi.


 Demikian cara budidaya kapulaga yang sangat menguntungkan dengan menggunakan pupuk nasa yang sudah terbukti mampu membuat hasil buah kapulaga lebat dan berbuah terus menerus.


 Selamat Mencoba dan Semoga Sukses Selalu ! 


 Untuk konsultasi / Pemesanan Pupuk Nasa / Cara Budidaya Kapulaga yang menguntungkan, silahkan hubungi kami :

- Nama             :  Agus Setiawan

- No. HP / WA   :  0822 2151 6031 / 0812 2738 2748


#kapulaga #hargakapulagaputih #petanikapulaga #carabudidayakapulaga #pupukkapulaga #kapulagaasli #kapulagamerah #kapulagahijau #kapulagahitam #carapemupukankapulaga





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ampuh Agar Kapulaga Berbuah Lebat Dan Produktif"

Posting Komentar