hiderblog

hiderblog

Pupuk Sawit Yang Bagus Meningkatkan Hasil Buah Sawit


Harga sawit saat ini sedang bagus dan akan selalu naik tinggi karena penggunaan sawit sebagai bahan bakar oleh Pertamina dengan kualitas ekspor ke luar negeri. Selain itu, masih banyak manfaat buah sawit untuk kebutuhan masyarakat.  Tetapi para petani sawit banyak dihadapkan kendala dalam proses budidaya kelapa sawitnya yaitu :
- Kondisi lahan / tanah keras dan kekurangan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman sawit
- Mendapatkan banyak buah pasir
- Kurangnya peningkatan jumlah buah sawit dan kurang besarnya ukuran buah sawit yang dihasilkan
- Mengalami trek sawit
- Kurang suburnya pohon sawit 
- Beberapa kekurangan dan beberapa kendala lain yang di hadapai para petani sawit dalam budidaya kelapa sawitnya

Solusi Sederhana yang murah tetapi sudah banyak terbukti mampu mengatasi semua kendala tersebut diatas sekaligus mampu meningkatkan hasil produksi buah sawit per pohon kelapa sawit yang sudah Kami lakukan selama ini pada beberapa petani kelapa sawit ataupun kepada beberapa pengusaha pemilik kebun sawit di beberapa daerah di Indonesia. Kami sudah melakukan banyak pendampingan teknis budidaya kelapa sawit yang menguntungkan ke beberapa daerah.

Apa yang Kami lakukan aplikasi pemupukan kelapa sawit yang sudah terbukti di beberapa daerah itu adalah dengan menggunakan pupuk organik khusus kelapa sawit yang terbaik yaitu Paket Lengkap Pupuk Sawit Nasa.

Paket Lengkap Pupuk Organik Nasa yang digunakan adalah :
  1. POWER NUTRITION
  2. SUPER GRANULE 
  3. POC NASA 
  4. HORMONIK
  5. FRUITOP SUPER
Dengan pemupukan paket lengkap yang terbaik Kami ini terbukti sudah mampu membantu banyak petani sawit. Dengan harga yang sangat murah dan sekaligus bebas ongkos kirim (sesuai ketentuan) tentu akan sangat menguntungkan bagi para petani sawit dimanapun berada.

Diskusi Singkat :
Banyak sekali petani sawit yang ingin memiliki hasil buah sawit yang besar dan lebat, atau banyak petani sawit yang ingin tanahnya subur hanya dalam waktu yang singkat atau instant. Maksudnya ingin mendapatkan semuanya hanya 1 bulan saja sejak pemupukan pertama.

Sebelumnya, Kami perlu memberi tahukan bahwa dengan kualitas dan kapasitas Paket Lengkap Pupuk Sawit Kami ini sudah mampu memberikan hasil positif bagi banyak pihak terutama para petani sawit. Tetapi memang perlu proses antara 1 - 2 bulan sejak pemupukan pertama yang Anda lakukan.
Pertimbangannya adalah Tanah lahan yang selama puluhan tahun HANYA DIBERIKAN PEMUPUKAN menggunakan pupuk kimia (makro) saja tentu akan membunuh mikroorganisme dalam tanah dan mengurangi kesuburan tanah lahan tanam yaitu berupa tanah menjadi lebih keras setiap hari. Dan hanya gembur selama 1- 5 hari saja sejak pemupukan kimia (makro) yang Anda berikan, lalu setelah 5 hari setelah pemupukan kondisi tanah tersebut pasti akan mengeras lagi. 

Kondisi tersebut dikarenakan tanah lahan sebenarnya membutuhkan komposisi pemupukan yang lengkap dan seimbang yaitu pupuk makro (kimia) dan pupuk mikro (organik). Dan pupuk organik bekerja membutuhkan proses sekitar 1 - 3 bulan setelah pemupukan pertama yang ditandai dengan :
  • Perubahan warna daun yang lebih hijau dan segar daripada sebelumnya
  • Kondisi tanah yang lebih gembur dan tidak keras
  • Warna tanah yang lebih gelap subur daripada sebelumnya
  • Pertumbuhan buah dan batang yang terlihat lebih bagus
  • Dan beberapa perubahan lain yang terlihat jelas dan dapat dirasakan oleh para petani sawit

Setelah proses pemupukan organik pertama, untuk proses pemupukan kedua dan selanjutnya hasil dari pupuk organik akan langsung terlihat 1 - 2 hari pertama dan begitupun setelah proses pemupukan ketiga dan selanjutnya.
Sungguh sangat menguntungkan dan sangat bagus. 
Apalagi Paket Lengkap Pupuk Sawit produk Kami ini sangat hemat dan sangat murah karena hanya melakukan 2 kali pemupukan ditahun pertama, ditahun kedua dan ketiga hanya 1 kali pemupukan, lalu ditahun ke empat s/d tahun ke enam tidak perlu dilakukan pemupukan lagi. Tetapi sangat dijamin hasil buah sawit sangat bagus, lebat, sehat tanpa trek dan ukuran lebih besar.  



Berikut adalah tahapan pemupukan sawit yang baik dan terbukti ampuh hasilnya. 
1) Bersihkan terlebih dahulu “piringan” pada tanaman kelapa sawit dari rumput dan alang-alang. Sebab, hal ini bermanfaat bagi pohon kelapa sawit dan tandan buah sawit. Sehingga pemupukan kelapa sawit yang akan dilakukan bisa berjalan mulus dan meresap maksimal ke dalam pohon kelapa sawitnya.

2) Khusus untuk areal datar, pupuk ditabur merata 0,5 m dari pohon kelapa sawit sampai pinggiran melingkar. Lakukan hal yang sama untuk semua pohon kelapa sawit yang berada di area datar tersebut secara merata.
3) Tempat penyebaran pupuk adalah tempat pupuk ditaburkan. Artinya jangan menyebarkan pupuk yang bukan semestinya atau tidak ditempatnya, karena akan mempengaruhi proses pemupukan kelapa sawit yang dilakukan.
4) Jika terdapat jenis pupuk yang tidak boleh dicampur. Sebaiknya tempat penaburannya dipisahkan dan diberi jarak sekitar 12 hari antara satu pupuk dengan pupuk yang lainnya.
5) Pupuk dianjurkan untuk disebarkan pada pohon kelapa sawit yang memiliki akar-akar rambut paling banyak. Letaknya kira-kira dekat mahkota daun bagian yang terluar dari kelapa sawit.
6) Pemupukan kelapa sawit yang akan disebarkan haruslah benar-benar berbentuk remah, bukan gumpalan-gumpalan seperti yang terdapat pada pupuk Urea dan lain sebagainya. Jadi sebelum melakukan pemupukan kelapa sawit, perhatikan pupuknya jika sudah berbentuk remah baru boleh disebarkan, tetapi jika belum, gumpalan pupuk harus kita hancurkan menjadi remah.
7) Gunakanlah selalu alat takaran pemupukan kelapa sawit supaya dosis pemupukan bisa tepat dalam penggunaannya. Pupuk memang baik untuk merangsang pertumbuhan buah kelapa sawit, tetapi jika berlebihan bukannya baik malah akan berakibat buruk.

Tempat Penaburan Pupuk pada Kelapa Sawit
Tempat untuk menabur pupuk atau lokasi yang dipilih sebagai tempat untuk melakukan pemupukan kelapa sawit adalah sebagai berikut:
  • Bokoran
  • Ujung bokoran
  • Ujung pelepah

Cara Pemupukan Kelapa Sawit Yang Paling Bagus
Pemupukan untuk kelapa sawit yang terbaik dan sudah terbukti bagus hasilnya dalam mengatasi / mencegah buah pasir ataupun kurang produktivitas berbuah tanaman sawit bisa melalui berbagai cara.

Cara Pemupukan Sawit :
  1. Top dressing, disebar dari atau langsung ditabur di atas tanah.
  2. Furrow application, di dalam rorak-rorak atau di pinggir guludan.
  3. Rorak atau guludan adalah gundukan dan saluran air.
  4. Sub Soil placement, memupuk dengan cara dibenam.
  5. Soil injection, dimasukkan dalam tanah dalam bentuk cairan.
  6. Stem injection, dimasukkan ke dalam batang.
  7. Nutritional spray, memupuk melalui daun.


Terakhir dan penting sekali diperhatikan. Pemupukan kelapa sawit harus dibedakan ketika tanaman sawit belum menghasilkan(TBM) dan ketika tanaman sawit yang sudah menghasilkan(TM). Kedua kondisi ini berbeda cara pemupukannya.

Untuk membantu meningkatkan hasil dan kualitas kelapa sawit Anda, Kami sangat menyarankan
  1. POWER NUTRITION
  2. SUPER GRANULE 
  3. POC NASA 
  4. HORMONIK
  5. FRUITOP SUPER
CARA APLIKASI AWAL PEMUPUKAN KELAPA SAWIT UNTUK LAHAN 1 HA (TM) 
Dosis lahan normal.
1. Siapkan pupuk sawit diantaranya:
  • 3Kg SUPER GRANULE + 3Kg POWER NUTRITION
  • Dilarutkan kedalam 200 liter air aduk sampai merata.
2. Lalu rendam selama 1 malam.
Disarankan Anda membuat pada sore hari dan paginya diaplikasikan.
Aduk kembali pagi hari sebelum disiram supaya campuran produk tercampur rata.

3. Setiap 1 pohon siram dengan takaran 1 liter per pokok tanaman.
  • Atau bisa dengan ambil larutan induk pupuk tadi dengan takaran 1 liter campur kedalam 10 liter air
  • Lalu siramkan takaran 10 liter tadi dengan jarak sekitar 70 cm - 100 cm dari batang pokok tanaman.
4. Interval pemupukan 4 bulan sekali.
Untuk pemupukan makro (kimia) disesuaikan dengan rekomendasi setempat dan diberi jarak 1 - 2 minggu sebelum pemberian Paket Pupuk NASA ini.
Keterangan:
A. Sebelum pemupukan sebaiknya dilakukan penebaran kapur dolomit sebanyak 2 Kg per pokok tanaman kelapa sawit.
B. 
Lakukan pemupukan Nasa ini setiap 4 bulan sekali. Dan di tahun kedua setiap 6 bulan sekali, lalu ditahun ke tiga sampai tahun ke lima adalah setiap 1 tahun sekali.
C. Penyiraman tidak perlu dilakukan apabila kondisi curah hujan cukup. Penyiraman dilakukan diberbagai kondisi cuaca.
Catatan :
Lahan yang normal atau lahan yang tidak memerlukan penanganan khusus seperti lahan gambut, berpasir, dll. Produk ini bisa digunakan untuk lahan tersebut tetapi nanti hasil akan kurang maksimal. Jika lahan tanam Anda bermasalah, maka Kami sarankan menaikkan dosis paket menjadi 2x lipat dari dosis diatas.

ALTERNATIF CARA PEMUPUKAN KE 2
CARA SEDERHANA PEMUPUKAN UNTUK LAHAN KELAPA SAWIT 1 HEKTAR (TM)
  • Siapkan tong / drum ukuran 200 liter dan isi dengan air bersih. Ukuran tong bisa menyesuaikan dengan jumlah pokok sawit Anda.
  • Masukkan 10 Kg Super Granule + 1 Botol Hormonik + 1 Kotak Fruitop dan 250 Gr Power Nutrition.
  • Aduk merata dan diamkan larutan tersebut selama 1 malam.
  • Sangat disarankan Anda membuat pada sore hari dan paginya diaplikasikan.
  • Aduk kembali pagi hari sebelum disiram supaya campuran produk tercampur rata.
  • Siramkan masing masing tanaman sawit 1 liter larutan induk tadi per tanaman dengan cara melingkar sampai ke daun terluar.
  • Atau lebih bagus lagi setiap 10 liter air dicampur 1liter larutan induk tadi dan disiramkan merata ke sekitar tanaman.
  • Lakukan pemupukan Nasa ini setiap 4 bulan sekali. Dan di tahun kedua setiap 6 bulan sekali, lalu ditahun ke tiga sampai tahun ke lima adalah setiap 1 tahun sekali.
  • Untuk pemupukan makronya disesuaikan dengan rekomendasi setempat dan diberi jarak 1 - 2 minggu sebelum pemberian Paket Lengkap pupuk Nasa ini.
  • Untuk sisa pupuk Fruitop (Dosis 0,5 - 1 kotak )+ pupuk POC Nasa (10 tutup botol) + Hormonik (5 tutup botol) untuk disemprotkan ke daun . Ukurannya per tangki 17 liter untuk menyemprot 10 tanaman sawit.

Catatan :
Lahan yang normal atau lahan yang tidak memerlukan penanganan khusus seperti lahan gambut, berpasir, dll. Produk ini bisa digunakan untuk lahan tersebut tetapi nanti hasil akan kurang maksimal. Jika lahan anda bermasalah, maka kita sarankan menaikkan dosis paket menjadi 2x lipat dari dosis diatas.

PEMESANAN, KONSULTASI dan PENDAMPINGAN BUDIDAYA SAWIT
Untuk Pemesanan dan Pengiriman Produk Paket Pupuk Sawit (Bisa Langsung Grosir Per Paket Lengkap ataupun Eceran Per Pupuk) , silahkan hubungi :
- Nama   :  Agus Setiawan
- No. HP : 0822 2151 6031

Pengiriman langsung dilakukan dari Kantor Pusat PT. Natural Nusantara (nasa) di Yogyakarta ke berbagai daerah di Indonesia sesuai alamat Pemesan.

Atau bisa langsung berhubungan dengan Kami dengan menekan tombol Whatsapp dibawah ini :

Proses Pendampingan Budidaya Kami & Hasil Kami


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pupuk Sawit Yang Bagus Meningkatkan Hasil Buah Sawit"

Posting Komentar