hiderblog

hiderblog

Cara Membuat Tanaman Buah Cepat Berbuah dan Produktif


Hobi berkebun buah atau investasi tanaman buah untuk dipanen hasil buahnya memang kegiatan yang sangat mengasyikan. Apalagi jika memiliki kebun buah yang setiap tanaman buahnya bisa berbuah lebat dan selalu produktif berbuah tanpa ada kendala penurunan kualitas atau produksi buah. 

Namun tidak semua tanaman dapat berbuah dengan cepat, hal tersebut tergantung dari bagaimana cara pemeliharaan yang dilakukan. Artikel kami kali ini akan memberikan informasi mengenai cara membuat tanaman cepat berbuah sehingga Anda tidak perlu cemas lagi ketika tanaman Anda sulit berbuah. Dan juga cara mengatasi tanaman buah yang sudah lama tidak mau berbuah karena berumur tua ataupun karena kendala lain.

Mari Kita ulas bersama dan Kita belajar bersama agar sama sama bisa mendapatkan keuntungan dari usaha berkebun buah Kita sendiri. 

Syarat Agar Tanaman Buah Cepat Berbuah Terus

Agar tanaman buah bisa tumbuh subur, sehat dan produktif berbuah, sebaiknya kita lakukan cek dan ricek dulu terhadap tanaman buah yang akan kita budidayakan, yaitu :
  • Tidak menaman bibit tanaman yang berasal dari bibit yang mandul.
  • Lingkungan sebagai media tanam harus sesuai syarat mulai dari iklim, sinar matahari, dan curah hujan.
  • Kondisi tanaman harus sehat dan terbebas dari segala jenis hama serta penyakit.
  • Kondisi batang pusat dan anak cabang batang utama minimal memiliki 4 mata angin
  • Kondisi daun yang segar

Penyebab Tanaman Terlambat Untuk Berbuah

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan tanaman buah itu terlambat untuk berbuah meskipun sudah memilih bibit tanaman yang bagus dan unggul dan sudah di berikan perawatan yang ekstra, misalnya :
  • Usia tanaman belum mencapai batas umurnya. (Usia produktif tanaman buah bisa diperpanjang dengan penyuntikan hormon buah dan perawatan yang baik)
  • Menggunakan pupuk Nitrogen atau N secara berlebihan sehingga menyebabkan tanaman terlalu rimbun dan membuat tanaman kekurangan cahaya. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada proses fotosintesis. (Untuk mengatasi hal ini, utamakan dosis pemberian pupuk dan interval pemupukan sesuai jenis tanaman buah)
  • Jenis tanaman yang hanya dapat berbuah apabila terdapat bunga jantan yang berada di dekatnya. (Padahal kenyataannya belum tentu seperti itu, itu terjadi karena kurangnya bantuan angin dan kumbang untuk penyerbukan)
  • Tanaman bisa saja menjadi mandul ketika terjadi mutasi gen atau perpindahan keturunan.
  • Bunga jantan dan bunga betina belum masak sesuai dengan waktunya sehingga menyebabkan pembuahan menjadi gugur. (Bisa diatasi dengan pemberian pupuk buah dan hormon buah)

Untuk mencegah terjadinya keterlambatan tanaman untuk berbuah maka perhatikan syarat yang harus di gunakan dan perhatikan juga apa yang sekiranya menjadi penyebab tanaman tidak dapat berbuah, apakah dari jenis tanamannya atau dari segi media yang tidak mencukupi dan lain sebagainya. Biasanya tanaman akan berbunga sebelum menjadi buah, namun bagaimanakah jika tanaman sudah di penuhi dengan bunga yang lebat namun tidak juga kunjung berbuah?

Penyebab Tanaman Tidak Berbuah Meski Sudah Berbunga Lebat
  • Kurangnya zat nitrogen yang seharusnya ada di dalam air.
  • Kurangnya sumber air di dalam tanah.
  • Batang bagian bawah pada bibit okulasi sangat buruk.
  • Adanya serangga dan terkena hama serta penyakit.
  • Iklim yang tidak bersahabat yaitu hujan yang terlalu deras, angin yang begitu kencang, dan kemarau yang berkepanjangan.
  • Tidak menyemprotkan pupuk daun dengan waktu yang tepat.
  • Cara Mengatasi Masalah Tanaman Tidak Kunjung Berbuah

Ketika tanaman buah mendapatkan masalah dalam pembuahannya, maka Anda dapat memperhatikan lingkungan tanam tanaman buah Anda. Apabila lingkungan tidak cocok maka ganti dengan lingkungan tanam lainnya. Ketika tanaman tumbuh dengan kesuburan yang berlebihan sehingga daunnya lebih lebat dan juga lebih rimbun maka lakukan pemangkasan. Untuk kulit batang dapat di kelupas secara melingkar dengan ukuran 1 cm saja. Untuk bagian ujung akar juga dapat di pangkas sebagian namun harus dengan cara yang hati hati.

Ada beberpa tekhnik pemangkasan tanaman buah yang Kami ketahui yang mampu membuat tanaman buah bisa cepat berbuah, yaitu :

Metode Pemangkasan


Untuk dapat mempercepat tanaman berbuah maka lakukanlah cara pemangkasan dengan benar. Pada metode pemangkasan terdapat tiga cara yaitu :


  • Pemangkasan Ringan
Pemangkasan ringan di lakukan untuk membuang bagian ranting yang sudah tidak lagi produktif. Biasanya pemangkasan ini di lakukan pada tanaman buah pepaya 


  • Pemangkasan Sedang
Pemangkasan sedang di lakukan untuk membuang bagian cabang cabang tanaman yang sudah rusak dan juga membuang bagian ujung ujung tanaman yang bercabang. Pemangkasan ini biasanya di lakukan pada tanaman buah anggur


  • Pemangkasan Berat
Pemangkasan berat yang di lakukan untuk meremajakan kembali tanaman yang sudah berusia tua. Tujuan dari pemangkasan berat ini yaitu untuk memperpendek tanaman sehingga buah yang masak dapat di panen dengan sangat mudah. Pemangkasan ini biasanya di lakukan pada tanaman buah jambu biji, buah belimbing, dan buah nangka.



Pemangkasan ini tidak dapat dilakukan begitu saja, Anda juga harus memperhatikan bagaimana kondisi dari lingkungan tanaman. Untuk bagian ranting tanaman dapat dipangkas dengan menggunakan gunting pangkas dan untuk batang serta dahan dapat dipangkas dengan menggunakan gergaji. Di dalam proses pemotongan dilakukan dengan arah miring dan lebih ke dalam agar saat hujan tiba, air tidak mudah mengguyur luka tanaman yang baru saja dipotong. Hal ini untuk mencegah terjadinya infeksi. 



Untuk bekas luka tanaman dapat dicat dengan menggunakan cat, ter, dan parafin. Hal ini dilakukan untuk menghindari hama dan juga penyakit. Agar tanaman dapat berbuah sesuai dengan yang di harapakan maka Anda harus melakukan pemangkasan secara berkala.

2. Metode Melukai Tanaman


Cara berikutnya untuk mempercepat tumbuhnya buah yaitu dengan cara melukai batang dan juga melukai akar tanaman buah. Cara ini harus dilakukan dengan sangat hati hati karena jika terjadi kesalahan sedikit saja maka tanaman akan menjadi terluka dan bisa menyebabkan tanaman menjadi mati. Pada saat tanaman di lukai maka akan terjadi hambatan pada proses pengangkutan zat makanan yang berasal dari hasil fotosintesis. 
Hal ini dapat menyebabkan terjadinya pemusatan zat makanan pada cabang dan daun yang kemudian di ikuti dengan proses tanaman berbunga hingga pada akhirnya tanaman akan berbuah.

Proses Melukai Tanaman Yang Benar

Bagian kulit batang tanaman di gores seperti proses pencangkokkan, dimana kambium tanaman di hilangkan dengan cara melingkar dan dengan ukuran lebar 10 - 20 cm.
Kulit batang tanaman di cacah dengan cara yang tidak beraturan.
Gunakan cat, ter, atau parafin untuk menutupi bekas luka dengan cara di oleskan. Hal ini bertujuan untuk menghindari infeksi yang dapat menyerang luka tanaman.

Lakukan pengerokan tanaman tepat di bagian kulit batangnya agar terjadi hambatan dalam proses pengangkutan zat tepung. Cara ini bertujuan untuk merangsang tumbuhnya bunga.

Setelah proses pengerokan, pembuahan akan terjadi pada saat 4 - 5 bulan yang akan datang

Setelah melalui proses pemangkasan tadi, lalu hal yang harus dilakukan adalah beberapa proses yang sudah terbukti mampu membuat setiap tanaman buah dapat berbuah lebat, yaitu :

Proses Pemupukan Tanaman Buah Yang Baik

Untuk mempercepat tanaman berbuah juga sangat diperlukan pemberian pupuk sebagai nutrisi tanaman. Dan akan sangat lebih baik jika juga diberikan tambahan hormon pemacu pembuangaan dan pembuahan. Cara ini di gunakan untuk merangsang tanaman agar lebih cepat berbuah yang dapat dilakukan dengan pemberian pupuk cair khusus daun pada daun yang dilakukan dengan cara penyemprotan pada bagian belakang daun. Pupuk ini nantinya akan diserap oleh stomata atau mulut daun yang letaknya berada di permukaan daun dan sangat berguna untuk membantu proses fotosintesis. 



Untuk pemberian pupuk yang baik dapat dilakukan secara rutin pada setiap 3 bulan sekali atau bisa juga 2 kali dalam setahun. Tergantung pupuk yang dipakai. Jika pupuk khusus buah yang terbaik, maka pemupukan bisa dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehaun dan sesudah itu tidak melakukan pemupukan lagi selama 2 tahun kedepan. 
Waktu pemupukan dapat dilakukan pada awal musim penghujan dan awal musim kemarau. Kebijakan harus dilakukan pada saat memberikan pupuk pada tanaman buah yang artinya penggunaan pupuk tidak dapat melebihi dosis pemakaian. Biasanya pupuk diperlukan pada saat tanaman sedang berproses untuk melakukan pembungaan dan juga pembuahan. Tujuannya untuk memacu dan menjaga kekuatan buah agar tidak terjadi kerontokan.


Pada masa pembungaan dan pembuahan, tanaman akan memerlukan unsur mineral yang berupa P dan K. Kemudian untuk unsur mikro yang di perlukan berupa Ca, Mg, Mn, Zn, Fe, dan lain sebagainya. Unsur-unsur tersebut memiliki fungsi masing-masing terhadap tanaman pada saat berbunga dan berbuah.

Untuk pupuk khusus buah yang bagus dan sudah banyak terbukti hasilnya dalam memacu pembuahan, melebatkan hasil buah dan juga menjaga kualitas buah dari segala kerontokan buah adalah pemberian Paket Lengkap Pupuk Khusus Buah Organik. Kami sendiri selalu pakai Paket pupuk buah organik ini pada perkebunan buah budidaya Kami dan juga lahan pembibitan tanaman buah yang Kami kelola. Dan sering Kami kirimkan kepada setiap pemesan pupuk khusus buah dan juga para pemesan bibit tanaman buah yang memesan pada Kami. 
Paket Lengkap Pupuk Khusus Buah Organik ini berisi :
  • POWER NUTRITION BUAH
  • SUPERNASA 
  • POC NASA
  • HORMONIK
(Ket : Keterangan Lengkap soal kualitas, manfaat, dosis Paket Lengkap Pupuk Khusus Buah Organik ini akan Kami bahas di artikel selanjutnya)



Proses Pengairan Yang Benar

Tanaman cepat berbuah juga tidak lepas dari proses bagaimana pengairan terhadap tanaman tersebut dilakukan. Jika prosesnya benar maka tentu saja tanaman dapat berbuah dengan tepat waktu karena air adalah kebutuhan pokok yang diperlukan oleh tanaman. Manfaat air untuk tanaman buah yaitu sebagai media untuk melarutkan zat-zat yang nantinya akan diserap oleh tanaman dan dapat memudahkan proses pengangkutan. Air juga dapat mempertahankan tekanan yang terjadi pada permukaan daun ketika melakukan proses pengangkutan serta berguna untuk pertumbuhan tanaman. Air juga berfungsi sebagai zat makanan yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman.

Saran : Akan lebih bagus jika air untuk penyiraman tanaman buah di berikan tambahan gula pasir dan beberapa tetes hormon di setiap 5 - 6 hari sekali penyiraman. Tujuannya adalah untuk memberikan hormon tambahan pada tanah dan tanaman agar semakin banyak unsur hara yang terserap untuk memnuhi kebutuhan nutrisi setiap tanaman buah per harinya.

Proses Pemberian Hormon / Enzim Pemacu Buah

Pemberian hormon pada tanaman juga sangat penting untuk mempercepat pembuahan. Sarana penunjang yang dapat merangsang pertumbuhan ini tentunya tidak sama dengan pupuk. Hormon dapat diberikan pada tanaman dengan cara disemprotkan atau hanya dibasahkan saja pada akar tanaman kemudian juga dapat diberikan pada tanaman dengan cara penyuntikkan pada batang. Tidak hanya membantu dalam proses percepatan pembungaan dan proses percepatan pembuahan saja, rupanya hormon ini juga dapat menunjang ukuran buah yang lebih produktif dan berkualitas.

Sebelum Kita membuka hormon apa yang bagus bagi tanaman buah agar cepat berbuah dan sekaligus untuk menghidupkan lagi tanaman buah yang sudah lama tidak berbuah untuk bisa berbuah kembali, sebaiknya kita pahami dulu beberapa jenis hormon yang dibutuhkan oleh tanaman buah untuk berbuah.

Macam Macam Hormon Tanaman Buah 

  • Hormon Auksin yang berfungsi untuk merangsang pembentukan pada bunga dan buah. Hormon ini juga dapat melakukan pemanjangan pada titik buah.
  • Hormon Sitokinin yang berfungsi untuk mengatur pembentukan pada bunga dan buah. Hormon ini juga berfungsi untuk menghambat terjadinya keguguran pada bunga dan buah.
  • Hormon Giberelin yang berfungsi untuk pertumbuhan bunga dan buah.
  • Hormon Asam Traumalin yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan sehingga pembungaan dan pembuahan dapat berjalan lancar.
  • Hormon Gas Etilen yang berfungsi untuk mempercepat proses pematangan buah. Hormon ini juga berfungsi untuk merangsang proses pemekaran bunga.
  • Hormon Kalin yang berfungsi untuk merangsang proses pembentukan pada bunga dan buah dengan hormon yang di sebut antakalin.

Hormon untuk merangsang pertumbuhan bunga dan juga daun ini rupanya dapat dibuat sendiri dengan cara yang sangat mudah. Jadi apabila anda tidak ingin mengeluarkan banyak dana untuk membeli hormon tanaman, maka anda dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan bahan yang ada di sekeliling Anda. 

Hormon tanaman buah terbaik yang sudah memiliki segala kandungan hormon diatas adalah HORMONIK

Injeksi Tanaman Buah Dengan Hormon Buah

Agar Tanaman Selalu Berbuah Selamanya dan tidak terpengaruh usia tanaman buah sebaiknya tanaman buah dilakukan injeksi atau sistem penyuntikan hormon buah langsung di batang tanaman buah. Berikut cara melakukan injeksi tanaman buah :

1. Tanaman duku terutama bagian batangnya sudah bersih dari rempelan

2. Pemilihan tanaman duku yang cocok untuk di injeksi ini ada 2 jenis, yaitu :

Tanaman yang siap diperlakukan pertama kali adalah tanaman yang berumur 1 - 3 tahun dengan tinggi tanaman minimal 1 s/d 2 m
Tanaman yang siap diperlakukan inejksii adalah tanaman yang sudah berumur 20 - 30 tahun dengan tinggi tanaman minimal 5 s/d 7 m
3. Bor batang tanaman duku dengan kedalaman kira kira sudah sampai tengah batang

4. Masukkan HORMONIK dan POWER NUTRITION BUAH dan beberapa bahan lain ke dalam lobang yang sudah di buat tadi dengan perbandingan 2 : 1 : 1 : 1


5. Tutup lobang tadi dengan stereofom atau plastik agar injeksi tadi tidak keluar ataupun tidak kemasukan air




TENTANG KAMI GRIYA BIBIT BUAH UNGGUL NUSANTARA dan PUPUK TANAMAN BUAH YANG TERBAIK

nasapusat.net dan Griya Bibit Unggul Nusantara, situs penyedia segala kebutuhan berkebun dan pertanian untuk membantu meningkatkan hasil produksi panen seluruh budidaya pertanian dan perkebunandi Indonesia. Kami adalah situs e-commerce pelopor benih tanaman sejak tahun 2010, terus berkembang dengan melakukan berbagai inovasi terbaik sampai sekarang. Sehingga saat ini kami memiliki berbagai jenis bibit tanaman buah yang berkualitas unggulan, asli, subur, sehat dan jaminan produktif berbuah.  
Kini, sudah jutaan produk pupuk organik kami terjual dengan harga murah dan lengkap dan begitu juga dengan koleksi bibit tanaman buah kami yang sudah terjual diberbagai daerah di Indonesia bahkan sampai rutin pengiriman bibit tanaman buah beserta pupuk organik kami ini ke Malaysia, Singapore, Thailand.


Sebagai Pemilik Pusat Pembibitan Tanaman Buah @Griya Bibit Unggul Nusantara di Magelang, Jawa Tengah
Produsen Pupuk Tanaman Yang Terbaik dan Petani Alami Yang Juga Petambak Udang Vaname



Silahkan Gabung Bersama Channel Youtube Kami :
- Griya Bibit Unggul Nusantara
- Agus Setiawan TV

Untuk Konsultasi & Pemesanan , Silahkan Hubungi :
  • Nama              :  Agus Setiawan
  • No HP / WA    :  0822 2151 6031
  • No. ID NASA  :  N - 465572

Atau Silahkan KLIK Tombol Whatsapp Di Bawah Ini :



Pengiriman Paket Pesanan Pemesan langsung di packing di Kantor Pusat PT. Natural Nusantara dan Kemudian akan dikirimkan melalui jasa ekspedisi yang sudah lama bekerja sama dengan kami, yaitu :
  • JNE
  • J&T
  • POS INDONESIA Kilat KHusus
  • WAHANA CARGO
  • INDAH CARGO
Dan Akan Selalu Kami Berikan Resi Bukti Pengiriman dari jasa ekspedisi yang digunakan kepada Setiap Pemesan sebagai Bukti Bahwa Produk Pesanannya Sudah Benar Benar Di kirimkan ke alamat pemesan.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Tanaman Buah Cepat Berbuah dan Produktif"

Posting Komentar